Home » » Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku

Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku

Kita berada di era globalisasi. Dapatkah kamu menyebutkan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi yang ada di sekitarmu?

Globalisasi dimulai di abad 20, seiring dengan perkembangan teknologi terutama teknologi di bidang komunikasi. Dengan ditemukannya televisi, komputer, telepon, dan perangkat komunikasi lainnya, menjadikan informasi menjadi sangat cepat diakses oleh semua orang di semua penjuru dunia hanya dalam hitungan detik. Kerana itu globalisasi juga dikatakan sebagai masa yang mampu menembus ruang dan waktu.

Ayo Mengamati 
Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga makanan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?
Globalisasi
NoNama ProdukAsal Negara
1.Batik Indonesia
2.Karpet Turki
4.Boneka Tiongkok
5. Mobil Jepang
6 Jam TanganSwiss
7. SusuSelandia Baru
8. Sepeda MotorJepang
9. Kentucky Fried ChickenAmerika Serikat
10. PizzaItalia

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Diskusikan bersama teman tentang beragam hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang globalisasi. Tuliskan pada kolom berikut!
  1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
  2. Mengapa globalisasi terjadi?
  3. Apa dampak positif dan negatif globalisasi?

Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN.

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia
Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan acara makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri. Tampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagai negara lain.

Tentu saja berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. “It’s for you, a souvenir from Indonesia”, kata Daeng Udjo sang komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.
Sumber: www.kompasiana.com

Cermati pertanyaan berikut berdasarkan artikel berita tersebut
1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini?
Bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asean di masa globalisasi ini dalam bentuk kerjasama ekonomi, politik dan keamanan, serta sosial budaya.
2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?
Dalam bidang ekonomi indonesia melakukan kegiatan ekspor impor dengan sesama anggota Asean, dalam bidang politik dan keamanan misalnya melakukan perjanjian ekstradisi, dalam bidang soaial budaya misalnya melakukan pertukaran budaya.
3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?
Angklung,  menjadi duta Indonesia di luar negeri

Tugas Mandiri
Carilah informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial dan budaya yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Kamu bisa mencari informasi tersebut di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, atau artikel-artikel berita di media elektronik. Tuliskan informasi yang kamu dapat dalam diagram berikut!

Kerjasama berbagai negara ASEAN  di bidang sosial dan budaya dilakukan oleh COSD (Committee on Social Development). Kerja sama sosial budaya antar negara di kawasan Asia Tenggara antara lain meliputi :

Kerjasama Bidang Sosial
  1. Program peningkatan kesehatan (makanan dan berbagai obat).
  2. Penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun sekali (Sea – Games).
  3. Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN Tourism Agreement (ATA).
  4. Penanganan narkoba dan solusinya
  5. Penanggulanan dampak bencana alam
  6. Perlindungan terhadap difabel

Kerjasama Bidang Budaya
  1. Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN.
  2. Pertukaran acara program televisi ASEAN
  3. Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEAN
  4. Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN
  5. Diadakannya kongres pemuda ASEAN.
Bentuk KerjasamaPeran Indonesia
SOSIAL
Program peningkatan kesehatan (makanan dan berbagai obat)Bekerja sama untuk menanggulangi berbagai ancaman penyakit menular seperti virus zika dan MERS CoV
Penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun sekali (Sea – Games)Indonesia menjadi tuan rumah pada 1979, 1987, 1997, dan 2011
Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN Tourism Agreement (ATA)Indonesia sebagai mitra negara negara Asean lainnya dalam promosi pariwisata
Penanganan narkoba dan solusinya Indonesia mendorong dan membentuk badan ASOD (ASEAN Senior Officials on Drugs Matters).
Penangulangan bencana alam Indonesia terpilih menjadi pusat koordinasi bantuan bencana ASEAN
BUDAYA
Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN.Festiva film asean 2019 Raihaanun Raih Penghargaan Aktris Terbaik di Festival Film ASEAN (27 Step of May)
Pertukaran acara program televisi ASEANPemerintah Indonesia dan Malaysia pernah membuat program acara televisi bersama.
Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEANIndonesia yang diwakili oleh Keroncong Bale Art tampil di ASEAN Music Festival 2019 yang berlangsung di kota Hai Phong, Vietnam pada 25-31 Mei 2019 dan meraih medali emas.
Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN Indonesia melakukan Pertukaran Pelajar SMK Antarnegara ASEAN 
Diadakannya kongres pemuda ASEAN Indonesia pernah menyelenggrakan Regional Youth Leaders Conference 2010 di Bina Nusantara (Binus) University.

