Home » » Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Menyayangi hewan adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mencintai satwa berarti menjaga sumber daya alam dan menjaga kelestarian bumi Indonesia. Hewan merupakan makhluk ciptaan Tuhan. Hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang perlu makan dan perlu perhatian. Dengan memiliki binatang peliharaan diharapkan dapat belajar untuk disiplin dalam memberi makan, memandikan maupun mengajak binatang peliharaannya berjalan-jalan. Seperti pada cerita yang ada di bawah ini.

Ayo Berdiskusi
Bacalah cerita berikut.
Komik Edo

Tuliskan pendapatmu mengenai sikap yang ditunjukkan oleh Edo terkait penerapan sila Pancasila.
Sikap yang ditunjukkan Edo terkait penerapan sila kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Edo berlaku adil terhadap sesama manusia, terhadap diri sendiri, alam sekitar dan terhadap Tuhan. Perlakuan adil terhadap alam sekitar termasuk menyayangi binatang/hewan dan tumbuhan.

Komik adalah cerita bergambar. Isinya berupa gambar-gambar yang disusun berurutan dan saling berhubungan. Komik memiliki balon katakata (dialog).

Pikirkan satu contoh penerapan salah satu sila Pancasila dalam kehidupanmu sehari-hari kemudian buatlah menjadi sebuah komik. Kamu bisa melihat contoh komik yang ada di atas. Simpanlah karyamu.
Komik Menyayangi Hewan


Ayo Menulis
Di pembelajaran sebelumnya, temanmu sudah memberi komentar pada kesimpulan yang kamu buat. Ambillah komentar temanmu. Pelajari lagi komentarnya. Diskusikan dengan temanmu atas komentarnya. Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya.

Bunga Melati putih berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia.

Melati putih mempunyai bentuk mahkota yang sederhana dan berwarna putih. Aromanya yang lembut menenangkan. Pemeliharaan melati cukup mudah.

Susunan bunga melati menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga.
Bunga melati putih ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia. Melati putih mempunyai bentuk mahkota yang sederhana dan berwarna putih, serta susunan bunga menyirip dan berhadapan.

Ayo Berlatih
Indonesia memiliki beragam sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Banyak penduduk Indonesia yang membudidayakan sayuran dan menjualnya ke pasar.

Pak Ardi adalah salah satu penjual sayur yang sangat sukses. Ia sudah memulai usaha sayuran selama 15 tahun.

Hari ini Pak Ardi mengajak 45 warganya piknik, termasuk di dalamnya 3 nenek dan 2 kakek. Pak Ardi berencana menggunakan mobil miliknya. Pak Ardi ingin bagian depan diisi oleh seorang nenek atau seorang kakek. Bagian depan mobil hanya bisa diisi oleh 2 orang saja, 1 pengemudi dan 1 penumpang.

Berapa jumlah warga yang duduk di setiap mobil termasuk penumpang di depan?

Diketahui :
Ada 45 orang yang akan piknik.
Jumlah penumpang di depan 5 oramg
Jumlah mobil pak Ardi adalah 3 + 2 = 5 mobil karena bagian depan diisi oleh seorang nenek atau seorang kakek

Ditanyakan : Berapa jumlah warga yang duduk disetiap mobil termasuk penumpang di depan?
Jawab :
Jumlah warga yang duduk di setiap mobil dapat dicari dengan penjumlahan antara penumpang yang duduk dibelakang dengan penumpang yang duduk di depan. Maka, jumlah warga yang duduk di setiap mobil adalah :
= ((45 - 5) : 5) + (5 : 5)
= (40 : 5) + (5 : 5)
= 8 + 1
= 9

Jadi jumlah warga yang duduk di setiap mobil ada 9 orang.

Amatilah soal berikut!
9 + 3 × 6 - 4 = 23
Buatlah soal cerita dengan menggunakan operasi hitung di atas.
Bu Niken memiliki 9 ekor ayam untuk dijual di pasar esok pagi. Anaknya, Edo, datang membawa 3 keranjang yang masing-masing berisi 6 ekor ayam. Keesokan paginya, ternyata ada 4 ekor ayam yang mati. Berapakah jumlah ayam yang dapat dijual oleh Bu Niken pada hari itu?

Sayur dan buah-buahan dapat kita manfaatkan dalam kehidupan. Namun, kita harus menjaga kelestariannya agar kita dapat terus menikmati manfaatnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.