Home » » Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Masyarakat sejahtera menjadikan negara kuat. Hal itu dapat terwujud jika masyarakat memiliki kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai warga negara. Sore itu, Udin baru saja selesai mandi dan berganti pakaian. Ia kemudian bergegas keluar dari kamar dan menemui ayahnya yang sedang duduk sambil melihat-lihat telepon genggam. Ternyata, ayahnya Udin sedang membaca berita tentang kesadaran membayar pajak tepat waktu.

Membaca
Kemenag Banjarnegara Raih Penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga
Oleh Gentur Rachma Indriadi - 07 Mei 2017
Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Sedangkan Wajib Pajak, yakni orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan. Di Indonesia, setiap orang wajib mendaftarkan diri dan mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP), kecuali ditentukan dalam undang-undang. Instansi seperti Kementerian Agama melalui pimpinan mendorong pegawainya untuk membayar pajak tepat waktu.

Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, mendapatkan Penghargaan sebagai Instansi Teladan dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Wajib Pajak Teladan yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga. Penghargaan di berikan di Pendopo Dipayudha Adigraha, Rabu (4/2/15) bersamaan penghargaan beberapa kategori lainnya.

Bupati Banjarnegara, Sutejo Slamet Utomo menyampaikan “Pajak yang diterima oleh KPP harus memenuhi unsur utama, tepat waktu, dan tepat jumlah”. Setiap WP, baik perorangan maupun instansi dapat menyampaikan laporan pajak melalui kantor pelayanan pajak atau melalui e-filling. Program e-filling merupakan sistem terbaru dari Direktorat Jenderal Pajak melalui internet dan email pribadi untuk laporan pembayaran pajak. E-filling membuat pembayaran lebih mudah dan cepat. Hasil cetak e-filling tetap disertakan bukti dan disetorkan ke kantor pelayanan pajak.

Selain apresiasi bagi wajib pajak yang teladan di kabupaten, dalam acara tersebut juga disampaikan bahwa Direktorat Pajak Kanwil 2 mendapatkan penghargaan juara 1 dalam penerimaan dan pelayanan pajak secara nasional. Penghargaan itu diperoleh karena dikarenakan target yang diberikan oleh Kementerian Keuangan dapat tercapai dan terlampaui secara jumlah dan juga tepat waktu.

Yoyo Satyo Utomo, Kepala Kantor wilayah 2 menyampaikan, dengan penerimaan pajak yang sudah didapatkan 70% akan kembali ke kabupaten dalam bentuk pembangunan fisik, sarana dan prasarana yang berguna bagi masyarakat. “Peningkatan dari sektor pajak untuk tahun 2015 diharapkan bisa meningkat, namun yang utama adalah peningkatan kesadaran untuk membayar pajak”. Target pendapatan pajak tahun 2015 Kanwil 2 Jawa Tengah naik 7,8%.

Kepala Kemenag Banjarnegara, Farhani menyampaikan bahwa penghargaan ini hasil dari sosialisasi juga kesadaran pegawai di lingkungan kemenag, dan dorongan dari berbagai pihak.

Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Kantor Wilayah 2 Jateng, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompimda), Setda kabupaten Banjarnegara, KPP Banjarnegara, KPP Cilacap, KPP Kebumen, KPP Banyumas, Kepala Dinas/ Instansi Vertikal, Camat, Pengusaha, Kepala desa, dan undangan wajib pajak yang mendapatkan penghargaan (Nangim).

Ayo Berlatih
Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang memiliki judul. Bandingkan informasi yang diharapkan setelah membaca judul teks dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks tersebut. Ungkapkan hasil perbandinganmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Informasi yang Didapat dari Judul BacaanInformasi yang Di Dapat
Setelah Membaca Teks
Kesimpulan
Informasi yang saya dapat saat membaca judul adalah Kementeriaan Agama Banjarnegara meraih penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga.Informasi yang saya dapat setelah membaca teks adalah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, mendapatkan Penghargaan sebagai Instansi Teladan dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Wajib Pajak Teladan yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga. Penghargaan ini hasil dari sosialisasi juga kesadaran pegawai di lingkungan kemenag, dan dorongan dari pihak pihak.Judul dan isi teks sama saat hanya membaca judul dan setelah membaca teks.

Kesadaran membayar pajak merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan seharai-hari. Setiap pelaksanaan tanggung jawab oleh warga negara akan memberikan dampak bagi warga negara tersebut dan bagi negara. Contohnya, ketika seseorang telah melaksanakan tanggung jawabnya membayar pajak berarti ia telah membantu pemerintah melaksanakan pembangunan. Dampak bagi dirinya sendiri adalah ia akan merasakan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas dalam kehidupannya karena pembangunan berbagai fasilitas dari iuran pajak yang telah ia bayarkan.

