Home » » Pembelajaran 6 Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Pembelajaran 6 Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan. Hak dan Kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban.

Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera. Kita sebagai warga negara harus mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dengan cermat! Diskusikan dengan teman di sebelahmu! Berasal dari manakah Edo? Dengan siapa ia berfoto? Dari mana asal mereka?
Edo Dari Papua
Edo berasal dari Papua. Edo berfoto bersama teman-temannya yang berasal dari daerah yang berbeda.

Ayo Menulis
Edo bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Banyak hak telah ia peroleh. Ia juga telah melaksanakan kewajibannya. Tuliskan kewajiban dan hak Edo pada bagan berikut!

KewajibanHak
Di RumahSaling menghormati sesama anggota  keluarga.Mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua.
Di SekolahMematuhi akan tata tertib dan peraturan di sekolahMendapatkan pendidikan dan pengajaran di sekolah.
BertetanggaSaling menghargai dan saling menolong.Mendapatkan bantuan saat mengalami kesusahan.
Warga NegaraMematuhi peraturan perundang-undangan yang berlakuMemperoleh perlindungan dari aparat keamanan

Ayo Bercerita
Kita adalah orang Indonesia. Sebagai warga negara kita wajib berbuat baik kepada sesama. Menjaga lingkungan kita merupakan salah satu contoh berbuat baik untuk negara. Bagaimanakah cara kamu berbuat baik untuk negara?

Ceritakan pengalamanmu bagaimana cara berbuat baik untuk negara! Sampaikan di depan kelas!

Kata dapat berbuat baik kepada negara dengan berbagai cara. Berbuat baik kepada negara bisa diwujudkan dengan hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya saja belajar dengan giat, mencintai dan menjaga lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada.

Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah dengan belajar dengan baik. Belajar dengan baik akan menambah pengetahuan kita. Belajar dengan baik bisa mendapatkan nilai yang terbaik serta bisa menjadi orang yang berguna untuk masa depan bangsa/negara.

Ayo Berlatih
Sebentar lagi hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Edo juga ikut merayakan. Mereka akan menghias sekolah seindah mungkin. Edo dan teman-temannya juga ingin menghias kelas dengan indah.
Menghias Kelas

Jika di sekolah tersebut ada ada 6 kelas, tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan, dan berapa jatah setiap kelasnya. Ambil bilangan yang dapat habis dibagi banyaknya kelas ( 6 ), misalnya 36, 42, 60.

Jika banyaknya bendera 60 maka setiap kelas akan mendapat 10 bendera. 10 diperoleh dari 60 di bagi 6 (banyak kelas).

Jika banyak kelas adalah 12, maka tentukan banyaknya bendera dengan bilangan yang habis di bagi 12, dan seterusnya.

Edo dan teman-temannya menghias kelas dengan bendera Merah Putih. Sekolah menyediakan bendera Merah Putih plastik. Jumlah kelas di sekolah Edo ada 12. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan!
Banyak BenderaDibagiJatah/KelasSama
Dengan
Banyak Kelas
360:30=12
600:50=12
840:70=12
960:80=12
1.080:90=12

Ayo Mencoba
Apakah kamu pernah menghias kelasmu dengan Bendera Merah Putih dari plastik? Buatlah cerita seperti di sekolah Edo! Tulis banyak kelas di sekolahmu! Tentukan jatah bendera untuk setiap kelasnya! Tentukan banyak bendera yang harus disiapkan sekolah!

Dayu dan teman-temannya akan mengadakan perlombaan memperingati Hari Kemerdekaan di sekolah. Salah satu lomba yang akan dilaksanakan yaitu membawa kelereng menggunakan sendok. Sekolah menyediakan kelereng yang akan digunakan untuk lomba. Jumlah kelas di sekolah Dayu ada 6. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya kelereng yang dibutuhkan!
Banyak KelerengDibagiJatah/KelasSama
Dengan
Banyak Kelas
480:80=6
510:85=6
440:90=6
570:95=6
600:100=6

Ayo Membaca
Bangga Menjadi Orang Indonesia

Edo berasal dari Papua. Ia sangat senang menjadi warga negara Indonesia. Ia berbeda suku dengan teman-temannya. Ia juga berbeda agama, tetapi mereka selalu bersatu.

Edo harus mencintai negaranya. Edo belum banyak tahu tentang Indonesia. Ia berusaha mengenal Indonesia. Ia banyak membaca buku tentang Indonesia. Ia berwisata ke berbagai tempat. Ia juga mengunjungi museum. Ia menggunakan barang buatan Indonesia. Edo sangat bangga menjadi orang Indonesia.

Ayo Mencoba
Amati teks “Bangga Menjadi Orang Indonesia”! Sebutkan masalah yang Edo hadapi! Jelaskan cara Edo menyelesaikan masalah! Sampaikan juga saran dengan bahasamu sendiri! Jelaskan kepada teman-temanmu!

Masalah yang Edo Hadapi :
Edo belum banyak tahu tentang Indonesia.

Cara Edo menyelesaikan masalah :
  1. Edo berusaha mengenal Indonesia.
  2. Edo banyak membaca buku tentang Indonesia.
  3. Edo berwisata ke berbagai tempat.
  4. Edo juga mengunjungi museum.
  5. Edo menggunakan barang buatan Indonesia.
  6. Edo sangat bangga menjadi orang Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia Edo sebaiknya lebih mengenal negaranya sehingga bisa lebih mencintai negara ini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.