Home » » Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Pada Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan mrempelajari tentang mengenal sistem tata surya dengan, bermain peran, laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya, menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya, menjelaskan tokoh utama dalam karangan fiksi secara lisan, tuisan dan menggambarkannya di dalam sebuah gambar sederhana.

Perhatikan kedua gambar berikut ini dengan saksama! Apakah yang dapat kamu katakan tentang kedua gambar tersebut? Apakah yang membedakan keduanya? Benda langit apa sajakah yang kamu lihat? Apakah kamu pernah melihatnya secara langsung? Tuliskan beberapa pertanyaan yang terlintas di dalam pikiranmu tentang kedua gambar tersebut. Lalu diskusikanlah dengan teman sebangkumu.
Siang dan Malam
  1. Apa perbedaan antara siang dan malam?
  2. Apa yang menyebabkan siang dan malam?
  3. Benda langit apa saja yang dapat kamu lihat pada siang dan malam?
  4. Benda langit apa sajakah yang paling ingin kamu ketahui?
  5. Tahukah kamu planet lain selain Bumi?
  6. Bagaimanakah planet-planet itu bekerja sehingga tidak berbenturan satu dengan yang lain?

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan tentang nama benda-benda langit tersebut. Tuliskan juga semua fakta menarik yang kamu ketahui tentang benda-benda langit tersebut. Jika diperlukan, kamu dapat menggunakan sumber lain. Seperti buku pengetahuan, surat kabar, majalah, atau sumber informasi elektronik lainnya.

1. Bintang
Matahari merupakan salah satu buntang yang ada di alam semesta. Pengertian bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari merupakan bintang sejati karena dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari menjadi anggota tata surya yang terbesar sekaligus sebagai pusatnya. Beberapa lapisan yang meyusun matahari adalah laipsan korona, kromosfer, fotosfer, dan lapisan inti.

2. Planet
Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu yang disebut orbit. Planet tidak memiliki cahaya sendiri. Penampakan planet yang terlihat terang di langit karena planet memantulkan cahaya bintang. Sistem tata surya memiliki delapan planet yang meliputi Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

a. Merkurius
Planet yang pertama adalah Merkurius. Merkurius menjadi planet yang terkecil, merkurius juga planet yang paling dekat dengan matahari. Planet Merkurius memiliki beberapa ciri-ciri yaitu:
  • Merkurius merupakan planet yang memiliki predikat sebagai planet terkecil dan terdekat dari Matahari.
  • Berwarna abu-abu.
  • Memiliki jarak 57 juta km dari Matahari.
  • Terdiri dari 70% logam dan 30% silikat.
  • Berdiameter sekitar 4.879 km.
  • Bersuhu 430° C untuk bagian planet yang menghadap Matahari dan -180° C untuk yang membelakangi Matahari.

b. Venus
Planet Venus merupakan planet kedua yang terdekat dari Matahari. Karena planet venus sering muncul pada pagi dan sore hari, planet venus ini juga dikenal sebagai bintang fajar atau bintang senja. Ciri-ciri Venus sebagai berikut:
  • Biasa dikenal sebagai “bintang fajar” atau “bintang senja”.
  • Berwarna putih kekuningan.
  • Memiliki jarak 108 juta km dari Matahari.
  • Memiliki diameter 12.104 km.
  • Berotasi melawan arah rotasi planet-planet lain.

c. Bumi
Bumi terdapat pada urutan planet ketiga yang terdekat dari Matahari. Bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan. ciri-ciri planet kesayangan kita ini adalah:
  • Berwarna biru kehijauan.
  • Memiliki jarak 149,6 juta km dengan Matahari.
  • Memiliki diameter sebesar 12.742 km.
  • Memiliki 1 buah satelit alami bernama bulan.

d. Mars
Planet mars merupakan planet yang berada pada urutan keempat dari matahari. Mars sering disebut sebagai “planet merah” karena memiliki permukaan yang berwarna kemerah-merahan. Ciri-ciri planet Mars adalah sebagai berikut :
  • Jarak antara mars dan Matahari adalah 227 juta km.
  • Memiliki diameter sekitar 6.779 km.
  • Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos.

