Home » » Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pada Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah akan mempelajari tentang mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia, mempresentasikan berbagai gangguan organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana,  mengidentifikasi berbagai properti tari, menyebutkan properti tari yang digunakan dan karya tari daerah yang menggunakan properti tari, memperagakan tari menggunakan properti tari, menggabungkan gerak tari menggunakan properti dengan iringan tari, dan  mencari tahu isi pantun, siswa dapat mengetahui amanat pantun. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti krgiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Setelah berolahraga beladiri, tiba-tiba kepala Edo terasa pusing. Edo teringat jika peredaran darah pada tubuhnya pernah terkena gangguan tekanan darah rendah. Kemudian, Edo beristirahat di ruang UKS. Tahukah kamu penyebab terjadinya tekanan darah rendah?

Ayo Menulis
Bacalah artikel tentang gangguan pada organ peredaran darah manusia, baik dari surat kabar, majalah, maupun internet. Tuliskan nama gangguan dan penyebab-penyebabnya.

Gangguan pada sistem peredaran darah dan organ peredaran darah disebut penyakit kardiovaskular. Kardiovaskular artinya adalah hal yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Beberapa contoh gangguan sistem peredaran darah dan organ peredaran darah antara lain sebagai berikut.
No.Nama gangguanPenyebab
1.Jantung koronerPenyebab jantung koroner adalah adanya penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak.
2.VarisesPenyebab varises adalah tekanan darah yang terlalu besar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung terlalu banyak. Umumnya terjadi pada bagian betis.
3.HipertensiPenyebab hipertensi adalah tingginya tekanan darah dari tekanan darah normal (120/80 mmHg), bisa karena stress, makan berlebihan, merokok, dan banyak minum alk*hol.
4.AnemiaPenyebab anemia di antaranya perdarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian luar atau dalam tubuh dan kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
5.Darah RendahBeberapa kondisi jantung yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah termasuk denyut jantung yang sangat rendah, masalah katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung.

Kesehatan begitu penting bagi kehidupan manusia. Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kita. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh manusia?

Ayo Membaca
Empat Faktor yang Memengaruhi Kesehatan
Kesehatan adalah anugerah yang paling berharga bagi setiap insan manusia. Buat apa banyak harta, tetapi badan kita sakit. Memang, kesehatan itu bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada artinya. Kalau kita sakit selama sebulan, berapakah uang yang seharusnya masuk ke tabungan kita itu hilang begitu saja.

Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu faktor perilaku, faktor lingkungan, faktor keturunan, dan faktor pelayanan kesehatan. 

1. Faktor Perilaku
Perilaku masyarakat yang sehat akan menunjang dan berdampak semakin meningkatnya derajat kesehatan. Kebiasaan (perilaku) mencuci tangan sebelum makan akan menghindarkan kita dari penyakit saluran pencernaan (diare dan lain sebagainya). Perilaku menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dapat mencegah penyakit seputar kesehatan gigi dan mulut. 

2. Faktor Lingkungan
Lingkungan yang bersih sangat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Beberapa penyakit yang sering menjangkiti masyarakat yang hidup di lingkungan kumuh antara lain: demam berdarah, gatal-gatal, infeksi saluran pencernaan, dan pernapasan.

3. Faktor Pelayanan Kesehatan
Ketersediaan fasilitas kesehatan dengan mutu pelayanan yang baik, akan mempercepat derajat kesehatan masyarakat. Ketersediaan fasilitas harus diikuti dengan keterampilan tenaga kesehatan yang merata, mencukupi, dan mempunyai kompetensi di bidangnya. Dalam pelayanan hingga tingkat pelosok desa.

4. Faktor Keturunan
Banyak penyakit yang dapat kita cegah, misalnya dengan cara membersihkan lingkungan. Semakin besar risiko penyakit keturunan, maka akan semakin sulit meningkatkan derajat kesehatan. Untuk mencegah penyakit turunan perlu ada nya konseling perkawinan yang baik.

Keempat faktor di atas saling berpengaruh dan tidak berdiri sendiri. Oleh karena itu, upaya pembangunan sarana kesehatan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan secara simultan. Upaya yang dilaksanakan harus komprehensif, mencakup upaya preventif/promotif, kuratif dan rehabilitatif. Pemerintah sebagai pembuat regulasi harus berperan aktif dalam pembangunan sarana kesehatan serta pelaksanaan kesehatan secara menyeluruh.

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas buatlah kesimpulan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan manusia. Tuliskan dalam kolom berikut!
Terdapat 4 faktor yang memengaruhi kesehatan masyarakat, yaitu faktor perilaku, faktor lingkungan, faktor keturunan, dan faktor pelayanan kesehatan. 

