Home » » Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Minggu pagi Siti membaca Surat Kabar di samping ayah. Siti dan ayahnya membaca surat kabar di teras rumah. Siti membaca berita terjadinya bencana banjir di sebuah desa salah satu wilayah Jawa Tengah. Siti merasa iba kepada korban banjir tersebut. Banjir pasti akan memengaruhi kesehatan masyarakat yang terkena. Siti bertanya kepada ayahnya tentang penyebab bencana banjir di daerah itu. Ayah pun menjelaskan kepada Siti tentang faktor penyebab terjadinya bencana banjir.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut!
Penyebab Banjir
Berdasarkan gambar di atas, berikan pendapatmu tentang faktor penyebab terjadinya banjir! Tuliskan pada kolom berikut.

Faktor penyebab terjadinya banjir sebagai berikut
1. Penebangan hutan.
Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang mempunyai peranan penting bagi lingkungan. Selain sebagai pemasok oksigen, hutan juga bermanfaat untuk mencegah banjir. Akarakar pepohonan dapat mengikat air di dalam tanah sehingga dapat mencegah erosi yang dapat memicu terjadinya banjir. Jika pepohonan di hutan ditebang secara liar tanpa adanya reboisasi, pada musim penghujan dengan curah hujan tinggi, banjir dapat terjadi karena aliran air tidak ada yang menahan.

2. Pembuangan sampah di selokan.
Selokan merupakan tempat yang disediakan untuk mengalirnya air. Air dapat mengalir dengan lancar jika tidak ada hambatannya. Oleh karena itu, larangan membuang sampah di selokan terus digalakkan. Jika masyarakat setempat membuang sampah di selokan, pada musim penghujan dengan curah hujan tinggi dapat terjadi banjir. Sampah menghambat aliran air.

Menjaga lingkungan masyarakat menjadi tanggung jawab segenap warga masyarakat. Banjir yang terjadi dalam lingkungan masyarakat, kebanyakan akibat kelalaian warga masyarakat setempat. Warga masyarakat tidak sadar dengan tanggung jawabnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Contohnya membuang sampah di sungai. Tindakan warga masyarakat membuang sampah di sungai, jelas akan mengakibatkan banjir di musim penghujan. Hal itu terjadi, karena sampah akan menyumbat aliran air sungai dan air akan meluap ke pemukiman penduduk. Dengan adanya banjir, otomatis kesehatan lingkungan dan masyarakat pun akan terganggu.

Itulah salah satu contoh akibat tidak adanya kesadaran warga masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya. Banyak akibat lain yang bisa terjadi karena tidak adanya kesadaran warga masyarakat dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Apa sajakah itu?

Ayo Berdiskusi
Banyak bentuk tanggung jawab warga masyarakat, misalnya menjaga kebersihan, keamanan, dan ketenangan lingkungan masyarakat. Bagaimanakah akibatnya jika tanggung jawab tersebut tidak dilaksanakan warga masyarakat? Diskusikan secara kelompok. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu pada kolom berikut.

Hasil diskusi kelompok.
Akibat-akibat tidak dilaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
  1. Jika warga tidak melaksanakan tanggung jawab dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan, lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat sehingga warga dapat terjangkit berbagai penyakit, misalnya demam berdarah.
  2. Jika warga tidak melaksanakan tanggung jawabnya dalam kegiatan siskamling, lingkungan menjadi tidak aman sehingga keamanan warga terganggu, misalnya banyak pencuri.
  3. Jika warga tidak menjaga ketenangan, lingkungan menjadi tidak damai sehingga warga tidak nyaman tinggal di lingkungan tersebut.

Setiap warga masyarakat hendaknya memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawab dalam lingkungannya. Pentingnya pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga masyarakat, dapat dituangkan dalam bentuk pantun seperti berikut.
Pagi pagi makan roti
Ini semua buatan ibunya
Wahai kawan baik hati
Bertanggung jawab wajib hukumnya

Minta uang langsung diberi
Beli baju pasti kita senang
Bertanggung jawab bikin hati berseri
Semua riang semua senang

Pantun berfungsi untuk mengungkapkan maksud atau pikiran secara tidak langsung. Oleh karena itu, pantun biasanya mengandung pesan. Pesan atau amanat pantun dapat dipahami dari maksud pantun.
Maksud pantun biasanya berupa nasihat atau ajaran. Cara menentukan pesan atau amanat pantun sebagai berikut.
  1. Membaca isi pantun, yaitu pada baris ketiga dan keempat.
  2. Memahami isi pantun tersebut.
  3. Menentukan pesan sesuai isi pantun dengan bahasa sendiri.

Ayo Menulis
Cermati kembali pantun di atas. Tuliskan amanat yang terkandung dalam pantun tersebut. Tuliskan amanat pantun dan presentasikan di depan kelas!

Amanat pantun sebagai berikut
Amanat pantun: pantun tersebut mengingatkan kita agar menjadi orang yang bertanggung jawab. Selain wajib hukumnya, dengan bertanggung jawab maka akan membuat hati kita berseri karena telah menyelesaikan tanggung jawab masing-masing.

Nasihat tentang pentingnya melaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat selain dapat dituangkan melalui pantun juga dapat dituangkan melalui gambar di samping.

Gambar di samping, menceritakan tentang pelaksanaan tanggung jawab warga masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Menjaga keamanan lingkungan, dapat dilaksanakan melalui kegiatan siskamling secara bergantian

Ayo Berkreasi
Buatlah gambar cerita dengan tema “Dengan berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan kita akan terjaga” Buatlah alur cerita sederhana, tentukan tokoh dan karakternya, lalu tentukan adegan gambar. Gambar cerita cukup 4 adegan gambar saja. Buatlah gambar sebaik mungkin dan menarik. Buat gambar cerita pada kertas karton. Kumpulkan pada Bapak/ Ibu Gurumu!
Dengan berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan kita akan terjaga
Ayo Renungkan
Sudahkah kamu melaksanakan tanggung jawabmu sebagai warga masyarakat? Bagaimanakah bentuk tanggung jawab yang sudah kamu laksanakan?
Bentuk tanggung jawab yang sudah saya laksanakan adalah menjaga kebersihan lingkungan, ikut serta dalam kegiatan desa seperti, gotongroyong, kerjabakti, serta menjaga lingkungan agar selalu aman seperti mengikuti kegiatan poskamling.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.