Bentuk-bentuk pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak. Melaksanakan kewajiban membayar pajak merupakan slah satu contohnya. Bentuk pelaksanaan tanggung jawab lainnya antara lain mengikuti upacara bendera di sekolah dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sudahkah kamu melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?

Ayo Menulis 
Apa pengalamanmu ketika melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari? Tulislah pengalamanmu dalam bentuk tulisan di kolom berikut!
Sebagai warga negara yang baik aku melaksanakan tanggung jawabku dengan belajar dengan tekun

Kemudian, presentasikan di depan kelas untuk dinilai oleh guru dan juga teman-temanmu.Ayo Berdiskusi Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Kemudian, diskusikan bersama anggota kelompokmu mengenai pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang telah kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Diskusikan pula dampak dari pelaksanaan tanggung jawab tersebut.

Tulislah hasil diskusi pada kolom berikut!
Tanggung jawab sebagai warga negara di antaranya mau berteman dengan semua orang sehingga dapat terjalin rasa kesatuan dan persatuan.

Ayo Berlatih
Dapatkah kamu berkreasi membuat sebuah contoh reklame sederhana? Reklame itu berisi pesan supaya pelajar taat pada peraturan untuk menjaga kebersihan sekolah sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga sekolah? Bagaimana cara yang akan kamu lakukan? Ingatkah kamu yang dimaksud dengan reklame? Apa saja media reklame?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menuliskannya dalam kotak berikut.Ayo Mengamati Amatilah gambar berikut!Gambar di atas menunjukkan contoh poster. Poster termasuk reklame media visual. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan.Bagaimanakah ciri-ciri poster menurutmu? Tuliskan dalam kolom berikut!
Saya bisa membuat reklame. Saya akan memilih salah satu media reklame sebagai contoh poster. Lalu saya akan menyiapkan alat dan bahan. Saya akan menentukan rancangan membuat poster. Selanjutnya saya akan membuat poster. Saya ingat tentang pengertian reklame. Reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu barang, jasa atau hal lain dengan maksud menarik perhatian dan keinginan tentang yang diinformasikan. Media reklame diantaranya reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

Reklame media visual dilihat dari pemasangannya, ada reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di tempat yang strategis yang bisa dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan pada area yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Contoh Poster
Bagaimanakah ciri-ciri poster menurutmu? Tuliskan dalam kolom berikut!
Ciri-Ciri Poster:
  1. Poster berisi gambar dan tulisan dengan tema tertentu.
  2. Tulisan pada poster hemat kata tapi padat makna.
  3. Kalimat dan gambar pada poster bersifat persuasif.
  4. Poster dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

Dapatkah kamu berkreasi membuat sebuah contoh reklame sederhana dengan isi berupa himbauan kepada pelajar? Amatilah langkah-langkah membuat poster berikut! Poster yang akan dibuat berikut berisi pesan supaya taat pada peraturan untuk menjaga kebersihan sekolah.
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti pada gambar berikut!
  2. Buatlah sketsa gambar yang akan disajikan!
  3. Sempurnakan sketsa gambar dengan menebalkan garis menguatkan spidol atau krayon!
  4. Tuliskan isi pesan pada tempat yang telah disediakan dalam gambar! 
  5. Warnai gambar poster sehingga tampak menarik.
Cara Membuat Poster
Ayo Berkreasi
Buatlah poster sederhana berisi pesan untuk melaksanakan tanggung jawab. Pilihlah salah satu tema berikut!

1. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
Tanggung Jawab Di Rumah
2. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di sekolah 
Poster Di sekolah
3. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
Tanggung Jawab Lingkungan
4. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara
Poster Bayar Pajak
Buatlah pada selembar kertas, lalu kumpulkan kepada bapak atau ibu gurumu untuk dinilai. Tuliskan alat dan bahan yang akan kamu gunakan. Tuliskan juga gambar dan teks yang akan kamu tuangkan dalam poster.

Tuliskan dalam kolom berikut!

Ayo Renungkan
Coba renungkan tentang dampak dari pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Apa akibatnya jika setiap warga negara melaksanakan tanggung jawab? Apa pula akibat jika banyak warga negara yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya dalam kehidupan sehari-hari? Tulislah hasil renunganmu dalam kolom berikut!
Apabila warga melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan tercipta kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Namun apabila banyak warga yang tidak melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:29 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.