Home » » Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Tahukah kamu daerah dengan julukan kota 1000 industri? Daerah dengan julukan kota 1000 industri adalah Kota Tangerang di Provinsi Banten. Apa keunikan dari Kota Tangerang? Mari, kita cari tahu.

Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonom i m asyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas 4 anak. Lakukan kegiatan berikut dan berdiskusilah.
1. Cari tahu pekerjaan masyarakat Kota Tangerang. Tuliskan pada kotak berikut.
Beberapa pekerjaan masyarakat Tanggerang antara lain sebagai berikut : Dokter, Guru, Buruh, Pegawai Swasta, Pegawai Negeri Sipil, Security, Kasir, Pelayan, Wirausahawan, Pengusaha, Ojek Online, Penulis, Pegawai kontrak dan lain sebagainya.
2. Di Kota Tangerang banyak bangunan tua. Kamu dapat mencari tahu nama-nama bangunan tua di Tanggerang melalui berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kalian akan mengakses internet. Tuliskan nama bangunan dan keunikannya pada kotak berikut
No.Nama Bangunan
1.Museum Benteng Heritage
2.Vihara Padumuttara
3.Pasar Lama Tangerang
4.Kelenteng Boen Tek Bio
5.Masjid Jami Kali pasir
6.Taman Makan Pahlawan Seribu
7.Monumen Lengkong
8.Bendungan Pintu Air Sepuluh

Ayo Membaca
Bacalah cerita fiksi mengenai Kota Tangerang. Kamu dapat memperoleh cerita fiksi mengenai Kota Tangerang dari berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kamu akan mengakses internet. Setelah kamu membaca cerita fiksi mengenai Kota Tangerang, tuliskan hal-hal berikut.

Pendekar Cisadane
Pada saat itu, Tangerang adalah kota yang dialiri sungai Cisadane. Sungai yang perkasa dan tidak ada yang berani melewati karena terdapat banyak sekali buaya. Diantara buaya-buaya tersebut salah satunya merupakan Ratu Siluman Buaya. Ratu siluman buaya adalah jin yang menyerupai seekor buaya yang sering mengganggu warga sekitar.

Pada suatu hari seorang lelaki tampan yang bernama Sarif tiba-tiba hilang saat memancing di tepi sungai itu. Anehnya, walaupun warga sudah berhari-hari mencarinya dengan menyusuri tepi sungai, tapi tidak juga menemukannya. Setelah kejadian itu, warga pun terus diteror dan dibayangi rasa ketakutan yang terus berkelanjutan.

Selama itu pula kabar burung tersebut sampai kepada seorang pemuda yang baik dan mempunyai kekuatan yang luar biasa. Pemuda itu bernama Aby. Dia menemui kepala dusun
yang bernama Sanusi. Singkat cerita Aby siap membantu menyelesaikan masalah yang ada di Desa tersebut.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, Aby langsung menuju ke tepian sungai, kemudian tanpa sengaja ia bertemu dengan seorang perempuan yang cantik nan ayu. Perempuan itu sedang duduk di pinggiran sungai. Aby merasa iba kepadanya dan menghampiri perempuan itu. Aby tahu perempuan tersebut jelmaan Ratu siluman buaya.

Aby pun berhati-hati dalam menghadapi siluman itu, ia terus berpikir dan mencari cara agar dapat mengetahui tempat persembunyiaannya. Sedangkan perempuan itu terus membujuk rayu Aby agar dapat menyelam ke dasar sungai. Dengan rasa percaya akan sesuatu yang melindunginya, Aby menyelam dan tiba-tiba ia tak sadarkan diri.

Di sebuah tempat di dasar sungai Aby tersadar dari pingsannya. Aby bangkit dari tidurnya kemudian betapa terkejutnya ia ketika menyadari bahwa dirinya berada dalam sebuah penjara. Aby tidak sendiri. Di penjara itu ada Sarif dan orang-orang yang menjadi korban siluman buaya itu.

Suara hentakan langkah kaki terdengar dan terlihat perempuan anggun yang menggunakan kebaya indah dialah Ratu Buaya. Perempuan tersebut mengajak Aby berkeliling dalam istananya. Aby terus mengamati apa yang dilakukan Ratu buaya. Aby mengetahui bahwa Ratu Siluman Buaya memiliki sebuah mustika sebagai kekuatan lain yang dapat membuatnya hidup kekal.

