Home » » Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Memimpin diri sendiri saat melakukan kegiatan membutuhkan ketegasan dan keberanian. Bagaimana dengan kamu? Apa yang harus dimiliki saat memimpin diri sendiri?

Ayo Membaca
Pagi itu ayah dan ibu sudah menunggu Beni di kamar makan. Mereka biasa sarapan bersama di pagi hari. Ayah memanggil nama Beni, tetapi Beni tidak menyahut. Kemudian, ibu berjalan menuju kamar Beni. Tiba di depan kamar Beni, ibu mengetuk pintunya sambil berkata, “Beni, ayo kita sarapan.”
Makan Bersama
“Iya, Bu”, jawab Beni.

Ibu membuka pintu kamar Beni. Ibu melihat Beni sudah mengenakan seragam, tetapi belum menyisir rambutnya. Beni sedang memasukkan buku-buku dan perlengkapan sekolahnya ke dalam tas.

“Kamu tadi terlambat bangun, Beni?” tanya ibu,

“Iya, Bu. Tadi malam Beni mengerjakan tugas. Beni baru tidur pukul 11 lebih” jawab Beni.

“Kapan ibu guru memberikan tugas itu?” tanya ibu.

“Sebenarnya sudah seminggu yang lalu, Bu,” jawab Beni lirih.

“Hhmmm... jika kamu dapat memimpin dirimu sendiri, pasti pagi ini kamu tidak akan terlambat bangun,” kata ibu.

“Maksud Ibu?” tanya Beni.

“Maksud Ibu, jika kamu dapat memimpin dirimu sendiri dengan mengatur waktumu dengan baik, tentu tugas itu sudah selesai dari kemarin, bukan?” kata ibu.

“Iya, Bu. Besok-besok Beni tidak akan menunda mengerjakan tugas,” kata Beni.

“Baiklah. Tapi, Ibu senang kamu telah berusaha keras dan mengerjakan tugasmu sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Ayo, sekarang kita sarapan. Ayah sudah menunggu,” kata ibu.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu hal-hal berikut.
1. Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti Beni?
Saya pernah mengalami kejadian seperti Beni.
2. Sikap apa yang tidak pantas ditiru dari cerita Beni di atas?
Sikap bermalas-malasan dan suka menunda-nunda pekerjaan yang dilakukan Beni
3. Sikap apa yang dapat ditiru dari cerita Beni di atas?
  • Sikap bertanggung jawab. Walaupun terburu-buru Beni tetap mengerjakan tugas yang diberikan.
  • Berjiwa besar. Beni mau mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.
  • Patuh pada orang tua. Beni menuruti dan menyanggupi permintaan ibunya
Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di hadapan kelompok-kelompok lain.

Kata ibu Beni, kita harus mampu memimpin diri sendiri. Dalam memimpin diri sendiri, kita juga harus mampu mengatur waktu untuk melaksanakan semua hak dan kewajiban kita.

Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila.
  1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.
  2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Menghormati hak orang lain.
  5. Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
  6. Suka bekerja keras.
  7. Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Ayo Menulis
1. Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupanmu sehari-hari.
2. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan keadilan di lingkungan sekitarmu.

Tuliskan tugasmu, lalu presentasikan di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian
Penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
No.Nilai Sila KelimaContoh Penerapan
1.Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royongSelalu bergaul dan bekerja sama serta saling bantu membantu antara sesama teman
2.Mengembangkan sikap adil terhadap sesamaBergaul dan berteman dengan baik tanpa membeda-bedakan latar belakang sosial dan ekonomi.
3.Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajibanMematuhi semua nasehat orang tua sehingga dikasihi dan disayangi oleh mereka.
4.Menghormati hak orang lain.Tidak memotong pembicaraan orang lain saat berada dalam sebuah diskusi.
5.Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiriSuka memberi pertolongan kepada orang lain misalnya membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
6.Suka bekerja kerasBelajar dengan tekun agar meraih nilai yang memuaskan.
7.Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersamaTidak memberikan komentar negatif terhadap suatu karya orang lain walaupun karya tersebut kurang bagus

Menurut saya pelaksanaan keadilan dilingkungan sekitar sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya terjadi perselishan..

Ayo Bercerita
Pada Pembelajaran 2, kamu telah membuat peta pikiran tentang menghadapi masa pubertas. Sekarang, presentasikan hasil karyamu di depan teman-teman dan Bapak/Ibu guru.

Persiapan yang dilakukan pada masa pubertas antara lain sebagai berikut:
  1. Selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi tentang pubertas kepada orang yang mengerti
  3. Selalu berpikir positif dan melakukan perbuatan yang positif
  4. Banyak membaca buku pengetahuan
  5. Berlatih merawat diri sebelum puber datang (karena akan terjadi perubahan)
  6. Meminta bimbingan dari orangtua
Pubertas
Ayo Mencoba
Hari ini kamu akan berpidato dengan menggunakan teks pidato yang sudah kamu buat. Kamu pun akan mempraktikkan nilai-nilai kepemimpinan karena kamu akan memimpin sepuluh orang teman kelasmu.

Pilihlah tempat untuk berpidato di hadapan teman-temanmu itu. Berpidatolah dengan lantang, percaya diri, dan penuh semangat, namun tetap harus santun.
Unsur PidatoKeterangan
TopikPemuda Calon Pemimpin Bangsa
Salam PembukaAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
PendahuluanPertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Pada pundak pemuda, bangsa ini menaruh harapan dalam meIanjutkan pembangunan. Salah satu pemicu keberhasilan pembangunan adalah adanya jiwa kepemimpinan pada setiap generasi.
IntiPemimpin pada hakekatnya merupakan seseorang yang mempunyai peranan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan.

Semua orang berhak menjadi pemimpin asalkan mereka disiplin, saling bekerjasama dan toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.

Disiplin merupakan kesadaran untuk mematuhi aturan yang berlaku, sehingga kita sebagai pemimpin bisa menjadi contoh bagi anggota. Kerjasama dan toleransi juga diperlukan karena kita sebagai manusia tidak bisa berdiri sendiri, kita selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Ada hal penting dalam bekerjasama, yaitu tanggungjawab. Tanpa tanggungjawab harapan pekerjaan menjadi kurang lancar. Gunakan kearifan untuk memposisikan diri dan tim sehingga kita dapat berhasil.

Selain itu kita harus tetap konsisten, jika tidak pekerjaan kita bisa hancur. Kita harus bisa menyelesaikan masalah dengan tuntas dan yang terakhir kita harus membiasakan hidup dengan persiapan yang matang, apa yang akan dikerjakan esok hari harus dipersiapkan sebelumnya. Jika ada pekerjaan, rencanakan waktu pengerjaannya sehingga selesai tepat waktu.

Marilah mulai mengoreksi dan berbenah diri untuk menuju masa depan yang gemilang
PenutupDari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka dapat saya simpulkan bahwa generasi muda merupakan calon pemimpin bangsa. Seorang pemimpin yang baik sebaiknya memiliki sikap disiplin, saling bekerjasama, toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.
Salam PenutupDemikian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Ayo Renungkan
Diskusikan kesimpulan pembelajaran pada hari ini.
Sikap, pengetahuan, dan keterampilan apa yang kamu pelajari?
Pada hari ini saya telah belajar sikap:percaya diri, Pengetahuan tentang nilai-nilai sila kelima Pancasila., dan unsur-unsur pidato. Keterampilan yang saya pelajari adalah melakukan presentasi, dan berpidato
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.