e. Yupiter
Planet yupiter merupakan planet yang berada pada urutan kelima dari matahari. Yupiter juga merupakan planet yang terbesar pada tata surya kita. Ciri-ciri dari planet yupiter ini adalah:
  • Merupakan planet terbesar pada tata surya.
  • Memiliki warna yang tampak berlapis-lapis dengan kombinasi warna orange dan putih.
  • Memiliki jarak sejauh 778,55 juta km dengan Matahari.
  • Diameternya adalah sekitar 139.820 km.
  • Merupakan planet yang memiliki satelit terbanyak pada tata surya, yaitu sebanyak 67 satelit.

f. Saturnus
Selain menjadi planet yang berada pada urutan keenam dari matahari, saturnus juga terkenal dengan cincin yang mengelilinginya. Cincin yang mengelilingi saturnus ini merupakan gumpalan-gumpalan es yang melayang dan mengelilingi atmosfer planet. Berikut adalah ciri-ciri planet saturnus:
  • Berwarna kuning pucat.
  • Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es yang mengelilingi atmosfernya.
  • Jarak planet saturnus dan Matahari adalah sejauh 1,4 milyar km.
  • Berdiameter sebesar 116.463 km.
  • Memiliki satelit sebanyak 56 satelit.

g. Uranus
Planet Uranus merupakan planet yang berada pada urutan ketujuh pada sistem tata surya kita. Planet ini merupakan planet dengan suhu terdingin, yaitu sekitar -224° Celcius. Ciri-ciri planet uranus antara lain sebagai berikut :
  • Merupakan planet yang memiliki suhu terendah & terdingin yaitu sekitar -224° Celcius.
  • Berwarna biru muda.
  • Memiliki jarak 2.870 juta km dari matahari
  • Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertical.
  • Berdiameter 50.724 km.
  • Memiliki satelit sebanyak 27 buah satelit.

h. Neptunus
Planet neptunus merupakan planet dengan urutan terakhir dari sistem tata surya kita. Jaraknya dengan matahari, sekitar 4.450 juta km. Ciri-ciri Neptunus antara lain sebagai berikut
  • Merupakan planet yang berwarna biru.
  • Memiliki jarak sejauh 4,5 milyar km dari Matahari.
  • Ber diameter 49.530 km
  • Dikelilingi oleh 8 buah satelit, di antaranya adalah Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

3. Satelit
Satelit adalah benda langit yang mengelilingi suatu planet dan berputar pada sumbunya. Satelit dibagi menjadi dua jenis yaitu satelit alami dan buatan. Satelit alami merupakan satelit yang sudah ada dalam sistem tata surya. Contoh satelit alami adalah Bulan (satelit bumi), Pobos dan Deimos (satelit Mars), serta Triton dan Nereid (satelit Neptunus). Satelit buatan adalah satelit yang dibuat manusia. Satelit buatan ini sengaja diorbitkan di langit untuk kebutuhan manusia.

4. Komet
Komet sering disebut juga dengan bintang berekor. Hal ini dikarenakan penampakan komet yang menyala seperti bintang yang menyala dan memiliki ekor. Namun sebenarnya komet merupakan kumpulan debu, es, dan gas yang membeku. Ekor komet akan selalu menjauhi matahari. Komet merupakan benda langit yang terbentuk dari Bentuk orbit dari komet adalah lonjong.

5. Asteroid
Asteroid adalah benda langit yang berukuran kecil dan mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Jumlah asteroid sangat banyak dan membentuk sabuk asteroid. Letak sabuk astertoid paling banyak terdapat di antara orbit Mars dan Jupiter. Terkadang, asteroid – asteroid tersebut dapat bertabrakan. Tubrukan antar asteroid akan menghasilkan pecahan batu yang lebih kecil atau disebut meteoroid.

6. Meteoroid
Meteoroid adalah batuan – batuan kecil di langit, melayang – layang di angkasa. Meteorid dapat berasal dari tubrukan antar asteroid. Meteoroid yang masuk dalam atmosfer Bumi disebut meteor. Sebelum ke permukaan Bumi, meteorid akan bergesekan dengan atmosfer. Kondisi tersebut membuat meteor terlihat tampak berpijar, sehingga meteor disebut juga bintang jatuh/bintang beralih. Meteor yang berhasil sampai ke permukaan Bumi disebut meteorit.