Akhirnya ia menemukan waktu yang tepat untuk membebaskan para tawanan saat bulan purnama datang. Ratu Siluman Buaya kembali melakukan ritualnya di bulan purnama. Dengan hati-hati Aby mengambil mustika milik Ratu Siluman Buaya tersebut. Aby dan para tawanan lain pun berhasil keluar dari gua Siluman itu.

Masyarakat desa di tepian sungai Cisadane pun menyambut gembira karena Aby dapat membebaskan para warga yang menghilang di sungai itu. Setelah berhasil menyelamatkan para warga, Aby menitipkan pesan kepada warga yang tinggal di sekitar sungai Cisadane agar selalu kelestarian sungai ini, karena sungai ini adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk.

1. Menceritakan tentang apa cerita fiksi yang kamu baca?
Cerita tersebut menceritakan tentang perjuangan Aby membebaskan warga sekitar sungai Cisadane dari Ratu Siuman Buaya
2. Adakah tokoh dalam teks yang kamu baca? Jika ada tuliskan nama tokoh dan peranannya dalam cerita itu.
Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah Aby dan Ratu Siluman Buaya. Tokoh Tambahannya adalah Sarif, Sanusia, dan Warga sekitar sungai Cisadane

Ceritakan kembali isi bacaan yang kamu baca di depan teman-teman. Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban. Amatilah gambar berikut.

Ayo Mengamati
Karyawan Pabrik
1. Siapa saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu? Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut? Tuliskan pendapatmu pada kotak berik
Pada gambar kedua terlihat sebagian besar buruh yang bekerja pada pabrik sepatu adalah perempuan. Namun, di sana juga terlihat ada pekerja laki-laki. Pada gambar pertama terlihat bahwa pekerja di pabrik ban didominasi oleh laki-laki. Kesamaan pada kedua gambar adalah adanya pekerja laki-laki pada kedua pabrik tersebut.
2. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industri memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja dan pekerjaannya. Tuliskan pada kotak berikut.
(hanya sebagai contoh) Di daerah tempat tinggalku terdapat PT. Kencana Tiara Gemilang sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan plastik dimana perusahaan mengelola plastik dari biji plastik menjadi plastik lembaran maupun plastik shopping bag

Pekerja di sana terdiri dari tim produksi ( tim extruder, tim printing, tim paling dan tim Quality Control)  
Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersihkan sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.

Ayo Berlatih
1. Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?
Di sekolah, terdapat teman-teman yang memiliki keragaman fisik berbeda, misalnya tinggi badan. Apabila kita tidak dapat mengambil benda di tempat tinggi, kita dapat meminta bantuan teman yang lebih tinggi dari pada kita.

Selain itu, apabila kita memiliki teman yang berasal dari daerah lain, kita akan kaya akan pengetahuan. Kita dapat mengetahui informasi tentang daerah asal teman kita tersebut, misalnya saja tentang adat istiadatnya, keunikan daerahnya, makanan khas dan bahasa daerahnya.
2. Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?
Sikap terhadap teman yang pendiam. Saya akan mendekatinya dan mengajaknya bermain bersama teman yang lainnya
3. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?
Sikap terhadap teman berbeda agama. Saya akan menghargai dan menghormati teman saya tersebut, misalnya dengan cara mempersilakan beribadah sesuai ajaran agamanya.
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?
Sikap terhadap teman yang berasal dari daerah lain. Saya akan menjalin pertemanan dan bermain dengan mereka. Memiliki teman dari daerah lain akan memperkaya kita dengan pengetahuan tentang daerah tersebut.
Ayo Renungkan
Apakah yang sudah kamu pelajari hari ini? 
Hari ini saya telah belajar tentang kegiatan ekonomi di suatu daerah berkaitan dengan mata pencaharian , tokoh pada cerita fiksi, dan manfaat keberagaman karakteristik individu.
Bagaimana perasaanmu sesudah melakukan kegiatan pada pembelajaran ini? Tuliskan pada kotak berikut.
Perasaan saya setelah mengikuti pelajaran saya sangat senang karena telah memperoleh banyak ilmu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:18 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.