Home » » Pembelajaran 5 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Pembelajaran 5 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Ayo Membaca
Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?

Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya. Lantai tampak kotor dan berbau tidak sedap. Ada kotoran ayam di lantai. Sejak pagi sudah tiga kali ibu membersihkan teras. Keluarga Siti tidak memelihara ayam. Ayam tetangga sering masuk ke rumah Siti. Ayam itu juga masuk ke rumah yang lain.

Jika kita memiliki hewan peliharaan, kita wajib menjaganya dengan baik. Hewan peliharaan dijaga dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan.

Apabila kita memiliki hewan peliharaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, jangan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Kedua, memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Ketiga, menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaan. Keempat, membersihkan hewan peliharaan dan kandangnya secara teratur. Hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, membuat lingkungan menjadi nyaman.
Memelihara Hewan
Amati teks tentang masalah hewan peliharaan! Temukan kalimat penyelesaian masalah! Jelaskan maksudnya! Tulislah kalimat penyelesaian masalah pada teks!

Beberapa kalimat yang menunjukan penyelesaian masalah antara lain sebagai berikut.
  1. Jangan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Maksudnya kita tidak boleh membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di lingkungan rumah tetangga.
  2. Memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Maksudnya hewan peliharaan harus diberi makan supaya dapat berkembang dengan baik.
  3. Menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaan. Maksudnya hewan peliharaan harus memiliki kandang sebagai tempat tinggal.
  4. Membersihkan hewan peliharaan dan kandangnya secara teratur. Maksudnya hewan yang kita pelihara harus dibersihkan, misalnya dengan cara memandikan hewan.

Ayo Bercerita
Setiap orang wajib menjaga kenyamanan lingkungan. Apabila kita memiliki hewan peliharaan ada kewajiban yang harus dilakukan. Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti gambar di bawah ini?
Hewan Peliharaan
Ceritakan pengalamanmu di depan kelas tentang memelihara hewan peliharaan! Ceritakan juga kewajiban kita jika memiliki hewan peliharaan

Beberapa waktu yang lalu ikan cupang merupakan jenis ikan yang digemari anak-anak. Sayapun mulai mencoba serius untuk memelihara cupang-cupang itu. Ikan cupang merupakan salah satu ikan air tawar yang mudah dirawat. Ikan ini dapat ditempatkan di akuarium atau toples. Ikan cupang juga tidak memerlukan alat sirkulasi udara seperti ikan lainnya.

Meskipun tidak terlalu sulit, namun kita harus tetap merawat ikan cupang ini dengan baik dan benar. Saya membeli semua bahan yang dibutuhkan untuk memelihara ikan tersebut. Selain itu saya juga memberi makan yang cukup dengan teratur. Saya menyediakan kandang berupa akuarium untuk tempat tinggal ikanku. Seminggu sekali saya membersihkan akuarium dan mengganti airnya. Ternyata hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, membuat lingkungan menjadi nyaman.

Ayo Berlatih
Dayu memiliki banyak kelinci. Dayu tidak ingin kelincinya berkeliaran dan mengganggu tetangga. Dayu ingin membuat kandang untuk kelincinya. Dayu membutuhkan banyak bambu. Ayah Dayu memiliki 900 batang bambu. Berapa kira-kira kandang yang dapat dibuat Ayah Dayu. Berapa batang bambu yang dibutuhkan Ayah Dayu untuk satu kandangnya?

Jumlah bambu seluruhnya 900 batang.
Jika ayah Dayu membuat 10 kandang, maka untuk setiap kandang hanya dapat menggunakan 90
batang bambu.
900 = 10 x 90

Buat alternatif jumlah kandang yang berbeda dengan hasil kali 900!
1900=2x450
2900=3x300
3900=4x225
4900=5x180
5900=6x150

Ayo Mencoba
Bisakah kamu menggunakan cerita Dayu dan kandang kelincinya di depan dengan bilangan yang berbeda?

Ikuti langkah-langkah berikut!
  1. Tentukan bilangan hasil perkaliannya. Ambil bilangan yang memiliki banyak kemungkinan.
  2. Tentukan jumlah kandang yang ingin dibuat.
  3. Cari banyaknya bambu yang dibutuhkan.
11.000=2x500
21.000=4x250
31.000=5x200
41.000=8x125
51.000=10x100
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:27 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.