Home » » Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Peristiwa adalah kejadian (hal, perkara, dsb); kejadian yang luar biasa (menarik perhatian dsb); yang benar-benar terjadi. Banyak peristiwa dalam kehidupan. Ada peristiwa pribadi, peristiwa keluarga, peristiwa masyarakat, bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara. Peristiwa dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, peristiwa yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih). Peristiwa menyenangkan merupakan peristiwa yang membuat kita senang, menghibur, bahagia, sedangkan peristiwa menyedihkan merupakan peristiwa yang membuat kita sedih dan menangis.
Peristiwa Dalam Kehidupan
Beberapa contoh peristiwa yang menyenangkan antara lain saat menjadi menang lomba, merayakan ulang tahun, dan saat berkunjung ke kebun binatang. Sedangkan beberapa peristiwa yang menyedihkan adalah saat sakit, jatuh dari sepeda, dan saat musibah banjir.

Ayo Mengamati
Rempah Rempah
Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
Bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah karena harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat tinggi.

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
Harga rempah-rempah semahal emas. Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan.

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453 menyebabkan bangsa Eropa mengalami kesulitan medapatkan rempah-rempah. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Tahukah kamu hubungan antara cengkih dan penjajahan yang dialami oleh bangsa kita?

Cengkih memiliki banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih digunakan dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk. Cengkih juga dimanfaatkan oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa. Selain itu, minyak cengkih digunakan sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi.

Pohon cengkih banyak manfaatnya sehingga menjadikannya bernilai ekonomis tinggi. Oleh karena itulah, cengkih merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu terjadinya penjajahan di Indonesia.

Ayo Membaca
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut.
a. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

b. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.
Gold Gospel dan Glory
c. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya seperti berikut.
  1. Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.
  2. Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.
  3. Ditemukannya kompas. Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!
Bangsa Barat
Ayo Berdiskusi 
Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.
Ulasan Teks
Judul TeksPeristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarikKekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga rempah-rempah sangat mahal semahal emas (gold). Mereka sangat
membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak
Informasi pentingFaktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain .
  1. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
  2. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
  3. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat sprti dikembangkannya teknik pembuatan kapal, ditemukannya mesiu, dan ditemukannya kompas.
Pendapat saya tentang teks iniTeks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jarah bangsa Indonesia
Saya menyarankan teks ini karenaTeks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat berisi informasi yang sangat bermanfaat

Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!
Kdatangan Bangsa Barat
Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory). Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Ulasan Teks
GoldAdanya keinginan mencari kekayaan (gold)
GospelAdanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
GloryAdanya keinginan mencari kejayaan (glory)

Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut.
Saya tidak setuju dengan semboyan tersebut karena akibat ketiga semboyan tersebut bagi indonesia adalah antara lain:
  1. Indonesia semakin miskin karena kekayaanya diambil oleh bangsa-bangsa eropa
  2. Masuknya agama nasrani menyebabkan sebagian rakyat indonesia juga menganut agama nasrani
  3. Kekuasaan bangsa eropa semakin menjadi-jadi di indonesia,menyebabkan indonesia makin terpuruk, rakyat jadi sengsara,dan bagsa indonesia makin tertindas

Ayo Berlatih
Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsabangsa Eropa di Indonesia!
Pengandaian
Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan (menolak) kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Penjajah (menyengsarakan) kehidupan rakyat Indonesia. Sikap para penjajah awalnya (baik). Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu (menindas dan kejam).

Ayo Membaca
Sifat-Sifat Benda
Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.

Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?

Ayo Mencoba
Percobaan 1
Alat dan Bahan
  1. dua buah pensil
  2. penghapus pensil
  3. peraut pensil
  4. buku catatan

Langkah Kegiatan
  1. Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.
  2. Dengan menggunakan penyerut pensil, rautlah bagian ujung pensil hingga dapat digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.
  3. Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah. Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada bagian yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Diskusikan
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
Ya, pensil diraut maka bentuk ujungnya berubah

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
Ya, ujung karet penghapus, setelah dipakai berubah.

3. Apakah kesimpulanmu?
Bentuk benda padat dapat diubah jika mendapat perlakuan tertentu, misalnya ditumbuk, dipotong atau digosok.

Percobaan 2

Alat dan Bahan
  1. gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
  2. wadah lain yang transparan
  3. nampan atau papan kayu

Langkah Kegiatan
  1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
  2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
  3. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
  4. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

Diskusikan
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah dimiringkan?
Permukaan air mendatar saat sebelum dan sesudah dimiringkan.

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
Bentuknya mengikuti wadahnya.

3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
Air mengalir ke tempat yang lebih rendah.

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
Air akan masuk/meresap ke dalam tanah.

5. Apakah kesimpulanmu?
Benda cair memiliki sifat : Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, benda cair mengalir ke tempat lebih rendah, benda cair menekan ke segala arah, dan benda cair meresap melalui celah-celah kecil.

Percobaan 3
Alat dan Bahan
  1. gelas plastik
  2. ember
  3. air
  4. buku catatan

Langkah Kegiatan
  1. Isilah ember air sampai 3/4-nya.
  2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.

Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa?
Gelas akan terangkat ke atas karena di dalam gelas berisi udara.

2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
Ketika gelas dimiringkan akan keluar gelembung udara karena dalam gelas berisi udara.
3. Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?
Benda gas memiliki sifat mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah, dan benda gas terdapat di segala tempat.

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster. Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri (Contoh)
sIFAT bENDA
Benda-benda di alam semesta ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap jenis benda mempunyai sifat yang membedakannya dari jenis benda lain. Bahkan sesama benda padat pun mempunyai sifat yang berbeda dari benda padat lain.

Ayo Renungkan
  1. Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Kemukakan pendapatmu, sesuaikah perilaku dan latar belakang orang-orang Eropa tersebut dengan nilai-nilai budaya kita?
  2. Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai perubahan wujud benda. Jelaskan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:02 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.