Home » » Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud

Pembelajaran 2 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud

Perubahan wujud zat adalah perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini dapat terjadi karena adanya penyerapan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi saat tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya adalah air yang sudah mencapai titik beku akan berubah menjadi benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Gulali
Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

A. Alat dan Bahan
  1. 500 gram gula pasir.
  2. 250 ml air matang.
  3.  Pewarna makanan
  4. Tusuk sate

B. Cara Membuat
  1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diperlukan.
  2. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
  4. Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

Buatlah pertanyaan dari proses pembuatan gulali! Tuliskan jawabannya di kotak yang disediakan!
  1. Mengapa pada pembuatan gulali menggunakan air matang ? Air matang digunakan pada pembuatan gulali supaya lebih sehat.
  2. Apa perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan gulali? Pada pembuatan gulali terjadi perubahan wujud mencair dan membeku. Mencair terjadi saat gula dicampur dengan air, sementara membeku terjadi pada saat adonan gulali didiamkan.
  3. Mengapa air setelah mendidih jumlahnya berkurang! Air berkurang jumlahnya karena menguap saat mendidih.
  4. Apa tahapan pertama dalam mambuat gulali? Tahap pertama pembuatan gulali adalh mencampurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang.
  5. Apa fungsi tusuk sate pada pembuatan gulali ? Tusuk sate digunakan untuk melilitkan gulali.

Ayo Mengamati
Kamu sudah melakukan dan mencermati cara membuat gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!
No.PeristiwaPerubahan Wujud yang Terjadi
1.Gula dicampur airMencair
2.Air mendidihMenguap
3.Adonan gulali mengentalMembeku

Ayo Berdiskusi
Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali. Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tentunya juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.

Namun, keberagaman tidak seharusnya menimbulkan permasalahan dalam Negara ini. Sebaliknya, keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama seperti semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita datang dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan dapat dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, sikap bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan peran yang beragam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Penerapan di sekolah maupun di lingkungan sekitar, sikap bersatu dapat dilakukan dengan cara saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya, tidak merendahkan adat istiadat lain, dan menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!
Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh sikap bersatu ;
  1. Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. 
  2. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  3. Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  4. Tidak merendahkan adat istiadat lain. 
  5. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.
Ayo Mengamati
Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu. Berilah tanda centang (√) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.
Sikap Bersatu
Ayo Bercerita
Kamu telah memilih aktivitas yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan cerita Edo di bawah ini!

Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.

Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah aku membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah aku juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu aku saat kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan ikhlas membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa bangga terhadap keluargaku.

Ayo Berlatih
Persatuan akan membuat segala sesuatu menjadi mudah dan indah. Bersatu tidak hanya di rumah. Namun, bersatu juga dapat dilakukan saat olahraga permainan.

Contoh olahraga permainan adalah sepak bola. Untuk bisa bermain bola, kalian harus dapat membawa bola dengan kakimu menuju gawang. Kegiatan ini disebut menggiring bola. Mari berlatih menggiring bola! Sebelum bermain, perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Estafet Bola
Estafet Bola
  1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang siswa.
  2. Setelah diberi aba-aba “mulai”, anak pertama menggiring bola ke arah anak ke-2. Anak ke-2 menggiring bola ke arah anak ke-3. Anak ke-3 menggiring bola sampai batas akhir.
  3. Setelah sampai ke batas akhir, anak ke-4 segera menendang bola menuju gawang atau ke titik yang ditentukan.
  4. Siapa yang paling cepat, itulah pemenangnya.

Setelah melakukan pemanasan, tentukan cara tercepat untuk menggiring bola! Diskusikan bersama guru dan temanmu! Kamu dapat menggiring bola dengan berbagai cara. Caranya adalah sebagai berikut:
Menggiring Bola
  1. Menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  2. Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar.
  3. Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki dan kaki bagian luar.

Cobalah menggiring bola dengan ketiga gerakan tersebut. Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? Berlatihlah bersama temanmu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.