Home » » Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Apakah kamu ingin menjadi seorang pemimpin? Kemampuan apa yang sudah kamu miliki? Apakah kemampuanmu akan bermanfaat bagi anggota?

Ayo Membaca
Apabila kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat agar kamu tahu kemampuan apa yang harus kamu kembangkan. Kamu bisa belajar tentang kebutuhan dasar seorang pemimpin dari cerita di bawah ini. Bacalah dalam hati teks berikut ini.

Semut dan Belalang
Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.
Semut dan Belalang
Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali sejak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari membuat kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut.

“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh karena itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.

“Haaah? Mengumpulkan makanan untuk musim dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan makanan yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.

“Hai Belalang! Harusnya kamu melakukan hal yang sama. Serangga seperti kita harus bersiap-siap menghadapi musim dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber makanan lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin dingin juga akan membuat kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.

“Benar Belalang! Harusnya kamu mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru karena musim panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang.

“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalau ingin merepotkan diri!” tukasnya.

Begitulah adanya. Sepanjang musim panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga tiba saatnya musim dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu.

Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang?

1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
Kelompok Semut sedang bekerja mengumpulkan bahan makanan untuk bekal persediaan pada musim dingin. Mereka mengumpulkan makanan karena pada saat musim dingin sulit mencari makanan.

2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
Sikap Belalang pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut. Sifat belalang tidak patut ditiru, karena akan merugikan diri sendiri.

3. Bagaimana cara Semut bekerja?
Semut bekerja bersama-sama membawa bulir-bulir makanan untuk dibawa ke sarang. Selalu ada persatuan dalam pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah

4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
Nilai Kerja keras, pantang menyerah, persatuan dan kesatuan, dan gotong royong

Tulislah jawabanmu pada bagan di bawah ini. Tuliskan jawaban pada nomor yang sesuai.
Semut dan Belalang
Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
  • Bekerja keras dan gigih atau persisten akan menghasilkan hasil maksimal sesuai tujuan.
  • Dengan saling mengingatkan, maka maka kita lebih mudah mengevaluasi diri terhadap kekurangan masing-masing.
  • Sombong adalah penurun rezeki tercepat, jadi jangan pernah merasa sombong.
  • Dengan bergotong royong, pekerjaan yang sulit dan berat akan terasa lebih mudah.
  • Mencapai suatu tujuan lebih mudah jika dikerjakan bersama-sama dan bersatu.
  • Gaya kepemimpinan akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas suatu organisasi atau perusahaan.

Ayo Mengamati
Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di musim dingin. Untuk mengatasinya, semut bekerja di musim panas agar mereka tidak kelaparan di musim dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan dirimu? Ayo, isi diagram berikut! (contoh)
Kelebihanku
Simpan catatanmu. Perlihatkan kepada orang tuamu dan diskusikan

Ayo Berdiskusi
Menyadari kekurangannya, Semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa tidak mungkin dapat mengumpulkan makanan tanpa bekerja sama.

Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan hasilnya dengan teman sebelahmu.
KegiatanAlasan
  1. Melaksanakan piket kelas
  2. Mengerjakan tugas kelompok
  3. Membersihkan halaman sekolah
  4. Melaksanakan upacara bendera
  5. Melaksanakan kegiatan permainan kasti
  1. Melaksanakan tugas piket akan lebih cepat selesai jika dilakukan bersama anggota regu piket.
  2. Tugas kelompok akan lebih bagus jika dikerjakan oleh semua anggota kelompok.
  3. Membersihkan halaman sekolah yang luas membutuhkan banyak orang
  4. Melaksanakan upacara bendera membutuhkan banyak petugas upacara
  5. Permainan kasti membutuhkan kerjasama beberapa orang pemain.

Gotong royong dan semangat kekeluargaan merupakan pengamalan nilainilai keadilan sosial. Apakah kamu sudah melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari?

Ayo Membaca
Tahukah kalian tentang koperasi? Bagaimana orang-orang di dalamnya bekerja? Apa manfaatnya bagi anggota? Ayo, baca teks berikut dalam hati dan pahami maknanya!

