Home » » Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan

Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan

Lingkungan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan peduli terhadap lingkungan supaya sejahtera. Peduli lingkungan adalah suatu bentuk kesadaran seseorang terhadap lingkungan yang berupa tindakan yang berdampak positif terhadap lingkungan. contoh tidak merusak lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang limbah di sungai, dll. Bagaimana kepedulianmu terhadap lingkungan? Ayo, kita diskusikan lebih lanjut.

Ayo Mengamati
Amatilah beberapa gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai” berikut!
Kewajiban Masyarakat
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan pertanyaan berikut!

1. Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas?
Kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar adalah kerja bakti membersihkan lingkungan, menanam pohon, antre untuk membayar pajak, dan melaksanakan kegiatan siskamling.

2. Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?
Warga masyarakat melakukan kerja bhakti, menanam pohon, membayar pajak, dan siskamling karena semua kegiatan itu merupakan kewajiban masyarakat untuk melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.

3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?
Kewajibanku sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari antara lain kewajiban untuk menaati peraturan, kewajiban untuk menghargai orang lain, dan kewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan dan kebersihan.

4. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?
Cara menunjukkan kepedulian lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dan menyirami tumbuh-tumbuhan yang ada di rumah, melakukan reboisasi, dan menjaga dan melestarikan tanaman yang dilindungi dan lain-lain

Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus peduli terhadap lingkungan. Misalnya, ikut membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan. Apakah kamu sudah mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolahmu? Kamu hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban siswa sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Bangsa Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945. Kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh dengan perjuangan penuh pengorbanan. Oleh karena itu, kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, bangsa Indonesia harus berjuang dengan penuh pengorbanan. Bagaimana kamu memaknai kemerdekan bangsa ini?

Ayo Membaca
Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia 
Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya. 
Makna Proklamasi
Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional. 

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut. 
  1. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia. 
  2. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  3. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional. 
  4. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur. 

Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!
1. Apa judul teks pada bacaan di atas?
Judul teks pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
Kata kunci pada bacaan di atas adalah Makna Proklamasi

3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?
Berdasarkan kata kunci "Makna Proklamasi" informasi yang diperoleh adalah proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sarana untuk menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
Sebagai warga negara saya memaknail kemerdekaan dengan  belajar dengan giat, mengikuti berbagai perlombaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat, belajar lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar keutuhan NKRI terjaga.

Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelum membaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks. Kata-kata penting dapat disebut kata kunci.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.