Home » » Pembelajaran 4 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pembelajaran 4 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Umbi
Umbi adalah salah satu bagian tumbuhan yang mengalami perubahan dari organ lain pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat penyimpan zat tertentu (pada umumnya karbohidrat). Organ yang berubah bentuk tersebut dapat berupa daun, batang, atau akar. Bentuk perubahan ini adalah pembesaran ukuran . Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah atau tertanam didalam tanah bersama akar.

Perkembangbiakan tumbuhan juga dapat dilakukan dengan umbi. Ada umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar. Kentang dan ubi jalar adalah contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang.
Umbi
Bawang dan bunga bakung berkembang biak dengan umbi lapis. Sedangkan wortel dan singkong berkembang biak dengan umbi akar.

Amatilah umbi dari tanaman-tanaman tersebut.
Tuliskan persamaan dan perbedaan yang terlihat.
No.PersamaanPerbedaan
Umbi BatangUmbi AkarUmbi Lapis
1.Terdapat di dalam tanahTerbentuk dari batang yang mengembangTerbentuk dari akar yang mengembangTerbentuk dari lapisan daun yang tersusun bertumpuk
2.Tempat menyimpan cadangan makananTumbuh tunas pada bagian umbi batangTumbuh tunas pada bagian umbi akarTumbuh tunas pada bagian pangkal daun
3.Dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakanMemiliki akar tunggangMemiliki akar serabutMemiliki akan serabut

Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis?
Bawang merah disebut umbi lapis karena bawang merah memiliki umbi yang terbentuk dari tumpukan pangkal daun yang tersusun rapi dan berlapis-lapis"

Pernahkah kamu melihat tahapan perkembangbiakan bawang merah? Carilah informasi tentang tahapan perkembangbiakan bawang merah. Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tempat yang tersedia.
Bawang Merah
Bawang merah berkembang biak dengan cara kawin dan tanpa kawin. Dalam proses perkembangbiakan kawin, penyerbukan bawang di bantu oleh lebah dan serangga lainnya sebelum menjadi benih ( biji ) yang siap tumbuh sebagai individu baru. Namun, proses ini memakan waktu yang lama sehingga bawang merah sangat jarang berkembang biak dengan cara ini.

Selain dengan cara kawin, bawang juga berkembang biak dengan cara tidak kawin yaitu  dengan umbi lapis. Umbi lapis adalah tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Perkembang biakan ini menggunakan bagian tengah dari lapisan bawang ini. Dengan menanamnya maka akan diperoleh individu baru dari bawang merah tersebut. cara ini adalah yang paling cepat di gunakan untuk memperoleh tumbuhan bawang yang baru karna prosesnya cukup sederhana.

Menanam umbi batang atau singkong tergolong mudah. Kita tinggal memotong batang tersebut lalu menanamnya. Tunggu beberapa hari, maka kalian dapat melihat daun tumbuh dari batang tersebut.
Singkong
Batang singkong yang tidak terpakai dapat digunakan sebagai alat permainan. Lebih tepatnya dipakai sebagai alat ukur lompatan dalam sebuah permainan.

Ayo Mencoba
Cobalah kamu lakukan permainan berikut ini.
Permainan
Cara bermain.
  1. Siapkan garis batas sebagai garis tanda awal lompatan.
  2. Siapkan batang untuk alat mengukur lompatan.
  3. Mulailah mengambil ancang-ancang.
  4. Berlarilah sampai garis batas lompatan.
  5. Melompatlah sejauh-jauhnya dari garis tersebut.
  6. Beri tanda batas hasil lompatanmu.
  7. Ukurlah jarak lompatanmu menggunakan batang singkong.
  8. Urutkan temanmu dari yang paling jauh lompatannya.

Ayo Berlatih
Berbagai Jenis Umbi-Umbian
Umbi-umbian merupakan makanan yang sangat digemari oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Umbi-umbian dapat diolah menjadi berbagai makanan.
Umbi Umbian
Hari ini Siti dan teman-teman belajar memasak. Mereka membuat makanan dari bahan singkong yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerja sama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-temanmu? Tulislah pengalamanmu pada tempat di bawah ini! Ceritakan di depan teman-temanmu!
Saat bekerja setiap anggota kelompok harus membagi tugas dengan merata, sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang lebih singkat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:19 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.