Home » » Pembelajaran 2 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Pembelajaran 2 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Ayo Mengamati
Benda terbuat dari berbagai bahan dasar. Mari kita pelajari bahan pembentuk benda.

Benda Terbuat dari Kayu
Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat dari kayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura.

Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda-beda.

Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai.

Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan.
Benda Berbahan Kayu
Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggulan. Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

Berdasarkan wacana di atas jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan kayu? Waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan kayu sekitar 2 hingga 4 minggu.
  2. Apa keunggulan benda yang terbuat dari kayu? Keunggulan benda yang terbuat dari kayu adalah mudah dibentuk dan dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun
  3. Apa kelemahan benda yang terbuat dari kayu? Kelemahan benda yang terbuat dari kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar, ada kayu yang tidak tahan terhadap rayap dan serangga lainnya.
  4. Tuliskan contoh benda yang terbuat dari kayu! Contoh benda yang terbuat dari kayu diantaranya adalah lemari, maeja, kursi, pigura, dan patung.

Ayo Menulis
Kamu telah membaca cara mengolah kayu. Kayu diolah menjadi benda-benda yang dipakai sehari-hari. Tuliskan dan lengkapi dengan gambar pada kotak berikut! Bagaimana pembuatan benda-benda dari kayu berdasarkan bacaan halaman 12 dan 13?
Pengolahan Kayu
Ayo Mengamati
Perhatikan benda-benda di sekitarmu. Adakah yang terbuat dari kayu? Tuliskan hasil pengamatanmu di kolom yang telah disediakan!
No.Nama BendaKegunaan
1.LemariTempat menyimpan buku pelajaran dan alat peraga
2.MejaTempat menulis dan menggambar
3.Papan tulisUntuk menulis pelajaran yang sedang diajarkan
4.KursiSebagai tempat duduk saat belajar
5.PiguraTempat untuk memasang gambar
Ayo Berdiskusi
Desa tempat tinggal Siti dan teman-teman mempunyai hutan. Di dalam hutan tersebut terdapat beraneka jenis pohon.

Fungsi hutan antara lain untuk menyerap air hujan. Hutan menyimpan air hujan tersebut dalam jumlah yang banyak. Namun, ketika hutan digunduli, membuat aliran air terganggu. Hal ini menyebabkan air menggenang. Akhirnya, terjadi banjir yang mengalir ke pemukiman penduduk.

Kebutuhan benda dari kayu yang terus meningkat, mengakibatkan kebutuhan akan bahan kayu terus meningkat. Setiap tahun banyak pohon yang ditebang untuk mendapatkan kayu. Terkadang, ada sekelompok orang yang menebang pohon tanpa izin. Kegiatan ini disebut penebangan liar. Semakin lama jumlah pohon di hutan semakin berkurang.

Bermusyawarahlah bersama kelompok untuk menjawab bertanyaan berikut!
  1. Di desa Siti banyak penebangan liar. Bagaimana cara mengatasinya? Pemerintah harus memberikan sanksi yang tegas terhadap para penebang liar.
  2. Apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan? Jika penebangan liar tidak dihentikan maka akan dapat mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.
  3. Bagaimana cara mengembalikan hutan seperti semula? Untuk mengembalikan hutan seperti semula perlu dilakukan penghijauan pada hutan yang gundul.

Ayo Bercerita
Kamu telah bermusyarawah bersama temanmu tentang penebangan liar. Tuliskan pengalamanmu bermusyawarah bersama teman di bawah ini.
  1. Apakah musyawarah yang dilakukan berjalan lancar? Musyawarah yang dilakukan berjalan lancar
  2. Apakah semua teman memberikan pendapatnya? Ada beberapa teman yang belum memberikan pendapatnya.
  3. Apakah kamu setuju dengan hasil keputusan bersama? Berikan alasanmu. Saya setuju dengan hasil keputusan bersama karena hutan harus dijaga kelestarianya agar tetap bermanfaat bagi manusia.

Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Ayo diskusikan bersama temanmu! Mengapa perlu musyawarah dalam mengambil keputusan bersama?
Karena musyawarah bertujuan membahas bersama suatu masalah dengan tujuan mencapai keputusan bersama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ayo Mencoba
Kayu tidak hanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat meja, kursi, atau pun benda kerajinan. Kayu juga dapat digunakan untuk perlengkapan olahraga, seperti permainan bola kayu.

Pada permainan bola kayu, perlengkapan yang digunakan adalah bola dan pemukul. Bola dan pemukulnya terbuat dari kayu. Pemain harus memukul bola menuju ke gawang kecil. Gawang kecil juga terbuat dari kayu.

Sekarang, kita akan melakukan kegiatan menangkap dan melempar bola. Tetapi, bola kayu tidak digunakan untuk melempar maupun menangkap bola. Mengapa? Karena bola kayu berat. Kita akan bermain menggunakan bola yang terbuat dari plastik atau kulit sintetis. Bola ini lebih ringan ketika dilempar dan ditangkap.

Mari berlatih menangkap dan melempar bola! Perhatikan cara melempar dan menangkap bola yang benar!

Gerakan Dasar Melempar
Gerakan Dasar Melempar

Gerakan Dasar Menangkap Bola
Menangkap
Gerakan Kombinasi Melempar dan Menangkap
Lempar dan tangkap
Sebelum melakukan permainan bersama temantemanmu lakukanlah pemanasan. Pemanasan dapat dilakukan dengan bermain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.