Home » » Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem

Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem

Perhatikan gambar dua jenis ekosistem tersebut dengan saksama. Diskusilah bersama dengan teman sebangkumu, perbedaan apa sajakah yang dapat kamu lihat dari keduanya? Perhatikan semua komponen ekosistem yang tampak pada gambar. Kelompokkan setiap komponen ekosistem yang termasuk komponen biotik dan abiotik. 

Pernahkah kamu melihat kedua jenis ekosistem di bawah? Apakah kamu pernah melihat ekosistem yang berubah dari masa ke masa? Mengapa ekosistem dapat berubah? Apa sajakah yang menyebabkan perubahan ekosistem? 
Perubahan Ekosistem
Simaklah dengan saksama bacaan berikut ini! 
Perubahan Ekosistem
Ekosistem mengalami perubahan sepanjang waktu. Komponen-komponen di dalam ekosistem dapat mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah. Misal, pada saat musim hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak air hujan daripada saat musim kemarau. Tanaman tumbuh dengan baik. Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak makanan daripada biasanya. Kondisi ini akan peningkatan populasi tikus tanah di kebun tersebut. Peningkatan jumlah tikus tanah akan mengakibatkan meningkatnya populasi ular tanah. Peningkatan ini disebabkan ular tanah mendapatkan banyak makanan berupa tikus tanah pada musim itu.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu berkurang. Tanaman tumbuh lebih lambat. Makanan yang dihasilkannya juga lebih sedikit. Keadaan ini akan mengakibatkan menurunnya populasi tikus tanah yang memakan tanaman di kebun itu. Akibatnya, populasi ular tanah pun akan berkurang karena berkurangnya sumber makanan pada musim itu.

Ekosistem mengalami perubahan baik secara alami maupun karena kegiatan manusia. Perubahan musim, seperti dijelaskan di atas, merupakan salah satu contoh perubahan alami. Selain musim, hal yang termasuk faktor perubahan alami adalah bencana alam berupa gunung meletus, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir. Manusia dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan ekosistem. Manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengubah ekosistem. Kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan, dapat mengubah keseimbangan ekosistem. Masih banyak lagi kegiatan manusia yang dapat mengubah ekosistem.

Berdasarkan bacaan di atas perhatikanlah setiap pokok pikiran di setiap paragraf. Garis bawahilah informasi penting yang terdapat di dalamnya. Lalu, buatlah sebuah peta pikiran yang menjelaskan isi bacaan tersebut di tempat yang tersedia. Bandingkan peta pikiranmu dengan peta pikiran yang dibuat oleh temanmu. Ceritakan temuanmu!
Peta Pikiran Perubahan Ekosistem
Ayo Mencoba
Mempresentasikan Kliping secara Berkelompok
Usaha mempersatukan bangsa Indonesia dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dilakukan tanpa henti dan tanpa pamrih oleh segenap pemimpin bangsa. Usaha-usaha tersebut pun memerlukan dukungan yang kuat dari masyarakat. Jika masyarakat bersatu, segala ancaman terhadap keutuhan NKRI akan dapat diatasi. Kamu tentu telah menemukan berbagai contoh tindakan yang dapat mengancam keutuhan kesatuan NKRI, bukan?

Saatnya bagimu untuk mempresentasikan kliping hasil kerja kelompokmu dalam sebuah diskusi kelas. Jelaskanlah hasil temuan dan diskusi di dalam kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.
Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan guna menjaga persatuan Negara Republik Indonesia. Berikut adalah upaya menjaga keutuhan NKRI :
  1. Saling mendukung kegiatan yang diadakan pemerintah
  2. Saling menghargai satu sama lain, tanpa adanya membeda-bedakan ras, suku, dan agama.
  3. Mengadakan kegiatan kerja bakti/gotong-royong untuk mempererat tali persatuan.
  4. Menggelorakan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai persatuan bangsa
  5. Menjalin kerjasama antardaerah

Ayo Berkreasi
Kemarin kamu telah mempelajari sebuah lagu bernada minor, bukan? Sudahkah kamu belajar menyanyikannya sesuai dengan nada yang terdapat pada lagu tersebut? Bagaimana perasaanmu ketika menyanyikannya?

Pelajari kembali lagu tersebut, lalu gunakan alat musik yang dapat kamu mainkan untuk mengiringi lagu tersebut. Berlatihlah kembali menyanyikan lagu tersebut dengan iringan musik. Pahamilah isi lagu untuk membantumu menghayati lagu bertangga nada minor tersebut. Secara bergantian, nyanyikanlah lagu bertangga nada minor tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

1. Lagu Syukur
Not ANghka Lagu Syukur
2. Lagu Trima Kasihku
Trima Kasihku
Ayo Berlatih
1. Apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem?
Penyebab perubahan ekosisitem adalah adanya faktor alam yaitu perubahan musim dan bencana alam serta faktor manusia yaitu kegiatan industri dan pembukaan lahan yang tidak bertanggung jawab.

2. Kegiatan manusia seperti apa sajakah yang dapat memengaruhi ekosistem?
Beberapa kegiatan manusia yang dapat memengaruhi ekosistem adalah kegiatan industri yang menimbulkan polusi, pembukaan lahan yang tidak bertanggung jawab, dan melakukan perburuan liar.

3. Usaha-usaha apa sajakah yang telah dilakukan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan NKRI?
Usaha yang dilakukan masyarakat untuk mempertahankan NKRI adalah bersikap toleransi terhadap sesama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Sebutkan paling sedikit dua lagu nasional bertangga nada mayor dan minor.
Beberapa lagu nasional dengan tangga nada mayor dan minor antara lain
Mayor : Garuda Pancasila dan Hari Merdeka
Minor : Mengheningkan Cipta dan Tanah Airku

Ayo Renungkan
Tuliskanlah usaha-usaha yang dapat kamu lalukan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa dalam NKRI! Sikap apa sajakah yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa? Bagaimana perasaanmu ketika mendengar berita tentang peristiwa-peristiwa yang memecah belah persatuan bangsa?
Beberapa usaha untuk meningkatkan rasa cinta tanah air antara lain Cara meningkatkan rasa cinta tanah air adalah dengan memperlajari tentang perjuangan para pahlawan, .menghormati simbol2 negara seperti burung garuda, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, dan ikut melestarikan budaya indonesia. Ketika saya mendengar peristiwa yang memecah persatuan dan kesatuan tentunya sangat sedih. Persatuan dan kesatuan yang telah dibangun para pendahulu kita ternyata digerogoti oleh para generasi penerus bangsa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.