Home » » Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Permasalahan sosial seperti kecelakaan lalu lintas, sampah, peristiwa kriminal, sering terjadi di sekitar kita. Adakah permasalahan sosial lainnya yang disebabkan oleh tidak terlaksananya kewajiban salah satu pihak di dalam masyarakat? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Permasalahan sosial seperti kecelakaan lalu lintas, sampah, peristiwa kriminal, sering terjadi di sekitar kita. Adakah permasalahan sosial lainnya yang disebabkan oleh tidak terlaksananya kewajiban salah satu pihak di dalam masyarakat? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama

Masalah Sosial di Sekitar Kita
Dengan semakin majunya media informasi baik cetak maupun elektronik, dengan mudah masyarakat mengetahui peristiwa yang terjadi di tempat-tempat lainnya. Tidak terkecuali berita-berita tentang
permasalahan sosial yang sering diberitakan. Beberapa masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi.

Pencemaran lingkungan, terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. Pencemaran limbah cair ke sungai-sungai, dapat mencemari air sungai yang menyebabkan kerugian bagi masyarakat yang menggunakannya. Pencemaran udara juga dilakukan oleh kendaraan yang sudah tidak layak jalan, sehingga mencemari udara dengan bahan berbahaya seperti timbal dan karbon monoksida. Selain itu, masih ada pabrik-pabrik yang membuang limbahnya melalui udara. Pencemaran pada tanah juga terjadi, karena masyarakat membuang bahan berbahaya yang dapat membunuh organisme di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan.

Fasilitas umum biasanya disediakan oleh pemerintah yang digunakan untuk keperluan masyarakat. Fasilitas umum yang mudah dijumpai, antara lain fasilitas umum sebagai sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan. Kendaraan umum, terminal, pelabuhan, merupakan beberapa contoh sarana transportasi. Gedung sekolah, museum, gedung olahraga merupakan contoh sarana pendidikan. Sedangkan rumah sakit, apotek, puskesmas merupakan contoh sarana kesehatan. Seringkali masyarakat kurang memelihara fasilitas-fasilitas umum tersebut, sehingga tidak terawat dan rusak. Ketika fasilitas umum itu rusak maka hak orang lain untuk menggunakannya akan terhambat. Dengan memelihara dan melaporkan kerusakan, masyarakat dapat menjaganya agar dapat digunakan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menjumpai banyak sekali perilaku tidak disiplin, misalnya di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas dan kemacetan, merupakan salah satu akibat dari perilaku tidak disiplin. Contoh perilaku tidak disiplin antara lain: menjalankan kendaraan dengan melawan arus. Mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, misalnya di trotoar atau jembatan penyeberangan. Memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan, tidak menggunakan jembatan penyeberangan.

Berdasarkan bacaan di atas tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.
Isi Paragraf

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf. Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Beberapa masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingkungan terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan sehingga mengakibatkan pencemaran air, udara, dan tanah. Fasilitas umum seperti sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan harus dijaga dan dilaporkan kerusakannya agar dapat digunakan. Banyak perilaku tidak disiplin di jalan raya dapat menyebabkan kecelakaan misalnya menjalankan kendaraan dengan melawan arus, mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan.

Kesimpulanku:
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Peraturan dibuat agar tertib, aman, dan nyaman. Maka, jika salah satu tidak melaksanakan kewajibannya, maka bisa terjadi kecelakaan yang merugikan berbagai pihak.

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan catatanmu tentang isi setiap paragraf yang mewakili pokok pikiran dalam setiap paragraf di atas untuk mempermudah pekerjaanmu. Tambahkanlah beberapa gambar pada setiap pokok pikiran yang kamu jelaskan.
Masalah Sosial
Ayo Mengamati
Masalah sosial yang terjadi seperti yang dijelaskan di dalam bacaan di atas, mungkin pernah terjadi di sekitarmu juga. Pernahkah kamu berpikir tentang gagasan untuk mengurangi terjadinya masalah sosial tersebut? Dengan menggunakan bacaan di atas lakukanlah kegiatan berikut ini!

A. Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan keterangan yang ada pada bacaan di atas. Perhatikan contoh.
Masalah
Sosial
PenyebabPihak Yang TerlibatCara Mengatai
Kemacetan lalu lintasKurang disiplinPengguna jalanMematuhi peraturan lalu lintas
Pencemaran airMembuang limbah ke sungaiWarga mayarakatMembuang sampah di tempat yang disdiak
Pencemaran udaraKendaraan dan pabrik mengluarkan zat berbahayaKendaraan tak layak jalan dan pabrik-pabrikKenggunakan kendaraan dan membangun pabrik ramah lingkungan
Pencemaran tanahBahan berbahaya dari limbahWarga mayarakatMengolah limbah sebelum dibuang
Fasilitas umum rusakFasilita umum tidak dirawat dengan baikWarga mayarakat dan pemerintahMemelihara dan melaporkan failita umum jika ada krusakan

B. Amatilah lingkungan di sekitarmu, baik di sekolah maupun di rumah. Gunakan tabel berikut ini untuk menuliskan masalah sosial yang terjadi di sekitarmu. Perhatikan tabel sebelumnya sebagai panduanmu.
Masalah
Sosial
PenyebabPihak Yang TerlibatCara Mengatai
Pemborosan energiPenggunaan energi yang kurang bijakWarga nasyarakatMenggunakan energi alternatif dan perilaku hemat energi
PencurianKurangnya penjagaan keamanan lingkunganWarga mayarakatMenjaga keamanan lingkungan dengan siskamling
Kenakalan remajaKurang bisa mengendalikan diriAnak remajaMemberikan keteladanan yang baik bagi para remaja.
Kelangkaan sembakoTidak meratanya persediaan sembakoWarga mayarakat dan pemerintahPemerintah menyediakan persediaan sembako dalam jangka waktu yang lama
Demo anarkisKurangnya pemahaman hak dan kewajiban masing-masingWarga mayarakat dan pemerintahMenjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dan warga mayarakat

C. Bersama dengan teman sebangkumu, pilihlah satu masalah sosial yang sering terjadi di sekitarmu berdasarkan tabel yang telah kamu buat sebelumnya. Lalu, buatlah sebuah poster yang memberitahukan kepada masyarakat luas untuk melaksanakan kewajibannya agar masalah sosial tersebut tidak terjadi lagi. Gunakan kerta ukuran A4 untuk membuat postermu!
Poster Tertib Berlalu Lintas
Deskripsi :
Jika kita mengikuti aturan yang benar di dalam berkendaraan seperti mematuhi traffic light, rambu jalan, marka jalan, kelengkapan kendaraan yang fungsinya masih normal, juga membawa SIM dan STNK. Maka tidak akan terjadi kemacetan di jalan dan otomatis tidak melanggar hukum yang berlaku. 

Sebagai bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang ramah, kita harus memberi contoh yang baik, dimanapun itu. Ketertiban lalu lintas merupakan suatu keadaan berlalulintas yang berlangsung secara teratur sesuai dengan hak dan kewajiban setiap pengguna jalan (Pasal 1 Angka 32 UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan). 

Dengan tertib lalu lintas tentunya akan mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan lalu lintas. Dari kata "tertib"saja, pastinya bila dilaksanakan akan menuai hal-hal yang baik. Bila bukan kita yang mulai untuk membiasakan untuk tertib, siapa lagi? Semoga dengan hal ini bisa membangunkan kesadaran kita bersama untuk menyadari bahwa pentingnya mematuhi peraturan yang ada.

D. Presentasikan postermu di depan kelas dengan menjelaskan kewajiban mana yang harus dilakukan masyarakat agar masalah sosial tersebut tidak terjadi lagi.

Ayo Membaca
Memahami Gambar Cerita
Gambar cerita, merupakan gambar yang menceritakan sebuah peristiwa yang menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa. Gambar yang disajikan dapat berupa cerita yang digambar pada media kering maupun basah. Penggunaan media yang berbeda, akan memerlukan teknik menggambar yang bebeda juga.

