Home » » Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya

Pencak Silat adalah warisan budaya nusantara yang telah mendunia. Globalisasi telah membawa manfaat sehingga Pencak Silat sebagai ilmu bela diri tradisional Indonesia dapat dikenal di manca negara.

Ayo Mencoba
Kamu tentunya masih ingat dengan latihan jenis pukulan dalam silat. Ayo, kita mengingatnya kembali.

A. Pukulan dalam Pencak Silat
Sama seperti olahraga lainnya, pencak silat tentunya juga memiliki teknik dasar silat yang harus mampu di kuasai dengan baik, terutama bagi yang masih tahap belajar atau pemula. Beberapa pukulan dalam Pencak Silat antara lain sebagai berikut.
Pukulan
  1. Pukulan lurus. Posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan.
  2. Pukulan tegak. Posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan.
  3. Pukulan bandul. Pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati.
  4. Pukulan melingkar. Pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan.

B. Tangkisan dalam Pencak Silat 
Tangkisan adalah teknik belaan dengan cara mengadakan kontak langsung (benturan) terhadap serangan lawan, dengan jalan membendung atau mengalihkan serangan. Beberapa jenis tangkisan dalam pencak silat antara lain sebagai berikut.
Tangkisan
  1. Tangkisan Dalam. Teknik menangkis dengan gerakan tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu.
  2. Tangkisan Luar. Merupakan kebalikan dari tangkisan dalam, yaitu tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu.
  3. Tangkisan Atas. Tangkisan dari bawah ke atas, berfungsi untuk melindungi kepala dari serangan lawan.
  4. Tangkisan Bawah. Tangkisan dari atas ke bawah.

Kita telah mengetahui bahwa globalisasi dapat terjadi antara lain karena adanya energi listrik. Sekarang, amatilah peralatan yang menggunakan energi listrik di sekitarmu. Terbayangkah olehmu jika energi listrik itu habis dan tak dapat diperbaharui? Ayo, kita belajar bagaimana caranya menghemat energi listrik.

Ayo Mengamati
Cermati gambar berikut dengan teliti.
Sikap Hemat Listrik
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan gambar.

1. Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
Listrik mendukung perkembangan teknologi di era globalisasi. Segala aktivitas manusia terbantu oleh adanya teknologi seperti adanya peralatan listrik.
2. Tuliskan ruangan yang boros listrik.
Ruang yang boros listrik adalah ruang keluarga kareana ada radio, tv, kipas angin dan lampu yang menyala.
3. Menurutmu, apa dampak sikap hidup boros listrik bagi warga sekolah?
Sikap boros listrik di sekolah menambah tanggungan listrik bagi pihak sekolah.
4. Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
Kita perlu menerapkan sikap hemat listrik karena sebagian besar dari pusat pembangkit listrik menggunakan bahan yang tidak dapat diperbaharui seperti batu bara dan gas yang suatu saat akan habis. 
5. Berikan 3 contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh sikap saya untuk menghemat listrik adalah dengan mematikan lampu ketika tidak dibutuhkan, menghidupkan keran air seperlunya, dan mematikan kipas angin jika tidak digunakan.

Ayo Menulis
Simak dengan teliti teks eksplanasi yang akan dibacakan oleh gurumu. Teks akan dibacakan dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap pargrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut setiap satu paragraf selesai dibacakan.

Mengapa Harus Hemat Listrik?
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/ industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita tidak bisa bayangkan bagaimana jadinya kehidupan manusia di masa kini dan di masa yang akan datang. Namun, di balik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global. Meningkatnya suhu Bumi antara lain disebabkan oleh gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfunsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global akan mengakibatkan cuaca tidak teratur, musim panas yang berkepanjangan hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan menenggelamkan. sebagian besar daratan. Jika hal ini terus terjadi maka manusia akan terancam habitatnya akibat pemanasan global.

Untuk menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh sederhana yang bisa kita lakukan adalah:
~~Pilih peralatan hemat energi, seperti mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
~~Pahami lingkungan sekitar kita. Bila menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan mematikan semua peralatan listrik yang tidak terpakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll) sebelum meninggalkan ruangan.

Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan Bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Teks Eksplanasi


Paragraf 1 : Topik Masalah
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik.
Paragraf 2 : Deret Penjelas
Pemborosan energi membuat suhu bumi meningkat/pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh gas buang dari peralatan elektronik, gas buang hasil pembakaran dari kendaraan bermotor, serta berkurangnya lahan hijau.

Pemanasan global membuat cuaca tidak menentu, musim panas yang panjang menyebabkan kekeringan, mencairnya pegunungan es di kutub bumi yang dapat mengancam keberadaan manusia.

Paragraf 3 : Deret Penjelas
Salah satu cara untuk menghindari pemanasan global yaitu dengan menghemat listrik. Contohnya memilih peralatan hemat listrik dan mematikan semua peralatan listrik sebelum meninggalkan ruangan kosong.
Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Dengan melakukan hal itu, kita telah menyelamatkan bumi. Sungguh besar energi yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.

Ay o M encoba
Buatlah poster yang berisi ajakan untuk melakukan sikap hidup hemat listrik. Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam poster kalian.
  1. Terdapat kalimat ajakan untuk selalu melakukan sikap hidup hemat listrik.
  2. Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya hemat listrik.
  3. Terdapat contoh sikap hidup hemat listrik.
  4. Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  5. Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.
Poster Hemat Listrik
Kreasikan poster kamu dengan menarik. Kampanyekan poster kamu ke setiap kelas, kemudian pasang poster tersebut di tempat-tempat strategis di sekeliling sekolah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.