Home » » Pembelajaran 6 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pembelajaran 6 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Mencangkok Tanaman
Perkembangbiakan dapat melalui tunas dan umbi. Beberapa jenis tanaman juga dapat dikembangbiakkan dengan perkembangbiakan buatan.

Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tanaman dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya dengan mencangkok, stek, dan menempel.

Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya.

Kekurangan tanaman hasil cangkokan adalah lebih mudah roboh. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakkan dengan biji biasanya kebih kuat. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Cara Mencangkok Tanaman
Alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan sedikit tanah yang dicampur pupuk kandang.

Langkah-langkah untuk melakukan pencangkokan sebagai berikut.
Mencangkok Tanaman
  1. Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang.
  2. Kupas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm.
  3. Tutup luka pada dahan dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
  4. Kemudian, bungkus tanah dengan sabut kelapa/ plastik lalu diikat dengan tali.
  5. Siram cangkokan setiap pagi dan sore. Biasanya akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan.
  6. Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya. Kemudian, tanam di tempat yang teduh.

Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut sesuai teks bacaan!
  1. Sebutkan contoh perkembangbiakan buatan. Contoh perkembangbiakan buatan adalah mencangkok, menempel, dan Stek.
  2. Sebutkan salah satu kelebihan mencangkok tanaman. Kelebihan mencangkok tanaman yaitu tanaman cepat berbuah jika dibandingkan dengan menanam dengan biji.
  3. Tanaman manakah yang lebih kuat jika ditanam dengan biji atau dicangkok? Tanaman yang ditanam dengan biji lebih kuat daripada tanaman hasil cangkokan karena tanaman dari biji memiliki akar yang kuat sehingga tidak gampang roboh.
  4. Apa langkah selanjutnya setelah dahan yang akan dicangkok dikupas bersih? Setelah dahan yang akan dicangkok dikupas bersih tutup luka pada dahan dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
  5. Berapa lama waktu dibutuhkan sebelum tanaman cangkok dipisahkan dari induknya? Tanaman hasil cangkokan biasanya dapat dipisahkan dari induknya setelah tumbuh banyak akar atau sekitar satu sampai dua bulan.

Beri tanda kata-kata baru yang kamu temukan dari teks bacaan. Carilah arti kata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kemudian, tuliskan pada tempat yang sudah tersedia.
No.Kata BaruArti
1.MencangkokMembuat cabang (dahan) menjadi berakar (kulitnya dikupas sedikit dan dibebat dengan sabut yang dibubuhi tanah) untuk ditanam;
2.StekCara menanam pohon (jarak, singkong, dan sebagainya) dengan jalan memotong batang yang akan ditanam;
3.Menempel (okulasi)Cara meningkatkan mutu tumbuhan dengan menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata dari batang atas pada suatu irisan pada kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman baru
4.TunasTumbuhan muda yang baru timbul (dari tunggul, ketiak daun, buku batang induk, batang kayu yang ditebang, dan sebagainya); 
5.UmbiAkar yang menjadi besar dan pangkal batang yang menjadi besar dan berisi yang dapat dimakan ;

Buatlah kalimat dari kata-kata tersebut!
  1. Tanaman rambutan dapat diperbanyak dengan cara mencangkok.
  2. Tanaman singkong diperbanyak dengan stek batang.
  3. Beberapa tanaman dapat diperbanyak dengan  cara menempel.
  4. Pohon bambu berkembangbiak menggunakan tunas.
  5. Kentang berkembangbiak menggunakan umbi batang

Teknik mencangkok banyak digunakan petani sebuah perkebunan. Melalui kegiatan mencangkok, lebih banyak buah yang dapat dihasilkan dalam waktu lebih singkat.

Ayo Bercerita
Udin dan teman-teman sedang berkunjung ke perkebunan jambu. Perkebunan jambu tersebut milik keluarga Udin. Di sana mereka melihat banyak buah jambu yang siap dipanen.

Mereka sangat senang bermain di perkebunan. Pohonnya rendah namun berbuah banyak. Semuanya melalui proses pencangkokan. Keluarga Udin sangat rajin memelihara perkebunan.

Setiap hari mereka bekerja sama menyiram dan mencabut rumput liar. Tak lupa juga memberi pupuk secara rutin. Udin adalah anak yang patuh dan rajin membantu orang tua.

Pekerjaan apa saja yang biasa kamu lakukan untuk membantu orang tua?
  1. Siti melihat ibunya sedang menyiram tanaman. Menurutmu, yang harus Siti adalah ikut membantu ibu menyiram tanaman.
  2. Ayah Edo sedang menebang pohon yang sudah tua. Menurutmu, yang harus dilakukan Edo adalah membantu ayah menebang pohon.
  3. Lani sedang menangis kesakitan. Tangan Lani tertusuk duri bunga mawar. Menurutmu yang harus dilakukan teman-teman Lani adalah membantu mengobati luka Lani

Edo memiliki tanaman jambu yang ditanam dengan cara mencangkok. Pohon jambu Edo berbuah sebanyak 180 buah. Edo ingin menyimpan jambu tersebut di tiga tempat. Isi setiap tempat sama banyak. Berapa jambu yang ada pada setiap tempat? Selesaikan pertanyaan tersebut!
180 : 3 = ...
SOal Pembagian
Selesaikan soal pembagian berikutnya!
224 : 4 = ...
315 : 5 = ...

Ayo Berlatih
Cobalah buat satu soal pembagian! Mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Dalam sebuah kebun terdapat 188 batang tanaman jeruk. Jika tanaman tersebut ditanam dalam 4 baris tanaman. Maka setiap baris terdapat....batang tanaman Jeruk.(188 : 4 = 47).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:58 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.