Home » » Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Mengapa persatuan dan kesatuan penting? Apa yang akan terjadi jika Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu?

Ayo Membaca
Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar, “Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional.

Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Perbedaan yang ditemukan dalam cerita diatas diantaranya perbedaan warna kulit, adat, suku bangsa, kebiasaan, bahasa, dan agama.
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak menghalangi mereka untuk bekerja sama. Mereka anggap perbedaan bukan sebagai masalah dan semua akrab bermain bersama.
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda adalah wawasan mereka akan semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Perbedaan yang ada tidaklah menjadi penghalang agi Edo dan kwan-kawan untuk tetap hidup rukun berdampingan dan bekerjasama. Perbedaan yang ada justru makin menguatkan kita untuk bersatu
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Pernah! Kita bekerjasama dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI seperti menghias kampung, kerja bakti dan sebagainya.
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Perbedaan yang ada tidaklah menjadi penghalang untuk kita tetap hidup rukun berdampingan dan bekerjasama.
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Kerjasama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat memberi manfaat diantaranya dapat mempererat persaudaraan, menumbuhkan semangat persatuan, pekerjaan bisa lebih cepat selesai, dan pekerjaan menjadi lebih ringan.

Ayo Berdiskusi
Setelah mempelajari bagaimana siswa di SDN Nusantara menjalin kerja sama dan persatuan dalam keseharian mereka, sekarang saatnya kamu menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam sebuah drama.

Buatlah naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok!
Judul : Bekerjasama Membangun Persatuan
Tema : Persatuan Indonesia
Pemeran : Edo, Udin, Wawan, dan Asep
Karakter : Edo (bijaksana), Udin (Kritis), Wawan (ceria), Asep (penyabar)

Sinopsis Drama :
Suatu ketika di rumah Edo berkumpulah empat orang siswa yang sedang membahas tentang kerja kelompok. Kempat orang tersebut adalah Edo, Udin, Wawan, dan Asep. Mereka berempat mendapat tugas membuat patung dari guru kelas.

Dialog Drama :
Edo:Din, apa usulmu tentang tugas membuat patung yang ditugaskan Pak Guru?
Udin:Begini, Do orang tuaku kan berasal dari Jawa Barat. Bagaimana kalau kita membuat patung Cepot saja? Bagaimana pendapat yang lain?
Wawan:Kalau aku sih, Oke-oke saja membuat patung Cepot. Aku hanya khawatir kira-kira patung tersebut bisa selesai dalam waktu seminggu atau tidak.
Asep:Aku setuju dengan Wawan. Bagaimana dengan kamu Do?
Edo:Aku juga setuju, masalahnya kita harus berbagi tugas agar patung tesebut bisa selesai dalam waktu seminggu. Bagaimana Wan?
Wawan:Sebaiknya memang harus berbagi tugas Do.
Udin:Baiklah kita berbagi tugas saja. Bagaimana jika saya dan Edo yang menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Sementara Wawan dan Asep yang mengerjakan pembuatan patung?
Asep:Ide bagus tuh, Kamu bagaimana Wan?
Wawan:Saya setuju dengan pendapat Udin.
Edo:Baiklah jika seperti itu. Namun saya mengingatkan meski kita berbagi tugas bukan berarti yang lain tidak ikut membantu saat yang lain membutuhkan ya!
Udin:Saya siap membantu siapapun yang membutuhkan. Kita memang perlu bekerjasama agar pekerjaan cepat selesai. Bagaimana kawan-kawan?
Edo:Dengan kerjasama perkerjaan yang berat bisa menjadi lebih ringan, itulah manfaatnya persatuan Oke!
Mereka pun akhirnya berpamitan pulang ke rumah masing-masing.

Ayo Berkreasi
Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan juga penting ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok? Apakah kamu masih ingat tentang pola lantai ketika menari? Jelaskan!

Amati gambar dan baca penjelasannya!
Pola lantai dalam tari Indang:
  1. Tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.
  2. Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).
  3. Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama 3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).
  4. Ulangi gerakan nomor 2.
  5. Ulangi gerakan nomor 3
  6. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  7. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
  8. Ulangi gerakan nomor 6.
  9. Ulangi gerakan nomor 7.
  10. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  11. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
Tari Indang

Tari indang biasanya ditampilkan secara berkelompok, sehingga diperlukan panggung yang luas. Panggung di sekolahku memiliki panjang 4,5 meter, lebar 3,5 meter, dan luas 15,75 m2. Panggung tersebut cukup menampung kelompok tari di kelasku.

Ayo Berlatih
Ukuran panggung di sekolah Edo dinyatakan dalam bentuk bilangan desimal.
Apa yang kamu ketahui tentang bilangan desimal tersebut? Jelaskan!
Bilangan desimal adalah bilangan yang mempunyai penyebut khusus, yaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya.
Jelaskan setiap angka yang terdapat pada bilangan tersebut!
Angka 4,5 memiliki 4 angka satuan dan 5 angka persepuluhan, angka 3, 5 memiliki 3 angka satuan dan 5 angka persepuluhan, dan angka 15, 75 memiliki 1 puluhan 5 satuan, 7 persepuluhan dan 5 perseratusan.
Sekarang perhatikan bilangan berikut!
4,412

Bilangan desimal adalah bilangan yang mempunyai penyebut khusus, yaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya. Perhatikan nilai tempat untuk bilangan bulat dan bilangan desimal berikut!
Nilai Tempat Desimal

Perhatikan penjelasan berikut!
  1. 4,412 Angka 4 menunjukkan bilangan satuan.
  2. 4,412 Angka 4 menunjukkan bilangan per sepuluhan. Nilainya 0,4.
  3. 4,412 Angka 1 menunjukkan bilangan per seratusan. Nilainya 0,01.
  4. 4,412 Angka 2 menunjukkan bilangan per seribuan. Nilainya 0,002.
Sehingga, 4,412 terdiri atas:
4 satuan + 4 per sepuluhan + 1 per seratusan + 2 per seribuan
= 4 + 0,4 + 0,01 + 0,002

Ayo Berlatih
Gunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai masing-masing bilangan berikut!
1. 3,654
RatusanPuluhanSatuanPer
Sepuluhan
Per
Seratusan
Per
Seribuan
001654
0010,60,050,004

2. 32,876
RatusanPuluhanSatuanPer
Sepuluhan
Per
Seratusan
Per
Seribuan
032876
03010,80,070,006

3. 0,963
RatusanPuluhanSatuanPer
Sepuluhan
Per
Seratusan
Per
Seribuan
000963
0000,90,060,003

4. 324,123
RatusanPuluhanSatuanPer
Sepuluhan
Per
Seratusan
Per
Seribuan
324123
3002040,10,020,003

5. 863,247
RatusanPuluhanSatuanPer
Sepuluhan
Per
Seratusan
Per
Seribuan
863247
8006030,20,040,007

Tulislah kesimpulanmu tentang bilangan desimal!
Bilangan desimal adalah bilangan yang mempunyai penyebut khusus, yaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:44 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.