Kalian telah berdiskusi tentang benda-benda langit. Tulislah hal-hal yang ingin lebih kamu ketahui tentang benda-benda langit di buku tulismu. Sekarang, mari kita simak percakapan Lani dan Siti.

Lani : “Wah, menarik sekali mengetahui tentang benda-benda langit di alam semesta! Banyak hal tentang alam semesta yang belum saya ketahui, Siti.”

Siti : ”Benar, Lani! Tempat kita tinggal Bumi ini contohnya. Bumi hanya sebagian kecil dari benda-benda langit yang ada di alam semesta. Para ahli astronomi masih terus mempelajari banyak hal tentang alam semesta. Dari mereka kita mendapatkan pengetahuan tentang angkasa luar dan alam semesta ini. Aku sudah tidak sabar ingin membaca beberapa keterangan tentang benda-benda langit dalam artikel berikut! Yuk, kita baca bersama, Lani!”

Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini dengan saksama
Benda Langit di Sekitar Kita
Tata Surya
Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian. Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi.

Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?
Ada beberapa akibat revolusi bumi yaitu gerak semu matahari, perbedaan lama waktu siang dan malam, dan perbedaan musim. serta terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda

Ayo Mencoba
Bermain Peran
Sistem tata surya bergerak melibatkan delapan planet dan Matahari sebagai pusatnya. Hal ini pasti menarik untuk diamati. Kamu dan teman sekelompokmu akan bermain peran. Permainan ini untuk menunjukkan pergerakan planet-planet dan Matahari di dalam sistem tata surya kita. Perhatikanlah bahwa setiap planet dalam tata surya akan melakukan rotasi dan revolusi terhadap Matahari secara bersamaan.

Alat dan Bahan:
Kertas karton, spidol

Langkah Kegiatan:
1. Perhatikanlah dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam tata surya secara berurutan! Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Urutan dari Matahari
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Merkurius5.Jupiter
2.Venus6.Saturnus
3.Bumi7.Uranus
4.Mars8Neptunus

2. Buatlah kelompok yang terdiri atas sembilan orang. Satu orang akan berperan sebagai Matahari. Lainnya akan berperan sebagai delapan planet yang ada dalam sistem tata surya kita.

3. Potong kertas karton sesuai kebutuhan. Kemudian, tuliskan nama-nama planet dan Matahari dengan menggunakan spidol. Pasang tali pada kedua ujung karton lalu kalungkan pada leher setiap anggota kelompok. Setiap anggota kelompok diperbolehkan untuk berdandan sesuai dengan karakter planet yang diwakili berdasarkan imajinasi.

4. Lakukan diskusi dengan anggota kelompok untuk menentukan peran setiap anggota. Setiap anggota kelompok mempelajari kerakteristik setiap planet yang telah diketahui sehubungan gerakan rotasi dan revolusinya.

5. Kamu telah berlatih peran dan mengetahui orbit planet dan revolusinya terhadap Matahari. Sekarang, peragakanlah peristiwa rotasi dan revolusi planet-planet dalam tata surya terhadap Matahari.

6. Buatlah sebuah laporan pengamatan dari kegiatan di atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:
Laporan Pengamatan
Judul Kegiatan :Bermain Peran Sistem Tata Surya
Tujuan Pengamatan :
Mengetahui cara kerja sistem tata surya yang diperagakan
Metode :Bermain peran
Hasil Pengamatan:
Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Kesimpulan:
    Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh

    7. Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.
    No.Nama PlanetNo.Nama Planet
    1.Merkurius : (± 4.879 km)5.Neptunus :(± 49.530 km)
    2.Mars : ( ± 6.779 km)6.Uranus : (± 50.724 km)
    3.Venus (± 12.104 km)7.Saturnus :(± 116.463 km)
    4.Bumi : ( ± 12.742 km)8Jupiter : (± 139.820 km)

    8. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
    • Planet apakah yang paling dekat dengan Matahari? Merkurius
    • Planet apakah yang berada paling jauh dari Matahari? Neptunus
    • Planet apakah yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya? Merkurius
    • Planet apakah yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya? Jupiter
    • Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling cepat? Merkurius. Mengapa? Karena Merkurius terletak paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.
    • Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling lama? Neptunus. Mengapa? Karena Neptunus terletak paling kaih dari Matahari sehingga jarak yang ditempuh untuk satu kali mengelilingi Matahari menjadi sangat lama.

