Home » » Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Voli

Kombinasi Gerak dalam Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan salah satu jenis permainan yang mampu menciptakan kemeriahan. Permainan ini sering diperlombakan di daerah untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Melalui kegiatan ini, semangat nasionalismemu akan tumbuh.

Dalam permainan bola voli, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Ketiga gerak ini dapat dikombinasikan dalam permainan bola voli. Sebagai langkah awal pembahasan materi kombinasi gerak dasar dalam permainan bola voli,

Gerak dasar digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam melakukan aktifitas olahraga. Dalam olahraga sepak bola, terdapat ketiga unsur gerak dasar tersebut, yakni.
  1. Gerak lokomotor. Gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan dan ditandai dengan adanya perpindahan tempat dari satu tempat ke tempan yang lain. Dalam permainan bola voli, gerak lokomotor sangat diperlukan untuk dapat menunjang pergerakan setiap pemain di lapangan. Contoh dari gerak lokomotor pada olahraga bola voli adalah berjalan, berlari mengejar bola, dan melompat melakukan smash.
  2. Gerak non lokomotor. Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan dan ditandai tanpa adanya perpindahan tempat atau minim terjadinya perpindahan tempat. Gerak non lokomotor biasa digunakan untuk melakukan pemanasan atau pendinginan dalam berbagai macam olahraga. Contoh dari gerak non lokomotor pada olahraga bola voli adalah mengayunkan tangan, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan dan menekuk kaki.
  3. Gerak manipulatif.. Gerak manipulatif adalah gerakan yang dilakukan dengan memerlukan sebuah alat bantu. Dalam permainan bola voli, gerakan mainpulatif lebih banyak digunakan oleh para pemain. Contoh dari gerak manipulatif pada olahraga bola voli adalah melempar bola, memukul bola, dan memblok bola, memantulkan bola, dan mendorong bola.

Bola voli merupakan permainan beregu yang mengutamakan kerja sama tim. Setiap pemain bola voli dituntut memiliki keterampilan dan menguasai gerak dasar permainan bola voli. Salah satu gerak dasar yang harus dikuasai pemain bola voli ialah mengoper bola (passing).

1. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Bawah
Gerak passing dapat dilakukan tanpa berpindah tempat. Gerak passing tanpa berpindah tempat dilakukan dengan mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak passing juga dapat dilakukan dengan berpindah tempat.

Gerakan passing bawah merupakan bentuk pukulan bola menggunakan lengan bawah untuk memantulkan bola. Passing bawah dilakukan dengan tujuan agar bola melambung dan memudahkan teman menerima atau memukul bola kembali

Pada passing bawah, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan termasuk contoh gerak nonlokomotor. Memantulkan bola menggunakan lengan termasuk contoh gerak manipulatif.

2. Kombinasi Gerak Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing Atas
Passing atas merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola voli kepada teman satu timnya dengan menggunakan teknik tertentu untuk merancang strategi penyerangan.

Saat melakukan passing atas, kamu dapat mengombinasikan gerak nonlokomotor dan manipulatif. Gerak nonlokomotor ditunjukkan dengan menekuk kaki dan mengayun lengan ke atas. Gerak ini dilakukan tanpa berpindah tempat. Adapun gerak manipulatif dilakukan dengan mendorong bola ke atas depan.

3. Mempraktikkan Gerak Dasar Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing
Passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli mengombinasikan gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerakan passing juga memerlukan konsentrasi dan koordinasi.
Pasing atas dan Bawah

a. Passing Bawah
Pada passing bawah, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan merupakan contoh gerak nonlokomotor. Memantulkan bola menggunakan lengan merupakan contoh gerak manipulatif. Passing bawah dapat dilakukan dengan cara berikut.
  1. Carilah pasangan untuk melakukan aktivitas ini. Setiap pasangan saling berhadapan sejauh 3 meter.
  2. Lambungkan bola ke arah pasanganmu. Pasangan memantulkan bola dengan cara mengayunkan lengan bawah untuk diarahkan kepada temanmu. Bola yang dimainkan tidak boleh terjatuh menyentuh tanah.
  3. Setiap pasangan tidak diperkenankan berpindah tempat. Aktivitas passing bawah ini dilakukan selama + 5 menit.
  4. Amati gerakan temanmu, kemudian bandingkan dengan gerakanmu. Kemukakan perbandingan gerakanmu kepada gurumu.

b. Passing Atas
Pada passing atas, gerakan mendorong kedua lengan ke atas dan ke depan merupakan contoh gerak nonlokomotor. Memantulkan bola menggunakan lengan merupakan contoh gerak manipulatif.  Passing atas dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Siswa mencari pasangan untuk melakukan passing atas. Setiap pasangan saling berhadapan sejauh 3 meter.
  2. Siswa melambungkan bola atas ke arah pasangan dengan menggunakan jari-jari dan telapak tangan di atas kepala. Pasangan memantulkan bola ke atas dengan mendorong kedua lengan atas. Bola diarahkan kepada pasangannya. Bola yang dimainkan tidak boleh menyentuh tanah.
  3. Setiap pasangan tidak diperbolehkan berpindah tempat. Aktivitas passing atas ini dilakukan selama + 5 menit.
  4. Amati gerakan temanmu kemudian bandingkan dengan gerakanmu. Kemukakan perbandingan gerakanmu kepada gurumu.

Beberapa gerakan lain dalam Permainan Bola Voli antara lain sebagai berikut

Smash.
Smash adalah gerakan memukul bola di atas net dengantujuan untuk menghasilkan poin. Dalam permainan bola voli, teknik smash dilakukan oleh pemain yang berposisi sebagai smasher. Smash atau pukulan keras merupakan bentuk sebuah serangan yang paling banyak digunakan dalam upaya untuk mendapatkan poin dalam suatu tim. Seorang smasher sudah seharusnya menguasai teknik ini dengan baik, karena teknik ini inilah yang sangat efektif untuk mematikan bola di lapangan lawan.

Servis.
Servis adalah pukulan yang diakukan sebagai tanda untuk memulai permainan. Teknik servis dilakukan di awal pertandingan dan ketika terjadi penambahan poin bagi setiap tim. Servis merupakan serangan pertama yang dilakukan kepada pemain lawan.

Servis dilakukan dengan cara pemain berdiri pada garis belakang lapangan dengan melempar bola di udara. Bola kemudian dipukul melewati net ke arah bidang permainan lawan. Pemain harus berusaha mengarahkan bola ke pemain yang terlihat lemah agar tidak dapat diterima dengan baik. Dengan situasi tersebut, tim yang melakukan pukulan servis dapat memperoleh poin tambahan.

Block.
Teknik block adalah gerakan yang dilakukan untuk membendung serangan lawan. Teknik block dilakukan oleh pemain yang berposisi dekat dengan net, yakni smasher dan tosser.

Block merupakan benteng utama untuk menangkis serangan bola yang datang dari arah lawan, keberhasilan block ini ditentukan oleh ketinggian saat melompat dan jangkauan tangan pada bola yang dipukul oleh lawan .
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.