Sejahtera Bersama Koperasi
Secara sukarela, sebagian besar guru dan karyawan di SD Palapa menjadi anggota koperasi karyawan. Koperasi ini didirikan sejak lima tahun yang lalu. Terasa benar oleh mereka manfaat menjadi anggota koperasi ini. Sebagian guru dan karyawan yang memiliki usaha kecil, dapat bekerja sama dengan unit usaha koperasi untuk mengembangkan usaha mereka. Sebagian lagi merasakan manfaat dari unit simpan pinjam.

Pada akhir tahun diadakan rapat anggota koperasi. Seluruh guru dan pegawai SD Palapa hadir. Pada rapat ini, Pak Badru selaku Ketua Koperasi periode 2012 sampai 2014 akan memaparkan pencapaian selama setahun, sekaligus membuka penerimaan anggota baru.

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita.”

“Sudah beberapa tahun kita bersama- sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini.”

“Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan merupakan modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitu pun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

“Bapak dan Ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.” Suasana hening sejenak, sebelum gemuruh tepuk tangan menyambut pidato Pak Badru. Di dalam hati, semua mengangguk setuju. Kesejahteraan bersama merupakan tanggung jawab semua.

Baca sekali lagi isi pidato Pak Badru. Tuliskan pesan-pesan yang kamu temukan!
Beberapa pesan pada teks di atas diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan.
  • Koperasi karyawan didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.
  • Kekeluargaan dan kebersamaan merupakan modal utama dalam koperasi, dan seterusnya.

Isi teks sebelumnya adalah tentang koperasi dan kepemimpinan Pak Badru. Pak Badru mengedepankan musyawarah dan gotong royong serta kepentingan anggotanya.

Ayo Berdiskusi
Selain koperasi ada beberapa lembaga ekonomi lainnya yang dapat mensejahterakan rakyat, diantaranya adalah :
  1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Badan usaha milik negara atau perusahaan milik negara adalah perusahaan atau badan usaha yang dimiliki pemerintah sebuah negara. Bentuk BUMN, yaitu persero, perum dan perjan.
  2. Badan Usaha Milik Daerah BUMD). Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah. Contoh BUMD antara lain Bank Pembangunan Daerah (BPD), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan Perusahaan Daerah Angkutan Kota (bus kota). 
  3. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS adalah badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang. Berdasarkan bentuk hukumnya Badan usaha milik swasta dibedakan atas : Perusahaan Persekutuan yaitu Firma. Firma, Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV), dan  Perusahaan Terbatas Perseroan Terbatas (PT)
  4. Yayasan. Yayasan adalah suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang. Yayasan adalah suatu badan usaha, tetapi tidak merupakan perusahaan karena tidak mencari keuntungan. Badan usaha ini didirikan untuk sosial dan berbadan hukum. Contoh yayasan adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Yayasan Jantung Indonesia.

Ayo Mencoba
Pidato Pak Badru di dalam teks sungguh menggugah. Bisakah kamu membuat teks pidato seperti itu?Kamu bisa merancang teks terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai teks pidato. Dengan topik ‘Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama’, buatlah rancangan teks pidato untuk disampaikan di depan teman kelasmu. Rancangan berisi tentang pentingnya bemusyawarah.
Rancangan Teks Pidato
Unsur PidatoKeterangan
Topik"Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam PembukaBerisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
PendahuluanMemaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Pidato kali ini akan membahas topil Bermusyawarah untuk kepentingan bersama
IntiBerisikan pembahasan topik secara lengkap mengenai musyawarah. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan ymusyawarah  Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
PenutupPenyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan
Salam PenutupBerisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, renungkanlah.
Mengapa gotong royong dan musyawarah penting dalam kehidupan?
Gotong royong dan musyawarah penting karena dapat mempererta tali persaudaraan dan dan membuat pekerjaan menjadi ringan dan lebih cepat selesai
 Materi apa yang paling menarik untuk dipelajari hari ini? Mengapa?
Materi yang paling menarik adalah nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada kepemimpinan. Dengan persatuan dan kesatuan seorang pemimpin dapat mencapai tujuan dengan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.