    Ayo Berdiskusi
    Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya Berdasaran kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.
    1. Apa yang dimaksud dengan galaksi?(Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi)
    2. Apa ysng dimaksud dengan tata surya?(Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya)
    3. Selain planet dan Matahari, benda apa saja yang terdapat dalam tata surya?(Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet)
    4. Apa nama garis edar planet?(Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit)
    5. Apa saja nama-nama planet yang tergabung dalam sistem tata surya?(Merkurius, venus, bumi mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus)
    6. Apa nama planet jaraknya paling dekat ke matahari? (Planet terdekat ke matahari adalah merkurius)
    7. Mengapa matahari disebut sebagai pusat tata surya?(Matahari disebut sebagai pusat tata surya karena memiliki gaya gravitasi yang tinggi. Hal ini menyebabkan matahari dikelilingi oleh planet-planet dan benda langit yang terdapat dalam tata surya.)
    8. Planet apa yang letaknya paling jauh dari matahari?(Neptunus)
    9. Mengapa bumi bisa menjadi planet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup?(Bumi bisa menjadi planet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup karena mendapatkan panas yang cukup dari matahei dan bumi memiliki kadar air yang tinggi yang berperan penting dalam kelangsungan hidup)
    10. Sebutkan nama planet terbesar di tata surya! (Planet terbesar dalam tata surya adalah Planet Jupiter, ukuran luas permukaannya diperkirakan sebesar ±69.000 km jauh lebih besar 11 kali dibandingkan planet Bumi)
    11. Mengapa planet-planet dalam tata surya tidak saling bertabrakan?(Planet-planet tetap mengelilingi matahari dan tidak terjadi tabrakan karena matahari mempunyai gaya gravitasi terhadap planet serta planet beredar pada orbitnya)
    12. Apa perbedaan rotasi dan revolusi planet? (Rotasi adalah perputaran planet pada sumbu porosnya atau lintasannya sedangkan revolusi adalah peredaran planet dalam orbitnya untuk mengelilingi matahari)
    13. Apa nama planet yang memiliki cincin yang indah di tata surya? (Planet Saturnus, cincin yang mengelilingi planet tersebut terdiri dari berbagai komponen seperti batuan, es, dan berbagai partikel kecil lainnya)
    14. Apa yang dimaksud dengan planet inferior dan planet superior berikut dengan planet yang digolongkan ke dalam dua kategori tersebut?(Planet inferior adalah planet yang orbit perputarannya terletak diantara orbit matahari dan bumi, contohnya planet Merkurius dan Venus. Planet superior adalah planet yang orbit perputarannya terletak diluar orbit matahari dan bumi, contohnya planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus)

    Kumpulkankan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat oleh setiap anggota kelompokmu. Diskusikan daftar pertanyaan kelompokmu dengan menggunakan berbagai sumber informasi sebagai rujukannya. Catatlah hasil diskusi kelompokmu dan tandailah pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa dijawab. Serahkan pertanyaan yang belum terjawab tersebut kepada gurumu untuk dijadikan bahan diskusi kelas.

    Tempelkan hasil diskusi kelompokmu di dinding kelas bersama dengan hasil kelompok lainnya. Amati hasil diskusi kelompok lain. Adakah pertanyaan yang sama dengan kelompokmu? Apakah hasil diskusi kelompok lain sama dengan hasil diskusi kelompokmu?

    Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.

