Home » » Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat

Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat

Pada Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat akan mepmpelajari tentang mengidentifikasi tangga nada dalam musik, menjelaskan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor, menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor, menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor sambil bermain alat musik sebagai iringannya. Menyebutkan bagian-bagian pantun, menunjukkan ciri-ciri serta unsur-unsur pantun yang dibuat. Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan (burung), dan menuliskan dan menggambar cara kerja peredaran darah pada hewan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Siti dan Beni berteman. Keduanya sama-sama kelas V. Siti duduk di bangku depan, sedangkan Beni duduk di bangku belakang. Kebiasaan berangkat ke sekolah naik sepeda. Karena mengayuh sepeda merupakan olahraga. Kebiasaan Beni setiap bangun tidur pagi menyempatkan diri berolahraga. Olaharag dilakukan Beni sebelum mandi. Olahrag sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama kesehatan organ-organ tubuh dan organ peredaran darah.

Dalam musik mengenal istilah tangga nada. Ada tangga nada mayor dan ada juga tangga nada minor. Ciri lagu bertangga nada mayor dinyanyikan dengan bersemangat.

Ayo Menulis
Coba kamu suarakan rangkaian nada berikut.
1 2 3 4 5 6 7 i (do re mi fa sol la si do (tinggi). Kemudian, cari tahu mengenai hal berikut. Apakah yang dimaksud tangga nada? Apa tangga nada mayor itu? Apa tangga nada minor itu? Kamu dapat bertanya kepada orang yang dianggap tahu. Kamu dapat mencari informasi dari buku, internet, dan media lainnya. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam kolom berikut.
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya, do re mi fa sol la si do. Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tangga nada mayor adalah tangga nada yang susunan nadanadanya berjarak 1-1-½-1-1-1-½, biasanya diawali dan diakhiri nada Do=C, dan bersifat riang gembira.

Tangga nada minor adalah tangga nada yang susunan nadanadanya berjarak 1-½-1-1-½-1-1, biasanya diawali dan diakhiri nada La=A, dan bersifat sedih.

Kamu telah memahami pengertian tangga nada mayor dan tangga nada minor. Ciri tangga nada mayor adalah
  1. Bersemangat,
  2. Riang gembira,
  3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C,
  4. Mempunyai pola interval 1–1–½–1–1–1–½ .

Lagu bertangga nada mayor antara lain Maju Tak Gentar, Halo-Halo Bandung, dan Garuda Pancasila.

Ciri tangga nada minor adalah
  1. Kurang bersemangat,
  2. Bersifat sedih,
  3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La=A.
  4. Bempunyai pola interval 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.

Lagu bertangga nada minor, antara lain Syukur, Tuhan, dan Gugur Bunga.


Ayo Menulis
Kamu telah memahami tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kamu juga telah mengetahui ciri-ciri nya. Contoh lagunya juga sudah kamu ketahui. Coba cari dan temukan contoh lagu-lagu lainnya.Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.
No.Tangga Nada
Contoh Lagu Bertangga Nada MayorContoh Lagu Bertangga Nada Minor
1.Bangun Pemudi Pemuda (A. Simanjuntak)Mengheningkan Cipta (Truno Prawit)
2.Berkibarlah Benderaku (Ibu Soed)Tanah Airku (Ibu Soed)
3.Dari Sabang Sampai Merauke (R Soerardjo)Bagimu Negeri (R. Kusbini)
4.Hari Merdeka (Husein Mutahar)Ibu Pertiwi (Ismail Marzuki)
5.Kebyar Kebyar (Gombloh)Indonesia Pusaka (Ismail Marzuki)
6.Gundul Pacul (Jawa Tengah)Bubuy Bulan (Jabar)
7.Kampung Nan Jauh DI Mato (Sumbar)Kole-Kole (Maluku)
8.Ampar-Ampar Pisang (Kalsel)Sing Sing So (Maluku)
9.Manuk Dadali (Jabar)Sarinande (Maluku)
10.Tokecang (Jabar)Ole Sioh (Maluku)

Tanda bel istirahat berbunyi. Beni merasa gembira hari ini, Rasa gembiranya diungkapkan melalui sebuah pantun. Pantun yang dibuat Beni adalah sebagai berikut.
Bersinar terik sang matahari
Bagai api panas membara
Rajin berolahraga beladiri
Badan kuat hati gembira

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu). Tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak (a-b-a-b). Dalam setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. Baris pertama dan baris kedua disebut sampiran. Sampiran untuk mengantarkan rima. Baris ketiga dan keempat disebut isi. Isi merupakan tujuan atau maksud dari pantun. Dengan demikian, dapat disimpulkan ciri-ciri dan bagian pantun.

