Home » » Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Ayo Berlatih
Thailand memiliki hewan yang bernama Owa Pileated. Hewan ini tersebar di hutan Thailand. Pileated hidup di atas pohon. Jumlah kera kerdil ini tinggal 32.000. Negara-negara ASEAN memiliki flora dan fauna langka. Bacalah teks berikut dalam hati.

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu. Bunga ini mempunyai ukuran diameter bunga hampir mencapai 1 meter. Bunga Rafflesia disebut juga bunga bangkai karena baunya yang sangat kuat.

Saat ini Bunga Bangkai terancam punah karena habitat yang terbatas. Pembangunan yang dilakukan oleh manusia berakibat buruk terhadap habitat tanaman ini.

Tanaman dan hewan langka banyak diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Indonesia dan negara-negara yang tergabung di ASEAN bekerja sama untuk ikut melestarikan flora dan fauna langka.
Bunga Raflesia

Negara-negara di Asia Tenggara yang bernaung di bawah ASEAN memiliki kesamaan geografis. Oleh sebab itu, banyak persamaan dari sisi budaya, flora fauna, kegiatan ekonomi, dan politiknya. Kekayaan alam dan budaya negara-negara ASEAN sangat menarik perhatian negara lain.

Ambillah seluruh informasi yang kamu miliki. Tulislah informasi lengkap dari kedua negara ASEAN tersebut meliputi kehidupan sosial budaya, ekonomi,dan politiknya.

1. Kondisi Sosial Budaya
Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihuni oleh beragam suku bangsa dengan budayanya masing-masing. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia. Agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut masyarakat Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara seorang presiden. Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, Belanda, dan Jepang. Salah satu olah raga tradisional Indonesia adalah pencak silat. Bunga melati putih (Jasminum sambac) merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Kebiasaan minum teh di Indonesia pun tidak mengenal waktu khusus.

Bangsa indonesia memiliki budaya gotong royong. Budaya gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.. Indonesia juga memiliki tarian dan kesenian yang sudah dikenal masyarakat dunia seperti tari saman dari aceh dan tari kecak dari Bali. Kesenian yang terkenal antara ain wayang dan Reog Ponorogo

Thailand
Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa. Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Sejak tahun 1800-an, Thailand berubah nama, antara lain Siam (dari bahasa Sansekerta yang artinya gelap atau cokelat) dan Thailand.

Ramakien adalah cerita nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala adalah bagian tubuh yang paling dihormati. Tidak ada orang yang akan berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, bagian kaki dianggap bagian yang paling hina karena dipakai sebagai alat untuk menapak di tanah. Oleh sebab itu, kaki tidak boleh dihadapkan ke patung suci atau orang lain.

Indonesia dan Thailand memiliki tradisi minum teh. Di beberapa daerah di Indonesia, kebiasaan minum teh dilakukan secara turun temurun. Salah satunya adalah teh yang diseduh di poci. Oleh sebab itu, teh tersebut dinamakan dengan teh poci. Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh tersebut dinamakan Thai Ice Tea dan disajikan dingin.

Pohon bunga ratchaphruek (Cassia fistula) bagi masyarakat Thailand, merupakan bunga yang melambangkan persatuan dan harmoni dalam kebersamaan.

2. Kondisi Ekonomi
Indonesia
Sebagai negara kepulauan terbesar di kawasan ini, Indonesia memiliki ragam sumber daya alam yang sangat kaya. Banyak hal yang dapat dikembangkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi Indonesia. Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu.

Pertambangan menjadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia. Keindahan alam Indonesia pun merupakan daya tarik yang menjadi sumber devisa negara dari sektor pariwisata.

Thailand
Thailand sering disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang merupakan hasil per tanian terbesar dari negara ini. Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri juga merupakan kegiatan ekonomi penduduk

Thailand. Saat ini, penghasilan utama Thailand adalah sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.

3. Kondisi Politik
Indonesia
Kepala Negara Presiden Joko WidodoJumlah Penduduk 253.609.643 jiwa (2014)
Ibu Kota JakartaHari Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Bahasa IndonesiaLagu Nasional Indonesia Raya
Mata Uang Rupiah (IDR)Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Luas Wilayah 1.904.569 km²Kode Telepon +62
Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah terbesar di Asia Tenggara. Negara kepulauan ini memiliki kurang lebih 17.000 pulau. Fakta geografis ini membuat warga Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, dan budaya. Ada ratusan suku serta ratusan dialek di seluruh wilayah Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diambil dari tradisi serta nilai-nilai bangsa. Nilai-nilai ini dianggap mampu menjadi landasan perilaku bangsa yang beragam latar belakang etnis dan budayanya.
Thailand
Kepala Negara Maha Vajira LongkoinJumlah Penduduk 67.741.401 jiwa (2014)
Ibu Kota BangkokHari Kemerdekaan Tidak pernah dijajah
Bahasa ThaiLagu Nasional Phleng Chat Thai
Mata Uang Baht (THB)Semboyan Chat, Satsana, Phra Maha Kasat
Luas Wilayah 513.120 km²Kode Telepon +66
Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Dahulu dikenal sebagai “Siam”. Thailand sendiri memiliki arti “Tanah Kebebasan”. Sejak 1932, Thailand menganut sistem monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja. Raja kemudian memilih perdana menteri dari anggota dewan perwakilan. Thailand mulai dihuni oleh manusia diperkirakan pada 2000 tahun sebelum Masehi. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya situs arkeologi di Ben Chiang.

Ayo Berkreasi
Sudah siapkah patungmu? Lanjutkan mewarnai patungmu. Setelah selesai, perlihatkan kepada gurumu. Letakkan meja di depan kelasmu. Kumpulkan patungmu dan patung teman-temanmu. Susunlah patung-patung tersebut di atas meja. Ajak adik kelasmu untuk menikmati keindahan patung-patung tersebut.

Ayo Berlatih
Gunakan angka-angka 4, 6, dan 5 untuk membuat soal cerita. Soalmu harus memuat paling sedikit dua operasi hitung berbeda.
Dayu memiliki 4 pak buku tulis, masing-masing pak berisi 10 buah buku tulis. Kemarin Dayu membeli lagi sebanyak 6 buah buku. Dayu memberikan 5 buah buku kepada adiknya. Hitunglah sisa buku yang dimiliki Dayu!
Cara menjawab :
= (4 x 10) + 6 - 5
= 40 + 6 - 5
= 46 - 5
= 41

Jadi, sisa buku Dayu adalah 41 buah buku tulis.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:30 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.