Home » » Pembelajaran 3 Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

Pembelajaran 3 Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

Cuaca adalah keadaan udara di tempat tertentu. Sedangkan Iklim merupakan keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan dalam waktu yang lama (sekitar 11-30 tahun).

Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan membuat karya 3 dimensi.

Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani, Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

Ayo Mencoba
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.
Potongan Kain

Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan 1/6 bagian kain berbentuk persegi panjang.

Sekarang, Edo menggunting kain yang lain menjadi delapan bagian berbentuk segitiga. Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain.
Potongan Kain 2
Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.

Ayo Berlatih
Apakah kamu masih ingat cara mengurangkan pecahan berpenyebut sama? Perhatikan kembali cara Edo memotong kain dan membaginya kepada teman-teman.

Lakukan pengurangan pecahan berpenyebut sama untuk soal-soal berikut. Isilah jawaban pada tempat yang tersedia. Beri warna pada gambar sesuai dengan jawabanmu.
Pengurangan Pecahan
1.3-13 - 1= 2
3333
2.7-67 - 6= 1
7777
3.7-47 - 4= 3
9999
4.4-34 - 3= 1
11111111
Ayo Berdiskusi
Edo dan teman-teman telah selesai menyiapkan kain. Sambil beristirahat sejenak, mereka berbincang tentang kedatangan Pak Tono.

Mereka mengingat kembali informasi tentang cuaca, musim, dan iklim yang telah mereka dapatkan. Informasi ini akan mereka sampaikan esok saat berjumpa dengan Pak Tono.

Berikut percakapan mereka!
Dayu:Saya masih ingat informasi tentang musim dan iklim. Informasi ini saya baca dari buku di perpustakaan.
Siti:Apa isi informasi itu?
Dayu:Isinya tentang letak Indonesia di garis khatulistiwa. Juga tentang pengaruh iklim di Indonesia. Ada juga Informasi tentang musim kemarau dan musim hujan.
Beni:Iya, betul. Informasi yang saya baca tentang waktu terjadinya musim kemarau dan musim hujan.
Siti:Saya masih ingat informasi dari Udin. Informasinya berisi tentang perbedaan cuaca dan iklim.
Udin:Betul, Siti. Informasi itu juga menceritakan perubahan cuaca di sebuah kota.
Lani:Sepertinya kita sudah siap bertemu dengan Pak Tono. Edo, apakah kamu punya informasi untuk diceritakan?
Edo:Tentu saja. Nanti kita bercerita di depan Pak Tono, ya.
Informasi apa yang kamu peroleh tentang cuaca, musim, dan iklim? Ceritakanlah di hadapan teman-temanmu. Lakukan secara bergiliran.

Cuaca
Cuaca adalah keadaan udara di tempat tertentu. Cuaca diamati dalam waktu yang singkat. Keadaan cuaca mudah berubah-ubah. Misalnya siang hari cuaca cerah namun pada sore hari cuaca berubah menjadi mendung.

Iklim
Iklim merupakan keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan dalam waktu yang lama . Iklim bersifat stabil dan tidak mudah berubah. Iklim di suatu tempat dipengaruhi letak tempat tersebut di bumi. Iklim yang berbeda menimbulkan musim yang berbeda.

Ayo Berkreasi
Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing. Ibu Edo lalu mengingatkan kembali cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
Tusuk Feston
  1. Langkah 1, cara menusukkan jarum pada kain.
  2. Langkah 2, mulai menjahit dengan teknik feston.
  3. Langkah 3, Jahitlah seluruh pinggiran kain.
Sekarang, semua potongan bagian kain siap ditempel di kain utama.

Ayo Mencoba
Edo dan teman-teman telah selesai menempel semua potongan bagian kain. Lihatlah karya mereka. Cobalah untuk membuat sebuah karya bersama teman-temanmu. Mintalah bantuan orang dewasa jika membutuhkan bantuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.