Home » » Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman-temannya sering berlatih menari.

Ayo Mengamati
Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?
Gerakan tari
Pada gerak 1, properti tari yang digunakan adalah selendang. Selendang diikat di perut. Posisi tubuh berlutut (timpuh). Masing-masing ujung selendang dipegang dengan jari jempol dan jari tengah dengan posisi tangan lurus ke depan. Telapak tangan menghadap ke depan. Selanjutnya, kedua tangan digerakkan ke samping seperti gerakan membuka dengan posisi badan condong ke depan. 

Pada gerak 2, properti tari yang digunakan adalah busur panah. Posisi tubuh berdiri tegak menghadap ke kiri. Tangan kanan diarahkan lurus sambil memegang busur panah. Tangan kiri tetap di samping. Selanjutnya, tangan kanan ditarik ke bawah hingga pundak. Wajah menoleh ke samping kanan dan kaki ditekuk.

Ayo Berlatih
Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulangulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak.

Siti dan teman-teman sepakat, pada acara pentas seni akan mementas tarian dengan properti. Lina dan Dayu yang akan menari dan ada tiga anak lain yang akan menyanyi untuk mengiringi tarian. Mereka akan bersamasama menyiapkan acara pentas tersebut. Setiap anak harus bertanggung jawab atas tugas yang mereka sepakati. Sebagai contoh, Siti, Lina, Dayu akan bertanggung jawab menyiapkan busana tari yang akan digunakan. Udin dan Edo bertanggung jawab atas kebersihan tempat untuk berlatih tari.

Ingatkah kamu arti tanggung jawab? Pernahkah kamu diberi tugas? Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu? Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu? Coba tuliskan jawaban dari semua pertanyaan tersebut pada kolom berikut!
Tanggung jawab berarti tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Misanya saja tanggung jawab sebagai anggota kelompok dalam melaksanakan tugas yaitu melakukan tugas sesuai kewajibannya. Wujud dari tanggung jawab saya sebagai anggota kelompok adalah melaksanakan tugas dengan baik.

Ayo Menulis (Contoh)
Tanggung jawab adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan

Nama kegiatan : Diskusi kelompaok

Tugas untukmu : Mencari informasi tentang properti tari

Wujud tanggung jawabmu terhadap tugas:
Saya mencari informasi tentang properti tari dari buku-buku yang ada di perpustakaan dan bertanya kepada guru.

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya  akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.

Ayo Berkreasi
Buatlah gerak-gerak tari menggunakan selendang menirukan gerak-gerak kupu-kupu. Buatlah pola lantai untuk gerak-gerak yang kamu buat.
Si Dayu menari-nari
Jangan lupa pakai selendang
Wajah dia berseri-seri
Karena kamu selalu berdendang

Bu Ratna pergi belanja
Ke pasar beli kain katun
Siti selalu bisa saja
Menyapu sambil berpantun

Ayo Menulis
Termasuk bentuk pantun apa yang diucapkan Siti dan Edo di atas? Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tau. Kemudian, buatlah pantun seperti di atas. Tuliskan dalam kolom berikut!
Pantun di atas termasuk pantun anak-anak: Pantun anak-anak yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.

Contoh pantun :
Ke pasar beli balon udara
Di tengah jalan balon meletus
Betapa hati sangat gembira
Nilai ulangan dapat seratus

Ciri-ciri pantun
No.Ciri PantunKeterangan
1.Baris
  1. Ke pasar beli balon udara
  2. Di tengah jalan balon meletus
  3. Betapa hati sangat gembira
  4. Nilai ulangan dapat seratus
2.Sajak
  1. Baris 1 a
  2. Baris 2 a
  3. Baris 3 a
  4. Baris 4 a
3.Suku kata
  1. Baris 1 terdiri 10 suku kata
  2. Baris 2 terdiri 10 suku kata
  3. Baris 3 terdiri 10 suku kata
  4. Baris 4 terdiri 10 suku kata
4.Sampiran dan isi pantunSampiran :
Ke pasar beli balon udara
Di tengah jalan balon meletus

Isi :
Betapa hati sangat gembira
Nilai ulangan dapat seratus
5.AmanatHati kita tentu akan senang jika mendapat nilai ulangan yang bagus.

Ayo renungkan 
1. Apa yang kamu pelajari dalam satu minggu ini? 
Pada minggu ini saya sudah belajar kata kunci pada iklan media cetak, organ pencernaan pada hewan dan fungsinya, organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia, pantun, pola lantai dalam karya tari dan karya tari, keanekaragaman sosial budaya dalam masyarakat, interaksi manusia dengan lingkungannya

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran dalam minggu ini? 
Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran minggu ini? 
Membaca, Memperagakan gerak tari, Berkomunikasi, Membuat dan memperagakan gerak tari, Berbalas pantun, dan Membuat laporan pengamatan tentang keanekaragaman masyarakat dan interaksi manusia

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran minggu ini? .
Saya akan berusaha  lebih baik dalam memahami pelajaran pada minggu yang akan datang
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.