Ciri-ciri pantun
  1. Pantun bersajak a-b-a-b,
  2. Satu bait terdiri atas empat baris,
  3. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

Pantun terdiri atas dua (2) bagian, yaitu
  1. Sampiran merupakan kata-kata dalam dua baris pertama atau baris kesatu dan kedua di setiap bait,
  2. Isi, merupakan kata-kata dalam dua baris terakhir, atau baris ketiga dan keempat di setiap bait.

Untuk menguji daya ingatmu coba lakukan kegiatan berikut!

Ayo Menulis
Bacalah pantun yang dibuat Beni di atas, tentukan baris yang menunjukkan sampiran dan baris yang menunjukkan isi. Tuliskan dalam tabel berikut.
Bagian Pantun
SampiranIsi
Bersinar terik sang matahari
Bagai api panas membara
Rajin berolahraga beladiri
Badan kuat hati gembira

Pantun dapat digolongkan menjadi tiga (3) sesuai siklus kehidupan (usia) manusia. Ada pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Pantun kanak-kanak berisi tentang suka cita. Pantun muda berisi tentang perkembangan. Pantun tua berisi tentang nasihat. Berikut contoh ketiga pantun tersebut.

1. Contoh Pantun Kanak-Kanak
Terbang rendah burung kutilang
Hinggap di dahan sambil menoleh
Hatiku senang tidak kepalang
Ayah pulang membawa oleh-oleh

2. Contoh Pantun Muda
Hujan turun rintik-rintik
Ada gubug di tepi sawah
Wahai dinda berwajah cantik
Bolehkah kanda main ke rumah

3. Contoh Pantun Tua
Enak benar tinggal di Batujajar,
Segar udaranya, indah, dan permai,
Anak sekolah rajinlah belajar,
Agar cita-citanya kelak tercapai.

Ayo Berkreasi
Kamu telah memahami beberapa contoh pantun berdasarkan siklus kehidupan (usia) manusia. Mulai dari pantun kanak-kanak, pantun muda, sampai pantun tua. Coba, buatlah pantun berdasarkan siklus kehidupan (usia). Bacakan hasil karyamu di depan kelas secara bergantian. Bacakan juga dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

Pantun Kanak-kanak
Lihat pagi sudah terang,
Angin meniup pohon ilalang.
Bagaimana hati tak girang,
Melihat ayah sudah pulang.

Pantun Muda
Bukit berbunga banyak duri,
Embun datang di waktu pagi.
Sakit bukan tertusuk duri,
Sakit karena ditinggal pergi

Pantun Tua
Bendera raja selalu berkibar,
Pujangga menulis dengan pena.
Siapa insan bisa bersabar,
tentu sifatnya bijaksana

Pantun bisa dikatakan sebagai seni merangkai kata. Kejadian dapat seharihari dapat diungkapkan dengan pantun. Kondisi manusia susah, senang, sehat, dan sakit juga dapat ditulis melalui pantun.

Ayo Mencoba
1. Coba tuliskan pantun yang isinya menggambarkan kondisi tubuh yang sehat. Tuliskan dalam kolom berikut
Wakil raja disebut patih
Lihat pesawat di dalam hanggar
Perbanyaklah minum air putih
Agar tubuh selalu bugar

2. Apakah tubuhmu sehat seperti isi pantun yang kamu tulis? Bagimana kondisi tubuh manusia sehat itu?
Ya tubuh saya sehat. Kondisi tubuh manusia yang sehat adalah di antaranya peredaran darahnya lancar.

