Home » » Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 3: Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 3: Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Jika cita-cita dapat disamakan dengan sebuah impian yang ingin diraih, apakah impian besarmu? Simaklah cerita tentang seseorang yang bermimpi besar dan kerja kerasnya untuk mewujudkannya!

Ayo Membaca
Mimpi Seorang Laskar Pelangi

Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul Laskar Pelangi. Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan dimana-mana, terlebih di dunia sastra. Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.
Laskar Pelangi
Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan. Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak.

Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita-citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu.

Ayo Menulis
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!
Cita-cita Andrea Hirata
1. Cita-cita Andrea Hirata adalah bersekolah di negeri seberang, Perancis.

2. Halangan yang dihadapi Andrea Hirata adalah
  1. Ia menimba ilmu di sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan bahkan bangunannya hampir roboh.
  2. Ia anak seorang pegawai rendahan PN (perusahaan Negara) sehingga ia harus sekolah yang bentuknya lebih mirip kandang hewan.
  3. Jarak dari rumah hingga sekolahnya sangat jauh, yaitu 30 km.
3. Sikap yang dimiliki Andrea Hirata adalah
  1. Tidak mudah menyerah
  2. Gigih
  3. Rajin belajar
4. Usaha yang dilakukan Andrea Hirata adalah
  1. Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar.
  2. Menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu
  3. Mengejar mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu
Apa kesimpulanmu terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya?
Sebuah cita-cita dapat diraih dengan kerja keras dan dukungan orang-orang disekitar kita.

Andrea Hirata telah membuktikan kekuatan mimpinya. Ia pun memiliki beberapa orang di sekelilingnya yang sangat mendukung usahanya untuk mencapai mimpinya. Meskipun ia miskin, bahkan tinggal di daerah yang terpencil, mimpinya telah membawanya kepada prestasi yang luar biasa.

Bacalah puisi di bawah ini dalam hati dengan saksama. Pahamilah arti dan maknanya.

Laskar Pelangi
Karya: Nidji

Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Laskar pelangi takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa

Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia, selamanya

Cinta kepada hidup
Memberikan senyuman abadi
Walau hidup kadang tak adil
Tapi cinta lengkapi kita

Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah-langkah berikut ini!
  1. Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu.
  2. Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.
  3. Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya.
  4. Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat.
  5. Bacakan puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas.

Makna Puisi
Sebagai manusia yang ada di dunia ini kita harus memiliki sebuah mimpi atau cita-cita. Dengan  memiliki sebuah mimpi atau cita-cita, maka walaupun sesulit apapun keadaan di dunia ini, kita pasti tetap bisa bertahan untuk terus hidup di dunia ini.

Laskar Pelangi
Karya: Nidji

Mimpi/adalah kunci//
Untuk kita/ menaklukkan dunia//
Berlarilah/engkau meraihnya//

Laskar pelangi/takkan terikat waktu//
Bebaskan mimpimu/di angkasa//
Warnai bintang/di jiwa//

Menarilah/dan terus tertawa//
Walau dunia/tak seindah surga//
Bersyukurlah/pada yang/kuasa//
Cinta kita/di dunia,// selamanya//

Cinta/kepada hidup//
Memberikan/senyuman abadi//
Walau hidup/kadang tak adil//
Tapi cinta/lengkapi kita///

Ayo Mengamati
Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya. Kemiskinan keluarganya tidak menghalanginya mengejar mimpinya hingga ke negeri orang. Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung, memang tidak dapat menyediakan banyak dana untuk sekolah Andrea.

Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia. Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang. Perhatikan peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang berikut!
Peta Persebaran Tambang
Berdasarkan peta sumber daya alam bahan tambang di atas, terdapat berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang.