Pada gambar dengan menggunakan media kering, biasanya digunakan teknik arsir. Teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan adanya dimensi. Selain teknik arsir, ada juga teknik blok. Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok. Sedangkan cara penggunaan media basah, biasanya memerlukan kuas untuk mengaplikasikan cat baik cat air maupun cat poster. Teknik sapuan basah menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas.
Gambar Ceritaku
Untuk memahami sebuah gambar cerita, terdapat beberapa unsur yang dapat dipelajari. Sebuah gambar cerita harus memiliki gagasan atau tema yang jelas sesuai dengan cerita. Sebuah cerita yang bertema pasar seharusnya didukung dengan suasana pasar yang merupakan latar belakang cerita tersebut. Biasanya dengan mudah akan tertangkap dari tema cerita tersebut. Gambar ilustrasi yag ditampilkan dapat berupa penggalan cerita yang paling menonjol. Dari gambar cerita juga dapat dibayangkan karakter tokoh dalam cerita tersebut. Perhatikanlah gambar cerita di bawah ini. Gambar tersebut merupakan penggalan cerita dari Kisah Malin Kundang, cerita rakyat dari Sumatera Barat. Dapatkah kamu menceritakan kisah berdasarkan gambar tersebut?

Ayo Mencoba
Setelah kamu memahami beberapa teknik menggambar gambar cerita dan juga mengerti beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sebuah gambar cerita, lakukanlah kegiatan berikut ini.
  1. Pilihlah salah satu gambar yang tersedia di bawah ini.
  2. Berilah judul pada gambar tersebut, lalu tuliskanlah sebuah cerita berdasarkan gambar tersebut.
  3. Cari tahu juga media dan teknik menggambar yang digunakan.
Gambar Cerita
Ceritaku:
Membantu Teman
Suatu sore Indra pulang menuju rumah. Sore itu suasana mendung dan sepertinya akan turun hujan yang sangat lebat. Indra kaget karena melihat roda depan dan belakangnya sudah gembes tanpa ada angin yang tersisa lagi. Padahal tempat bengkel sepedanya sangat jauh dari sekolahnya, Indra terpaksa jalan sambil membawa sepedanya. Sambil berjalan, Indra berpikir kenapa bisa ban depan dan belakangnya gembes secara bersamaan.

Tiba di tengah jalan Indra bertemu dengan Udin teman sekelasnya. “Kenapa tidak dinaiki Ndra sepedanya?”, “Eh ini Din, ban saya kempes semua” sambil menunjukkan ban depan dan belakang. “Coba sini saya lihat Ndra?” sambil meminta sepeda Indra. Indra duduk disebelah sepedanya sambil ikut mengamati. “Ndra, ini sih tidak bocor, Cuma gembes saja” kata Udin kepada Indra sambil tersenyum. “Bawa saja sepedamu ke rumahku, Ndra. Rumahku tidak jauh dari sini dan kebetulan saya juga memiliki pompa ban di rumah”. 

Akhirnya kedua sahabat tersebut berjalan beriringan sambil menuntun sepeda. Sesampainya di rumah Udin sepeda tersebut langsung dipompa sehingga kedua bannya kembali seperti semula. Indra mengucapkan terima kasih kepada Udin karena telah menolongnya saat mengalami kesusahan. Indrapun berpamitan kepada Udin dan melanjutkan perjalanan pulang ke rumah.

Memberi Makan Ikan
Beberapa hari ini, ada satu kebiasaan baru yang sering saya lakukan. Memberi makan ikan-ikan di kolam sepulang sekolah bersama kakak permpuanku. Sewaktu pulang sekolah, tak lupa saya bawakan beberapa potong kue atau makanan kecil lainnya.

Ada hal yang menarik ketika saya memberi makan ikan-ikan itu. Seakan tahu ada orang yang membawa makanan, ikan-ikan itu pun tiba-tiba berenang mendekat ke tepi kolam. Ikan emas, mujair, nila semuanya berebut mendapatkan makanan yang saya lemparkan ke kolam. Rupanya lapar juga ikan-ikan itu.

Ada keasyikan ketika melihat ikan-ikan itu berebut menyambar umpan yang dilemparkan ke kolam. Rasa ketenangan muncul melihat sekawanan ikan itu kembali berenang berkeliling ke-sana sini.

Ayo Renungkan
  1. Apa topik pembelajaran yang paling menarik pada kegiatan pembelajaran hari ini? Mengapa?
  2. Apa saja kewajiban yang kamu lakukan pada hari ini? Menurutmu apakah akibatnya kepadamu dan kepada orang lain jika kamu tidak melakukan kewajibanmu?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.