Menari juga merupakan kegiatan yang menggerakkan anggota tubuh. Dalam menari hendaknya menggunakan pola lantai supaya gerak yang diperagakan lebih indah. Dalam menari kadang-kadang juga dilengkapi dengan properti tari. Pada tema sebelumnya kamu sudah belajar mengenai pola lantai. Pada pembelajaran 2 di sub tema ini, kamu juga sudah mengenal tentang properti tari. Coba cari tahu kembali mengenai pola lantai dan properti tari.

Ayo Menulis
Coba cari tahu kembali tentang pola lantai. Kamu dapat melakukanya dengan cara mengingat kembali pembelajaran pada tema-tema sebelumnya. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam kolom berikut!
Pola lantai adalah sebuah garis atau pola yang dibentuk sebagai cara bagi penari dalam bergerak..

Gambarkan bentuk pola lantai kelompok yang sudah kamu kenal pada kolom berikut!
Pola Lantai Tari Kelompok
Siti dan teman-temannya menari. Mereka melakukan gerak tari dengan alat. Perhatikan gambar gerakan mereka.
Gerakan Tari
1. Apa alat yang digunakan Siti dan teman-temannya untuk melakukan gerak tari?
Alat yang digunakan Siti dan teman-temannya untuk melakukan gerak tari adalah Gendewa/busur

2. Bagaimana Siti dan teman-teman menggerakkan propertinya? Uraikan gerakan Siti dan teman-teman sesuai pengamatanmu terhadap gambar di atas. Sebelum kamu menguraikan, coba kamu tirukan terlebih dahulu gerakannya. Peragakan dengan pola lantai yang terlihat pada gambar.
Cara menggerakan busur panah pada gambar diatas yaitu, pertama dipegang dengan tangan kanan, kemudian digerakkan ke samping kiri, lalu ke kanan. Diikuti dengan kaki kanan jinjit di samping kaki kiri, lalu kaki kanan melangkah diikuti kaki kiri jinjit di samping kaki kanan.

Properti tari adalah alat yang dibutuhkan dan digunakan dalam suatu tarian untuk menambah nilai keindahan sekaligus sebagai media penyampaian pesan tarian.

Benda yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari sebagai berikut. Kipas, Piring, Topeng, Boneka, Selendang/sampur, Keris, Payung, Sapu tangan, Kipas, Kuda lumping dan Tombak

Ayo Berkreasi
Coba peragakan gerak 1 dan 2 di atas secara berurutan. Lakukan bersama teman-temanmu dengan pola lantai. Gunakan properti tari seperti di atas. Jika tidak memiliki properti seperti itu, gunakan properti lain, misalnya tongkat. Tunjukkan gerakmu di depan guru dan teman-temanmu!

Tubuh manusia memang hendaknya banyak bergerak. Dengan bergerak seperti berolahraga dan menari, denyut jantung akan meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jarang berolahraga membuat peredaran darah di seluruh tubuh terganggu. Dampaknya, peredaran darah tergangggu dan akan timbul banyak penyakit. Edo tidak mau sakit-sakitan. Oleh karena itu, Edo ingin banyak melakukan gerak. Seperti sore itu, Edo mengajak Udin bersepatu roda. Mereka beradu cepat. Jarak garis start dibuat di depan rumah Udin, sementara garis finish ada di depan Toko Jaya.
Jalan-jalan ke kota hujan
Naik turun melewati bukit
Jangan lupa gerakkan badan
Supaya kita tak pernah sakit

Hitam legam burung gagak
Terbang bebas di langit tinggi
Okelah kawan ayo bergerak
Bersepatu roda sesuka hati

Ayo Menulis
Tahukah kamu isi pantun yang diucapkan Udin dan Edo di atas? Tuliskan isi pantun tersebut dalam kolom berikut!
Kita harus olahraga supaya badan kita sehat/tidak sakit. Salahsatu olahraga yang dapat dilakukan adalah dengan bersepatu roda.

Ayo Renungkan
Apakah kamu menerapkan pola hidup sehat?
Beberapa pola hidup sehat antara lain makan makanan yang sehat dan bernutrisi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Olahraga, misalnya beladiri dapat melancarkan organ peredaran darah. Orang yang tidak pernah berolahraga akan rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh gangguan organ peredaran darah.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Pernahkah peredaran darahmu mengalami gangguan? Bagaimana caramu mengatasinya?
Cara mengatasi gangguan organ peredaran darah adalah dengan langkah pencegahan seperti dengan olahraga dan istirahat secara teratur, menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan kolestrol, menghindari rokok, minuman kerasm dan obat obatan terlarang, dan banyak minum air putih
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.