Home » » Keterampilan Gerak Dasar Senam Ketangkasan Menggunakan Alat

Keterampilan Gerak Dasar Senam Ketangkasan Menggunakan Alat

Senam ketangkasan merupakan rangkaian gerakan senam yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu maupun tanpa alat bantu. Keterampilan gerak dasar senam ketangkasan meliputi gerakan melompati peti lompat dan melompati kuda-kuda lompat.

Senam ketangkasan merupakan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan fisik dan kemampuan gerak seseorang. Melalui kegiatan senam lantai peserta dapat mengembangkan daya tahan otot, kekuatan, kelincahan, kelentukan, keseimbangan, dan koordinasi.

Kegiatan pemanasan perlu dilakukan sebelum berolahraga. Lakukan pemanasan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pemanasan untuk otot leher sebagai berikut : Gelengkan leher ke kiri dan tahan selama 8 hitungan, Gelengkan leher ke kanan dan tahan selama 8 hitungan, Anggukkan kepala dan tahan selama 8 hitungan, Tengadahkan kepala dan tahan selama 8 hitungan.
  2. Pemanasan untuk otot bahu sebagai berikut : Sikap awal berdiri tegak. Rentangkan kedua lengan ke samping, Putar lengan ke depan. Putar selama 8 kali hitungan, Putar lengan ke belakang. Putar selama 8 kali hitungan.
  3. Pemanasan untuk otot pinggang sebagai berikut : Sikap awal berdiri tegak. Kedua tangan berada di pinggang. Ayun-ayunkan badanmu ke kiri. Lakukan selama 8 hitungan, Ayun-ayunkan badanmu ke kanan. Lakukan selama 8 hitungan.
  4. Pemanasan untuk otot punggung sebagai berikut : Sikap awal bungkukkan badanmu. Kedua lengan menjuntai ke bawah hingga menyentuh lantai, dan Gerak-gerakkan badanmu ke bawah selama 8 hitungan.

Adapun keterampilan gerak dasar senam ketangkasan dapat dipelajari dalam pembahasan berikut.

1. Berlari dan Melompati Peti Lompat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melopati peti lompat, yaitu awalan tolakan dua kaki, cara mengambil awalan, cara melewati peti dan sikap mendarat yang baik saat melakukan latihan senam yang satu ini.

Pertama, lakukan lompatan dengan peti lompat yang rendah. Setelah itu, tingkatkan ke peti yang lebih tinggi. Dari sikap berdiri, posisikan dua tanganmu di peti lompatan lalu tolakkan kedua kakimu selebar dan setinggi mungkin. Lakukan hal ini secara berulang-ulang. Setelah mampu melakukan lompatan dengan baik maka selanjutnya adalah sebagai berikut :
  1. Berlari cepat mungkin.
  2. Lakukan gerak melompati peti lompat. saat melompat, bertumpulah pada peti menggunakan kedua tangan.
  3. lakukan dorongan ke peti agar badan tidak menyentuh peti.
  4. Buka kedua kaki selebar mungkin saat melewati peti.
  5. Saat melayang, kaki kembali di rapatkan untuk bersiap mendarat.
  6. Condongkan bandan ke depan dan pandangan mengarah ke depan.
  7. Mendarat menggunakan kedua kaki. kaki sedikit ditekuk untuk mengurangi benturan. kedua tangan diayunkan ke depan untuk menjaga keseimbangan.
  8. Berdirilah dengan sikap tegak untuk mengakhiri rangkaian gerakan.
Amatilah kombinasi gerak berlari dan melompati peti lompat seperti gambar di bawah ini.
Lompat Peti
2. Melompati Kuda-Kuda Lompat
Kuda – kuda lompat adalah nomor senam yang terlihat lebih mudah dilakukan dari pada nomor lainnya. Dilihat dari bentuknya, kuda-kuda lompat berbentuk seperti kuda tanpa kepala dengan empat kaki. Cara melakukan kuda-kuda lompat antara lain sebagai berikut :
  1. Awalan dilakukan dengan gerakan berlari dengan kecepatan penuh mulai dari start hingga titik lompat.
  2. Melakukan tolakan dengan kedua kaki secara bersamaan. Lakukan tolakan dengan kekuatan penuh dan diikuti dengan ayunan tangan dari bawah kedepan atas. 
  3. Ketika melakukan tolakan buka tungkai selebar-lebarnya kearah kanan kiri.
  4. Pada saat kedua tangan menyentuh peti lompat, lakukan tolakan lagi dengan menggunakan kedua tangan tersebut.
  5. Saat melayang, kaki kembali di rapatkan untuk bersiap mendarat.
  6. Pendaratan dilakukan dengan kedua ujung kaki secara bersamaan. Lutut mengeper dengan tangan lurus keatas untuk menjaga keseimbangan.
Kuda-kuda
Manfaat senam ketangkasan antara lain memengaruhi daya tahan jantung dan paru-paru, daya tahan otot, kekuatan otot, kelentukan, komposisi tubuh, kecepatan gerak, kelincahan, keseimbangan, kecepatan reaksi, dan koordinasi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.