    Fakta Menarik:
    1. Matahari sebagai bola api raksasa yang memancarkan sinar dan panasnya sendiri, matahari tampak kecil oleh pandangan mata kamu. Padahal sesungguhnya ukuran diameter matahari adalah 109 kali diameter bumi.
    2. Merkurius terletak paling dekat dengan matahari, planet Merkurius punya temperatur rata-rata mencapai 430 derajat celcius pada siang hari. Namun, temperaturnya menurun drastis hingga -170 derajat celcius pada malam hari
    3. Planet Venus menjadi planet terpanas di tata surya. Temperatur permukaan Venus bisa mencapai 480 derajat celcius karena planet ini diselimuti karbon dioksida yang menyerap panas dan mencegah hawa panas terlepas lagi.
    4. Bumi sebagai planet yang kamu tinggali, bumi merupakan planet air. Hal ini karena 70 persen permukaan bumi merupakan lautan.
    Kosakata Baru:
    Kosakata BaruArti
    AstronomiIlmu yang mempelajari tentang benda benda langit
    AsteroidBenda langit yang letaknya diantara planet Mars dan Jupiter
    SatelitBenda langit yang mengelilingi planet
    GalaksiSekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi
    Tata suryaKumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya
    KometBenda langit yang bergerak menjauhi matahari dan memiliki ekor
    OrbitGaris yang dilalui oleh planet dalam peredarannya mengelilingi benda langit lain yang lebih besar
    PlanetBenda luar angkasa yang memiliki orbit mengelilingi matahari
    Rotasi planetRotasi planet adalah perputaran planet pada sumbu porosnya
    Revolusi planetPeredaran planet dalam orbitnya untuk mengelilingi matahari

    Pertanyaanku Hari ini:
    Mengapa planet-planet dalam tata surya tidak saling bertabrakan?(Planet-planet tetap mengelilingi matahari dan tidak terjadi tabrakan karena matahari mempunyai gaya gravitasi terhadap planet serta planet beredar pada orbitnya)

    Tahukah Kamu?
    Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karangan fiksi.Karangan fiksi adalah karangan yang berisi kisah atau cerita yangdibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Tokoh, watak, alur, dan latar belakang di dalam karangan ini merupakan hasil olah pikir dan kreativitas pengarangnya. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel dan cerita pendek. Di dalam sebuah karangan fiksi, terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah karangan. Sedangkan tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama.

    Ayo Membaca
    Bacalah sebuah karangan fiksi berikut ini dengan saksama.
    Barisan yang Menyenangkan
    Oleh Amanda Naila

    Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah. Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu, Tiara mengerti tentang delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat.

    Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?"

    Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.”

    Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”

    Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”

    “Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.

    Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!” Lengkapi diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.

    Judul Cerita Fiksi: Barisan yang Menyenangkan
    Penulis: Ananda Naila
    Barisan yang menyenangkan
    1. Sifat dari Tokoh Utama : Memiliki rasa ingin tahu yang kuat, dan selalu bersyukur
    2. Tindakan yang dilakukan : Memikirkan bagaimana bumi dan planet tidak saling bertabrakan
    3. Gambar : -
    4. Pendapatmu wacana Tokoh Utama : Tiara bersyukur atas kebesaran tuhan dan selalu berusaha mencari tahu apa yang tidak diketahui.

    Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.
    1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
    Cerita tersebut menceritakan tentang keingintahuan Tiara
    2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
    Tokoh utama pada karangan fiksi tersebut adalah Tiara
    3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
    Tokoh tambahan pada cerita fiksi di atas adalah ayah dan ibu
    4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
    Peristiwa tersebut terjadi di halaman belakang rumah tiara
    5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang telah kamu buat di depan kelas dengan percaya diri.
    Tokoh dan Latar
    Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.

    1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
    Dalam hal tohoh dan latar tempat
    2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?
    Pada bagian penyajian gambar (hanya contoh)
    3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
    Jika tidak ada tokoh utama maka cerita jalan cerita tidak akan hidup
    4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
    Tokoh utama adalah tokoh yang paling sering muncul dan diceritakan. Tokoh utama berfungsi dalam menghidupkan jalan cerita.

    Ayo Renungkan
    Setelah mengetahui tentang Bumi dan angkasa luar, bagaimana kamu bersikap terhadap Tuhan Yang Maha Esa? Bagaimana keteraturan memengaruhi cara kerja semesta?
    Kita harus selalu bersyukur atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Segala keteraturan yang ada di alam semesta ini memberikan keseimbangan, pola atau bentuk keteraturan.

    Kerja Sama dengan Orang Tua
    Ketika senja tiba, amatilah langit, bersama orang tuamu. Lanjutkan hingga malam hari. Gambarkan dan tuliskan benda-benda yang dapat kamu lihat di langit.
    Saat senja tampak matahri tenggelam di ufuk barat, saat malam hari tampak bulan dan ribuan bintang yang bertaburan di angkasa.
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae.com Updated at: 8:59 AM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif.