Home » » Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku

Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku

Di era globalisasi ini, Indonesia memegang peran yang sangat penting. Kebudayaan Indonesia yang mendunia membuat Indonesia semakin dikenal. Apa dampaknya bagi warga Indonesia? Ayo kita pelajari bersama.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.
Batik
Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Ayo Berlatih
Secara berpasangan, tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
1. Apa tujuan awal pembuatan batik?
Tujuan awal pembuatan batik adalah untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.
2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.
Ragam motif batik di Indonesia dibedakan berdasarkan area pembuatannya terbagi menjadi dua yaitu Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. 
3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?
Upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik ke dunia nternasional adalah melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri.
4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Sebagai warga negara Indonesi kita merasa bangga karena seni tradisional Indonesia ini telah mendunia dan diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia. Hal tersebut janganlah membuat kita langsung berpuas diri, namun kita harus berpikir bagaimana agar batik semakin dikenal di dunia.
5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.
Seni batik berawal dari seni tradisional yang telah menduni. Melalui berbagai pameran seni tradisional batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Kelestarian batik harus terus dikembangkan dan dipelihara.
6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi.
Mendunia berarti terkenal (meluas) ke seluruh dunia
7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?
Kerja sama yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara termasuk kerjasama sodial budaya karena memperkenalkan senit tradisional Indonesia..
8. Apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal?
Manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal yaitu batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. 

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat
kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.
Kerjasama KebudayaanManfaat Bagi Indonesia
Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN.Budaya indonesia makin dikenal di kawasan Asia dan Dunia
Pertukaran acara program televisi ASEANIndonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga semakin erat persahabatannya
Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEANKebudayaan dan kesenian Indonesia lebih dikenal oleh negara-negara Asean
Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN Para pelajar Indonesia dapat menimba ilmu di negara-negara luar negeri 
Di era globalisasi ini kita harus tetap mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Ayo Berkreasi
Buatlah poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat tinggalmu. Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan mengenal kebudayaan daerahmu. Jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Diskusikan terlebih dahulu langkah-langkah membuat poster. Mintalah pendapat temanmu tentang poster yang kamu buat.
Ebeg Banyumas
Hal-hal yang harus diperhatikkan dalam membuatnya adalah sebagai berikut.
  1. Slogan jelas dan mudah dimengerti.
  2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
  3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
  4. Tata letak gambar dan tulisan baik.

Ayo Menulis
Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah bereksplorasi tentang kubus. Sekarang tulislah kubus dalam diagram frayer berikut. Tulislah contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan kesimpulanmu tentang kubus.
Frayer Kubus
Era globalisasi memberikan kesempatan kepada semua orang untuk terus mengembangkan dirinya. Era ini memberikan kesempatan yang seluasluasnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.