Home » » Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Era globalisasi membuat banyak sekali produk asing yang beredar di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus mencintai produk dalam negeri. Mengapa kita harus mencintai produk Indonesia? Apa dampaknya bagi perekonomian Indonesia?

Ayo Membaca
Aku Cinta Produksi Indonesia
Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
Aku Cinta Produk Indonesia
Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antarnegara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri.

Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.

Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentu hanya kita, sang anak negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.

Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.
Kosakata nonbakuKosakata Baku
Banyak lhoBanyak
Baju-bajuBaju
Sepatu-sepatuSepatu
Tas-tasTas

Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif.
Kalimat tidak efektifKalimat efektif
Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.
  1. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.
  2. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.
Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.Banyak baju, sepatu, atau tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.
Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal.Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas karena harganya mahal.

Tulislah kembali isi teks di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan kata baku dan kalimat efektif.
Memakai barang produksi luar negeri tampaknya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan kebanggaan bagi banyak orang Indonesia. Masih banyak orang yang menyangka hal ini wajar karena kualitas produk-produk luar negeri dinilai lebih baik daripada produk asli Indonesia. Pada kenyataannya, ada banyak produk asli Indonesia yang kualitasnya menyamai atau bahkan melebihi produk luar negeri.

Jumlah masyarakat yang banyak menggunakan produk luar negeri tidak terlepas dari dampak globalisasi. Globalisasi menjadi arus dagang antarnegara menjadi jauh lebih mudah. Barang-barang dari berbagai negara dapat dengan mudah masuk ke negara lain. Metode menerapkan pajak impor yang tinggi pun sudah tidak bisa lagi digunakan karena pemerintah suatu negara dapat dikenakan sanksi oleh WTO, selain mengurangi kepercayaan dunia pada negara tersebut. Akibatnya langsung terasa. Produk asli Indonesia harus bersaing dengan produk luar negeri.

Jika kita terus menggunakan produk luar negeri, maka dampak luar biasa akan dialami para produsen, termasuk para pengrajin kreatif, dalam negeri. Penjualan mereka menurun dan kualitas hidup mereka pun akan menurun.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan kelompokmu, diskusikan pertanyaan berikut.
1. Mengapa kita harus cinta produk Indonesia?
Kita harus cinta produk Indonesia karena kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri, untuk menghargai karya anak bangsa, dan untuk memajukan ekonomi Indonesia.
2. Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?
Contoh tindakan dari cinta produk Indonesia adalah dengan memilih dan membeli barang paroduksi dalam negeri daripada barang produksi asing/luar negeri.
3. Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?
Jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri maka kelangsungan produksi barang dalam negeri akan terancam.
4. Apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia?
Jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia maka kemandirian bangsa di bidang ekonomi akan terbangun, serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional.
5. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari?
Dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari yaitu pengrajin dalam negeri akan semakin berkembang dan mampu bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri
6. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia?
Dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia adalah perekonomian akan semakin maju dan berkembang sehingga akan mendatangkan kemakmuran.
7. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah menggunakan produk Indonesia? Ceritakan pengalamanmu.
Saya sudah menggunakan produk Indonesia seperti buku, tas, dan alat tulis yang lainnya

Ayo Mencoba 
Perhatikan gambar berikut.
Luas Gabungan
1. Hitunglah luas permukaan bangun 1.
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm²

2. Hitunglah luas permukaan bangun 2.
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm²

3. Hitunglah luas permukaan bangun 3.
L = 4 x (12 x 6) + 2 x (6 x 6)
L = 4 x 72 + 2 x 36
L = 288 + 72
L = 360 cm²

4. Apa hubungan antara luas permukaan bangun 1, bangun 2, dan bangun 3.
Luas bangun 1 + bangun  2 sama dengan bangun 3 dikurangi luas sisi yang berimpitan.

5. Apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas permukaan bangun gabungan?
Luas permukaan gabungan adalah menjumlahkan luas sisi terluar. Bagian yang dihitung adalah bagian yang terlihat. sedangkan yang tidak terlihat atau yang berhimpitan tidak dihitung.

Luas permukaan adalah sisi terluar yang menutupi bangun ruang. 
Hitunglah luas permukaan bangun berikut.
Luas Balok
L = 4 x (20 x 10) + 2 x (10 x 10)
L = 4 x 200 + 2 x 100
L = 800 + 200
L = 1.000 cm²
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.