Kita sering mendengar bahwa abad 20 merupakan abad globalisasi. Berbagai peristiwa dari berbagai belahan dunia dapat kita saksikan langsung melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita dapat berhubungan dengan sanaksaudara, kerabat, atau sahabat yang berada di negara lain dengan mudah. Kita seakan hidup dalam satu desa yang sangat besar.

Ayo Membaca
Baca teks ekplanasi ilimiah berikut dengan teliti.

Menghasilkan Energi Listrik
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut.
Teks Eksplanasi


Paragraf 1 : Topik Masalah
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi.

Paragraf 2 : Deretan Penjelas
Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik .

Paragraf 3 Kesimpulan
Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Energi penggerak turbin berasal dari aliran air, angin, panas bumi, dan sumber energi lainnya.

Ayo Menulis
Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator/dinamo. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator dinamo. Amati gambar pembangkit tenaga listrik mikrohidro berikut

Cermati kembali proses menghasilkan energi listrik pada teks sebelumnya. Tuliskan proses dihasilkannya energi listrik oleh pembangkit listrik mikrohidro. Kamu dapat menambahkan gambar pada tulisanmu.

Proses Menhasilkan Energi Listrik Mikrohidro
Pembangkitan listrik mikrohidro adalah pembangkitan listrik dihasilkan oleh generator listrik DC atau AC. Mikrohidro berasal dari kata micro yang berarti kecil dan hydro artinya air, arti keseluruhan adalah pembangkitan listrik daya kecil yang digerakkan oleh tenaga air. Tenaga air berasal dari aliran sungai kecil atau danau yang dibendung dan kemudian dari ketinggian tertentu dan memiliki debit yang sesuai akan menggerakkan turbin yang dihubungkan dengan generator listrik.

Pembangkit tenaga listrik mikrohidro pada prinsipnya memanfaatkan beda ketinggian dan jumlah debit air per detik yang ada pada aliran air irigasi, sungai atau air terjun. Aliran air ini akan memutar poros turbin sehingga menghasilkan energi mekanik. Energi ini selanjutnya menggerakkan generator dan menghasilkan energi listrik. Berikut gambar proses menhasilkan energi listrik mikrohidro
Mikrohidro
Keterangan gambar:
  1. Aliran sungai, tempat air mengalir.
  2. Saluran pengambilan air adalah saluran yang digunakan untuk mengalirkan air dari sungai menuju kincir air. Kemiringan saluran air ini sekitar 25 derajat.
  3. Kincir air, mengubah energi potensial air menjadi energi gerak. Kincir menerima energi potensial air dan mengubahnya menjadi putaran (energi mekanis). Putaran kincir air dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik.
  4. Penghubung turbin dengan generator/dinamo, penghubung turbin dengan generator atau sistem transmisi energi ekanik ini dapat digunakan sabuk atau puli, roda gerigi atau dihubungkan langsung pada porosnya.
  5. Generator/dinamo, menghasilkan energi listrik dari energi gerak. Generator yang digunakan adalah generator pembangkit listrik AC. Untuk mengubah tegangan menggunakan transformer.
  6. Saluran Transmisi, penyalur energi listrik ke konsumen.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.