Home » » Pembelajaran 4 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Pembelajaran 4 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Ayo Membaca
Bacalah dengan suara nyaring!

Aku Ingin Lingkungan Bersih 
Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoret-coret tembok.

Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang dapat ia lakukan. Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.
Lingkungan Rumah Sehat
Amati kembali teks yang berjudul Aku Ingin Lingkungan Bersih! Tuliskan masalah dan penyelesaiannya pada tabel berikut!
MasalahPenyelesaian
Edo melihat seorang anak yang ingin mencoret-coret tembok tetangganya.Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoret-coret tembok.
Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan.Edo mengingatkan tetangganya dengan santun agar membuang sampah pada tempatnya.

Ayo Berdiskusi
Setiap orang menginginkan lingkungan bersih. Apakah kamu pernah mempunyai masalah kebersihan di lingkunganmu? Bagaimana penyelesaiannya?

Bekerjalah dalam kelompok! Tentukan satu masalah yang pernah dialami anggota kelompokmu!

Diskusikan penyelesaiannya! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Beri kesempatan kepada semua anggota untuk mengeluarkan pendapatnya! Lakukan dengan percaya diri!

Ayo Berlatih
Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Lingkungan rumah seperti apa yang teman-temannya inginkan? Lingkungan yang bersih tidak hanya membuat siapapun yang memandangnya menjadi merasa nyaman dan aman. Lingkungan yang bersih juga akan memberikan manfaat yang banyak, termasuk dalam pengendalian penyakit. Karena kita tahu bahwa lingkungan yang kotor adalah sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya.

Apa yang seharusnya mereka lakukan? Untuk mendapatkan lingkungan rumah yang sehat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Menjaga kebersihan rumah dan halaman dengan menyapu rumah dan halaman.
  2. Tidak membuang sampah sembarangan
  3. Memisahkan jenis sampah organik dan anorganik
  4. Kegiatan gotong royong anggota keluarga membersihkan lingkungan rumah.
  5. Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, rindang dan asri bisa dilakukan dengan penghijauan
  6. Penutupan saluran air karena saluran air bisa menjadi sarang sampah dan sumber berbagai penyakit.
  7. Membuat lubang sampah

Bekerjalah bersama teman sebelahmu! Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih! Tuliskan pada tabel berikut!
Lingkungan Rumah Bersih
KewajibanHak
Menyapu rumah dan halamanRumah dan halaman bersih dan sehat
Tidak membuang sampah sembaranganRumah bersih dan bebas bibit penyakit
Memisahkan jenis sampahSampah mudah didaur ulang
Bergotong royong membersihkan rumahRumah bersih dan anggota keluarga bersatu
Penghijauan lingkungan rumahLingkungan rumah rindang dan asri
Menutup saluran airTerhindar dari beberapa penyakit

Ayo Bercerita
Amati kembali daftar kewajiban dan hak yang kamu buat! Ceritakan pengalamanmu dalam melaksanakan kewajiban dan hak kepada teman sebelahmu! Lakukan dengan percaya diri! Berceritalah dengan :
  1. Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, suara terdengar seluruh kelas
  2. Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata terucap dengan benar, intonasi sesuai kalimat
  3. Ada pembukaan, banyak kalimat di atas 15 kalimat, sesuai dengan tema, ada penutup

Pembukaan :
Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. (1) Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih (2) . Lingkungan yang bersih tidak hanya membuat siapapun yang memandangnya menjadi merasa nyaman dan aman (3).

Lingkungan yang bersih juga akan memberikan banyak manfaat (4). Salah satunya adalah pengendalian penyakit.(5). Karena lingkungan yang kotor adalah sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya (6). Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan baik dalam menjalani pola hidup sehat.(7).

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan lingkungan rumah (8). Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan  rutin membiasakan kebiasaan gotong royong sesama anggota keluarga (9). Ini tidak hanya membantu membersihkan lingkungan rumah, namun juga akan membantu dalam mempererat jalinan kerja sama antar anggota keluarga (10).

Biasanya kegiatan gotong royong ini akan dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. (11). Tujuan kegiatan ini adalah agar lingkungan rumah benar-benar bersih dari sampah (12). Jadi, sangatlah penting untuk menjaga kekompakan antar anggota keluarga agar bisa sama-sama untuk mewujudkan kebersihan lingkungan yang dibutuhkan oleh semua orang (13).

Penutup :
Demikianlah cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari (14). Mendapatkan lingkungan yang bersih berarti menghindari penyebaran bibit penyakit (15).

Ayo Berdiskusi
Hidup bertetangga sangat menyenangkan. Kita dapat bertemu dengan tetangga di banyak kesempatan. Ibu Beni sering bertemu tetangga saat belanja di tukang sayur keliling. Tukang sayur mereka sangat menjaga kebersihan. Dia juga tahu aneka bahan makanan sehat yang dibutuhkan. Ibu Beni dan tetangganya memilih bahan makanan yang segar dan bergizi bersama-sama.
Membeli Sayuran
Amati gambar Ibu Beni dan para tetangga yang sedang membeli sayuran! Menurutmu, bagaimana cara memilih sayuran yang baik? Diskusikan dengan teman di sebelahmu!

Tuliskan hasil diskusimu pada tempat tersedia!
Cara Memilih Sayuran yang Baik
  1. Warna sayuran segar dan tidak layu.
  2. Bagian daun tidak berbintik atau berlobang akibat dimakan ulat.
  3. Sayuran harus mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh
  4. Upayakan sayuran lokal, sayuran lokal sesuai dengan kondisi tubuh kita
  5. Sayuran tidak busuk/basi
  6. Sayuran dibungkus dengan baik

Ayo Bercerita
Kamu telah mengetahui cara memilih sayuran dan makanan yang baik dan bergizi. Oleh karena itu, kamu wajib bersyukur mendapat makanan bergizi. Kamu juga wajib berterima kasih kepada orang tuamu. Apakah kamu pernah ikut ibu berbelanja di pasar? Coba sesekali ikut ibumu ke pasar. Lihatlah bagaimana ibumu memilih bahan makanan, sayuran dan buah-buahan untuk seluruh keluarga. Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:45 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.