Kondisi tubuh manusia yang sehat adalah di antaranya peredaran darahnya lancar. Selain itu, organ peredaran darahnya tidak ada gangguan. Pada Pembelajaran 1, kamu sudah mengenal organ peredaran darah manusia. Bagaimana dengan organ peredaran darah hewan

Selain manusia, hewan juga memiliki sistem peredaran darah. Darah yang mengalir akan mengangkut nutrisi ke seluruh organ tubuh. Darah juga mengangkut sisa metabolisme dari berbagai jaringan dalam tubuh. Pada prinsipnya, sistem peredaran darah hewan, terutama hewan vertebrata sama seperti manusia. Contoh hewan vertebrata adalah ikan, katak, reptiliam dan burung. Sistem peredaran darah hewan termaksut alat-alat peredaran darahnya seperti jantung dan pembuluh darah.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut. Bagian-bagian jantung pada burung. Peredaran darah burung.
Organ Peredaran Darah Burung
Perhatikan gambar di atas. Ternyata jantung burung mempunyai bagianbagian yang sama seperti jantung manusia. Vertebrata ini mempunyai jantung yang terdiri atas empat ruang. Ada atrium (serambi) kanan, atrium serambi kiri, ventrikel (bilik) kanan, dan ventrikel (bilik) kiri. Bagaimana dengan peredaran darah pada burung?

Ayo Menulis
Coba cari tahu tentang peredaran darah pada burung. Bertanyalah kepada orang yang kamu anggap lebih tahu. Kamu dapat juga mencari informasi dengan membaca buku, internet, atau mencarinya melalui media lain. Tuliskan hasilnya tentang proses peredaran darah pada burung. tuliskan juga mengenai fungsi setiap organ peredaran darah pada burung. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Organ Peredaran Darah pada Burung dan Fungsinya
OrganFungsi
JantungFungsi jantung yaitu untuk memompa darah agar darah beredar ke seluruh tubuh.
Pembuluh DarahPembuluh darah berfungsi untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh.
Paru-paruFungsi paru-paru yaitu untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Hanya saja pada burung terdapat tambahan 9 kantong udara

Peredaran darah pada burung sama dengan peredaran darah pada manusia, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Pada proses peredaran darah, darah mengalir di dalam pembuluh darah sehingga disebut peredaran darah tertutup. Organ tubuh yang terlibat pun sama yaitu jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Jantung burung terdiri atas empat bilik, yaitu bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, dan serambi kiri.

Pada peredaran darah kecil, darah miskin oksigen dan kaya karbon dioksida di dalam bilik kanan dipompa jantung menuju paru-paru. Di dalam paru paru karbon dioksida dilepas dan oksigen diikat. Kemudian, darah di paru-paru yang sudah kaya oksigen kembali ke jantung melalui serambi kiri.

Pada peredaran darah besar, darah kaya oksigen di dalam bilik kiri dipompa jantung ke seluruh tubuh melalui aorta. Di sel-sel tubuh, oksigen dibebaskan dan karbon dioksida diikat. Selanjutnya, darah yang kaya karbon dioksida mengalir melalui pembuluh vena menuju serambi kanan dan masuk bilik kanan.

Ayo Renungkan
Apa saja yang kamu pelajari hari ini? Apakah manfaat dari pembelajaran hari ini untukmu? Tuliskan pada kolom berikut!
Manfaat pembelajaran hari ini saya mengetahui tentang organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia, pantun, dan lagu bertangga nada mayor dan minor.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Apakah kamu memiliki hewan piaraan di rumah? Tuliskan nama hewan piaraanmu atau hewan kesukaanmu. Apakah kamu suka hewan? cari tahu alat peredaran darah pada hewan. Mintalah, bantuan orang tuamu. Kemudian, tuliskan juga fungsi coba setiap organ peredaran darah hewan piaraanmu atau hewan kesukaanmu. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Organ Peredaran Darah Pada Kelinci
  1. Jantung. Jantung pada kelinci berfungsi untuk memompa darah agar beredar ke seluruh tubuh.
  2. Pembuluh Darah. Pembuluh darah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  3. Paru-Paru. Paru-paru berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.