Ayo Berlatih
Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!
No.Bahan TambangManfaat
1.Minyak BumiSebagai Bahan Bakar, Sumber Gas Cair, Bahan Industri Kimia, Sumber Produksi Polimer (plastik), dan  Produksi Bahan Serat
2.Batu BaraPembangkit Listik Tenaga Uap, Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Industri Metalurgi (Industri Baja), Bahan bakar Rumah Tangga, dan Bahan Industri Kimia
3.NikelPembuatan Stainless Steel dan Koin, Campuran pada Besi Baja, Pembuatan Rangka Otomotif, Baterai Isi Ulang, Pembuatan Kawat, dan Pelapis Antikarat
4.TimahSebagai Lapisan Produk Baja, Penyambung Logam dengan Solder, Menjadi Komponen Pasta Gigi, Sebagai Komponen Industri Otomotif, dan Sebagai Bahan Produksi Kaca.
5.EmasBahan perhiasan, Konduktor dalam Smartphone, Pemantul Radiasi Sinar Matahari dalam Kaca, Mengisi Tambalan Gigi, dan Sebagai Pelapis Bangunan
6.PerakSebagai perhiasan selain emas, Sebagai Investasi, Sebagai ornament dan hiasan, Sebagai peralatan makan, dan Sebagai penghantar listrik, pengganti kawat tembaga
7.PlatinaPerawatan Gigi, Pembuatan alat pacu jantung, Treatment patah tulang, Mencegah pertumbuhan sel kanker, dan sebagai katalis utama dari logam mulia
8.TembagaBahan Kerajinan (Kriya), Bahan Elektronik, Bahan alat Kesehatan, Bahan Konstruksi, dan Bahan alat Transportasi
9.BesiBahan Peralatan Rumah Tangga, Bahan Konstruksi Bangunan, Bahan Mesin Berat, Dijadikan Pagar dan Kawat Pembatas, dan Menjadi Bahan Perkakas pertukangan
10.BauksitBahan utama pembuatan wajan, Pembuatan lapisan luar panci, bahan paling luar pada kaleng makanan, Pembuatan badan pesawat terbang, dan Pembuatan atap sebuah pabrik atau rumah.

Berdasarkan tabel dan peta sumber daya bahan tambang tersebut, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu?
Barang-tambang yang terdapat di prosinsi saya adalah Barang tambang Minyak bumi dan barang tambang batu bara

2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?
Barang tamabang yang tidak dimiliki di provinisi saya adalah Barang tambang emas
3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?
Barang tambang yang ada di daerah saya digunaka untuk pembuatan minyak bensin, solar yang dikelolah secara tradisional

Ayo Mengamati
Jika kamu perhatikan sekali lagi peta persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia, apakah kesimpulanmu? Setiap daerah di Indonesia menghasilkan sumber daya alam yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua sumber daya alam itu dikelola negara untuk kemakmuran rakyatnya. Keragaman sumber daya alam di ber- bagai daerah tersebut akan memperkuat rasa saling membutuhkan antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Tidak hanya keragaman sumber daya alam, keragaman kegiatan keagama- an di Indonesia juga menjadikan Indonesia sebagai negeri yang unik. sebagai negeri yang unik. Keragaman itu justru meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Perhatikan beberapa kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia! Kamu dapat dengan mudah mengetahuinya dari kalender nasional yang menandai kegiatan hari raya keagamaan sebagai hari libur nasional. Tahukah kamu tentang perayaan-perayaan keagamaan keenam agama besar di Indonesia? Bagaimana para umat beragama merayakannya?

