Home » » Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya

Globalisasi membawa banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Warga dunia mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Mang Samad adalah seorang pengusaha yang berhasil mencapai kesuksesan. Ayo simak kisah Mang Samad!

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut.

Pengrajin Garut yang Menembus Dunia
Sekarang ini, siapa yang tak kenal Mang Samad, pengrajin sandal kulit dari Garut? Ia sering sekali diundang di berbagai acara temu wirausaha untuk menjadi pembicara dan pemberi motivasi bagi para wirausahawan muda. Memang, kerja keras Mang Samad patut dicontoh. Tak banyak wirausahawan kecil seperti dirinya yang bisa berkembang hingga terkenal di mancanegara.

Dulu, Mang Samad hanyalah seorang penjaja sandal kulit keliling. Ia berjalan dari desa ke desa, kemudian memberanikan diri beberapa minggu sekali pergi ke Jakarta untuk menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik. Dari pengalamannya menjajakan dagangan, ia jadi tahu keinginan pembeli. Ia jadi tahu model seperti apa yang menjadi favorit pembeli. Ternyata semakin rumit bentuk jalinan kulit sebuah sandal, apalagi untuk laki-laki, justru tidak diminati. Bentuk sederhana dan klasik tetap menjadi favorit pembeli, namun kualitas kulit dan jahitan sandal menjadi hal yang utama.
ToKo Mang Samad
Merasa tak puas jika hanya menjajakan, Mang Samad pun belajar untuk membuat sandal. Keterampilan dasar memproses dan menjahit kulit sudah Mang Samad miliki, karena desa tempatnya tinggal merupakan desa pengrajin sandal. Mang Samad hanya memperluas keterampilannya dengan belajar membuat pola sandal, belajar mengenal aneka bahan, lalu menambahkan pengetahuan minat pembeli dari pengalamannya berjualan. Mang Samad mulai bereksperimen dengan berbagai model sandal buatannya sendiri. Ia mencoba membuat sedikit, kemudian menitipkan di toko atau ke temannya yang berkeliling. Ketika laku, ia membuat lagi, mencoba model yang baru, mencoba warna yang baru, lalu begitu seterusnya. Hingga satu saat, ia tidak bisa lagi memenuhi permintaan pembeli dengan tenaganya sendiri. Maka, mulailah Mang Samad mencari pegawai yang bisa membantunya. Dari satu-dua pegawai, sekarang sudah lebih dari sepuluh pegawai yang bekerja membantunya. Ia tak pernah jauh-jauh mencari pegawai. Hanya dari orangorang dekat di lingkungan tempat tinggalnya. Ia ingin kemajuan usahanya dirasakan juga oleh lingkungan terdekatnya. Semakin maju usahanya, semakin maju juga tingkat penghidupan pegawai yang bekerja membantunya. Mang Samad tidak saja menaikkan taraf hidupnya, tetapi juga membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.

Belajar yang tak pernah henti, membuat usaha yang dirintis Mang Samad terus berkembang. Berbeda dengan produk sandal Garut yang model dan bahannya tak berubah dari waktu ke waktu. Mang Samad sering memperhatikan model sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko. Ia pun secara berkala mengeluarkan model baru. Walaupun model yang dibuatnya sederhana, ia selalu menggunakan bahan yang terbaik serta teknik jahitan yang kuat. Dengan demikian sandal buatannya tahan lama.

Suatu ketika, datang kesempatan bagi wirausahawan kecil di Garut untuk ikut memperkenalkan produk khasnya di sebuah pameran produk karya Indonesia di Jakarta. Mang Samad berusaha keras untuk ikut dalam pameran ini. Ia bahkan mencari informasi bagaimana membuat brosur produk yang menarik. Ia juga bekerja sama dengan temannya yang pandai bertukang untuk membuat tampilan area pamer yang berbeda.

Ternyata usaha Mang Samad tidak sia-sia. Brosur produk yang informatif, area pamer yang menarik, serta kualitas produk yang baik membuat stan sandal kulit Mang Samad ramai didatangi pengunjung pameran. Tidak hanya sandal yang dijualnya laris manis, Mang Samad juga didekati oleh beberapa importir dari luar negeri yang tertarik dengan produknya. Hanya dari satu pameran, produk Mang Samad sudah dikenal oleh banyak kalangan.

Sekarang produk sandal buatannya sudah menembus ke pasar mancanegara. Model yang sederhana dengan kualitas bahan dan jahitan yang baik membuat sandal buatannya disukai banyak kalangan di luar negeri. Tidak hanya membawa kebanggaan bagi dirinya, bagi keluarganya, atau bagi pekerjanya. Produk sandal kulit buatan Mang Samad dari Garut membuat Indonesia makin dikenal, membuat Indonesia makin bangga dengan kerja keras anak negerinya. Sandal kulit Garut dapat mengharumkan nama Indonesia dan turut memajukan perekonomian bangsa.

Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Siapakah Mang Samad?
Mang Samad adalah seorang pengrajin sandal kulit dari Garut
2. Bagaimana Mang Samad mengawali usahanya?
Mang Samad mengawali usahanya dengan menjajakan sandal keliling yang diambil dari pabrik
3. Bagaimana Mang Samad mengembangkan usahanya?
Mang Samad mengembangkan usahanya denga terus memperluas keterampilannya, terus belajar, terus berinovasi dengan memperhatikan model sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko. 
4. Keberhasilan apa yang sudah dicapai oleh Mang Samad?
Mang Samad berhasil menaikkan taraf hidupnya dan membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.
5. Keterampilan apa yang dimiliki oleh Mang Samad?
Keterampilan yang dimiliki Mang Samad diantaranya adalah membuat beraneka macam pola sandal, mengenal beraneka bahan dan pengetahuan minat pembeli.
6. Sikap apa yang dimiliki oleh Mang Samad? Jelaskan.
Mang Samad memiliki sikap pantang menyerah dan pekerja keras.
7. Apa dampak dari keberhasilan usaha Mang Samad bagi diri Mang Samad sendiri?
Dampak keberhasilan Mang Samad adalah usahanya semakin berkembang serta hasil kerajinan beliau terkenal di mancanegara

Di era globalisasi seperti sekarang, setiap orang harus terus meningkatkan potensinya supaya ia terus bisa bersaing secara sehat. Siapkah kamu menghadapi era globalisasi?

Tahukah kamu tentang mainan rubik atau magic cube? Mainan ini diciptakan oleh Erno Rubik yang berasal dari Hungaria. Mainan ini sudah dikenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan kemudahan di era globalisasi, saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya di toko mainan.
Rubik
Berbentuk apakah bentuk mainan rubik?
Mainan rubik berbentuk kubus
Cobalah menghitung berapa kubus kecil yang menyusun mainan rubik?
Mainan rubik pada gambar memiliki 27 buah kubus.

Ayo Mengamati
Perhatikan pola di bawah ini. (pola bisa ditambah sampai 5)

Kubus ke-1 : 1³ = 1
Kubus ke-2 : 2³ = 8
Kubus ke-3 : 3³ = 27
Kubus ke-4 : 4³ = 64
Kubus ke-5 : 5³ = 125
Kubus ke-6 : 6³ = 216
Kubus ke-7 : 7³ = 343

Kubus ke Panjang RusukBanyaknya Kubus Satuan
111
228
3327
4464
55125
66216
77343

Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Pola apa yang kamu amati?
Pola pertambahan volume kubus akibat pertambahan panjang rusuk.
2. Jika panjang rusuk kubus bertambah, apa yang terjadi pada banyak kubus satuan?
Jika panjang rusuk bertambah maka jumlah kubus satuan juga bertambah banyak.
3. Bagaimana hubungan antara rusuk kubus dengan banyaknya kubus satuan yang menyusunnya?
Panjang rusuk kubus berbanding lurus dengan jumlah kubus satuan. Semakin panjang rusuk kubus, semakin banyak pula jumlah kubus satuan.
4. Rusuk kubus dinamakan r. Banyaknya kubus satuan dinamakan volume atau V. Bagaimana hubungan r dan V?
V = r x r x r
V = r³
5. Tulislah simpulanmu tentang rumus volume kubus.
Rumus volume kubus yaitu rusuk x rusuk x rusuk (r x r x r) atau panjang rusuk pangkat 3 (r³).

Ayo Berlatih
1. Hitunglah volume kubus pada gambar berikut.
Volume Kubus


Soal A
Diketahui : r = 3 cm
Ditanyakan volume
V = 3³
V = 27 cm³

Saoal B.
Diketahui r = 6 satuan
Ditanyakan volume
V = 6³
V = 216 satuan

Soal C.
Diketahui :
Panjang 10 Satuan
Lebar 10 satuan
Tinggi 1 satuan
Ditanyakan volume
V = p x l x t
V = 10 x 10 x 1
V = 100 satuan

Soal D.
V = 3 x 3 + 2
V = 11 satuan

2. Hitunglah panjang rusuk kubus jika volume kubus adalah:
Jika kubus diketahui volumenya, maka untuk mencari rusuk kubus menggunakan akar pangkat 3 dari volume

a. 64 cm³
³√64 = 4 cm

b. 516 cm³
³√516 = 8 cm

c. 125 cm
³√125 = 5 cm

3. Dayu mempunyai tempat air yang berbentuk kubus. Jika panjang rusuk tempat air adalah 50 cm, hitunglah volume tempat air.

Diketahui :
Panjang rusuk kubus 50 cm

Ditanyakan volume tempat air

Jawab :
V = 50³
V = 125.000 cm³

Jadi, volume tempat air Dayu adalah 125.000 cm³.

4. Dina dan Siti mempunyai tempat air berbentuk kubus. Panjang rusuk tempat air Dina dan Siti adalah 30 cm dan 40 cm. Hitunglah selisih volume tempat air Dina dan Siti.

Diketahui :
Panjang rusuk tempat air Dina 30 cm
Penjang rusuk tempat air Siti 40 cm

Ditanyakan selisih volumr tempat air.
Jawab :
Selisih volume tempat air dina dan siti dapat ditentukan dengan cara Volume tempat air Siti – volume tempat air Dina
Selisih = 40³ - 30³
Selisih = 64.000 – 27.000 
Selisih = 37.000 cm³

Jadi, selisih volume tempat air Dina dan Siti adalah 37.000 cm³
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.