Ayo Berlatih
Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi.
Jelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahmu merayakannya. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan. Gunakan kalender tahun ini untuk mengetahui hari raya keagamaan.
Agama Islam
No.Nama Hari Raya KeagamaanUmat yang MerayakanTujuan Perayaan
1.Idulfitri (1 Syawal)IslamPerayaan berakhirnya ibadah puasa bulan Ramadan
2.Iduladha (10 Dzulhijjah)IslamPeringatan peristiwa ketika Nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah
3.Maulid Nabi Muhammad (10 Muharam)IslamPeringatan hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W.
4.Isra Mikraj (27 Rajab)IslamPeringatan perjalanan spiritual Nabi Muhammad S.A.W. dalam waktu satu malam saja
5.Nuzululquran(17 Ramadhan)IslamPeringatan turunnya Al-Qur'an
Hindu
No.Nama Hari Raya KeagamaanUmat yang MerayakanTujuan Perayaan
1.Saraswati (hari raya)HinduPada hari saraswati dilakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni
2.NyepiHinduhari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup
3.GalunganHinduPeringatan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan)
4.Kuningan HinduHari Kuningan merupakan hari resepsi bagi hari Galungan
5.DeepawaliHinduFestival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia.
Budha
No.Nama Hari Raya KeagamaanUmat yang MerayakanTujuan Perayaan
1.WaisakBudhaPeringatan kelahiran Pangeran Siddhartha, penerangan sempurna menjadi Buddha, dan wafatnya Buddha Gautama
2.Magha PujaBudhaMengenang peristiwa ketika sang Buddha bertemu dengan 1250 murid pertamanya
3.Asadha PujaBudhaMemperingati penyampaian khotbah pertama sang Buddha Gautama
4.KathinaBudhaWaktu bagi para umat awam untuk berderma atau berdana kepada para bhikkhu
5.UlambanaBudhaHari dimana semua anak-anak mempraktikkan rasa hormat dan kasih sayang kepada orangtuanya
Kong Hu Cu
No.Nama Hari Raya KeagamaanUmat yang MerayakanTujuan Perayaan
1.Tahun Baru ImlekKong Hu CuPerayaan pergantian tahun Imlek
2.Cap Go MehKong Hu CuPerayaan dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.
3.Ceng BengKong Hu CuZiarah kubur bagi warga keturunan Tionghoa
4.Peh CunKong Hu CuSatu bentuk peringatan dan penghormatan kepada nenek moyang
5.Sembahyang Tiong ChiuKong Hu CuFestival Bulan atau Festival Kue Bulan merupakan hari raya panen
Katholik
No.Nama Hari Raya KeagamaanUmat yang MerayakanTujuan Perayaan
1.NatalKatholikMemperingati hari kelahiran Yesus Kristus.
2.EpifaniKatholikMemperingati peristiwa yang terjadi setelah kelahiran Yesus Kristus
3.Rabu AbuKatholikMasa berpuasa dan berpantang bagi umat Katolik.
4.Minggu PalemKatholikMemperingati kedatangan Yesus ke Yerusalem sebelum disalibkan.
5.Jumat AgungKatholikMemperingati peristiwa penyaliban Yesus.
Protestan
No.Nama Hari Raya KeagamaanUmat yang MerayakanTujuan Perayaan
1.Hari Raya PaskahProtestanPerayaan Yesus berhasil bangkit dari maut
2.Hari Raya PentakostaProtestanPerayaan atas “pencurahan” rahmat Tuhan dalam kehidupan mereka
3.Hari Raya / Perayaan EkaristiProtestanPeringatan mengenang wafat dan kebangkitan Yesus Kristus
4.Kenaikan Yesus KristusProtestanPeringatan kenaikan Yesus ke surga
5.Hari Raya NatalProtestanMemperingati hari kelahiran Yesus Kristus

Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain. Diskusikan beberapa perbedaan yang ditemui. Carilah informasi yang tepat untuk memperbaikinya.

Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan masyarakat di daerah kamu tinggal. Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf, dan tuliskan di bawah ini!

Nama Perayaan: : Hari Raya Idul Fitri

Tujuan perayaan: Untuk Merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Sejarah singkat tentang perayaan:
Hari raya Idul Fitri ini biasa disebut dengan lebaran. Lebaran ini untuk pertama kali dijalani umat Islam terjadi pada tahun ke-2 Hijriah. Perayaan Idul Fitri ini sebenarnya bertepatan dengan kemenangan kaum Muslimin dalam perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijriah.

Cara masyarakat merayakan Idhul Fitri:
  1. Melakukan Takbir hingga shalat idul fitri akan dimulai.
  2. Membayar Zakat yaitu harta tertentu yang wajib dikeluarkan.
  3. Membersihkan Diri dan Menggunakan Wewangian
  4. Makan Sebelum Melaksanakan Shalat Idul Fitri
  5. Melaksanakan Shalat Idul Fitri
  6. Mengucapkan Hari Raya
  7. Bersilaturahmi

Ayo Renungkan
Adakah kesamaan kisah antara kamu dan kisah Andrea Hirata dalam mencapai cita-citanya? Nilai-nilai apa yang diperlukan pada saat merayakan kegiatan keagamaanmu? Sikap apakah yang perlu dikembangkan pada saat ada perayaan keagamaan dari umat beragama yang berbeda denganmu? Keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan pada hari ini?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.