Home » » Pembelajaran 4 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Pembelajaran 4 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Ayo Membaca
Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.

Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.

Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Apa sajakah peran dari ayah? Peran ayah dalam keluarga adalah sebagai kepala keluarga
  2. Selain peran yang telah disebutkan dalam teks, sebutkanlah peran ayah yang lain!  Selian sebagai kepala keluarga ayah juga berperan mencari nafkah dan melindungi keluarga.
  3. Apa bunyi sila kelima Pancasila? Bunyi sila kelima Pancasila adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  4. Sikap menjaga keseimbangan hak dan kewajiban adalah pengamalan sila kelima Pancasila. Tulislah satu hak dan satu kewajibanmu di rumah! Hak mendapatkan kasih sayang, Kewajiban: belajar dengan tekun.
  5. Sikap melaksanakan tugas-tugas di rumah merupakan pelaksanaan dari kewajiban. Tulislah daftar tugas anggota keluargamu di rumah!
No.Anggota KeluargaTugas
1.AyahMerapikan tempat tidur
2.IbuMenyapu, mengepel
3.AkuMembantu ibu mengepel lantai
4.KakakMembantu ayah merapikan tempat tidur

Ayo Bercerita
Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia mendapat tugas untuk menyiram tanaman setiap sore. Biasanya Siti menyiram tanaman setelah menyapu dan mengepel lantai. Apa yang menjadi tugasmu sehari-hari di rumah? Bagaimanakah perasaanmu saat melakukan tugas? Ceritakanlah pengalamanmu dalam melaksanakan tugas sehari-hari di rumah!
Aku mendapat tugas membantu ibu mengepel lantai. Lantai rumah biasanya dipel setiap tiga hari sekali atau jika lantai sudah terlihat kotor. Aku bersama ibu membersihkan seluruh ruangan yang ada di rumah. Saat mengepel lantai bersama ibu aku merasa sangat senang karena membantu meringankan tugasnya.

Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya akan melakukan kegiatan wawancara. Mereka akan mewawancarai orang di sekitar sekolah tentang cara perawatan tanaman. Sebelum melakukan kegiatan wawancara, mereka belajar membuat pertanyaan wawancara. Siti akan membuat daftar pertanyaan tentang cara perawatan tanaman. Kita bantu Siti membuat daftar pertanyaan, yuk!
  1. Apa saja jenis tanaman yang memerlukan perawatan?
  2. Siapa saja yang bertugas merawat tanaman?
  3. Mengapa tanaman perlu dirawat?
  4. Bagaimana cara merawat tanaman dengan baik?
  5. Kapan sebaiknya perawatan tanaman dilakukan?

Ayo Mencoba
Lakukanlah kegiatan wawancara. Kamu dapat melakukannya secara berkelompok.

Pada saat istirahat siti dan teman-temannya menemui tukang kebun yang ada di sekolah mereka. Siti dan teman-temanya ingin menanyakan cara merawat tanaman. Siti menghampiri Pak Udin yang sedang merawat tanaman di halaman sekolah.
Siti:Selamat siang Pak Udin !
Pak Udin:Selamat siang, anak-anak ! Ada yang bisa saya bantu?
Budi:Oh iya Pak Udin saya ingin menanyakan tentang cara merawat tanaman. Boleh kan Pak?
Pak Udin:Silahkan, tanyakan saja. Apa saja yang ingin kalian ketahui tentang merawat tanaman?
Edo:Begini Pak Udin, tanaman apa saja yang memerlukan perawatan?
Pak Udin:Menurut saya sih, semua tanaman memerlukan perawatan agar tumbuh dengan baik.
Siti:Kalau di sekolah ini siapa yang bertugas merawat tanaman Pak?
Pak Udin:Tugas merawat tenaman merupakan tugas semua warga sekolah. Namun, sayalah yang bertanggungjawab merawat tanaman yang ada di sekolah ini.
Budi:Lalu mengapa tanaman perlu dirawat Pak?
Pak Udin:Tanaman perlu dirawat agar dapat tumbuh dengan baik sehingga sekolah akan semakin indah.
Edo:Nah, kalau cara merawat 
Budi:Lalu mengapa tanaman perlu dirawat Pak?tanaman mawar bagaimana caranya Pak?
Pak Udin:Agar tanaman mawar tumbuh dengan baik tentu perlu dipupuk dan disiram. 
Siti:Lalu kapan tanaman sebaiknya dirawat Pak?
Pak Udin:Tanaman sebaiknya dirawat setiap hari. Misalnya saja disriam agar tanaman tidak layu.
Siti:Wah terima kasih infomasinya Pak Udin. Kami jadi lebih tahu tentang cara merawat tanaman
Pak Udin:Sama-sama nak, saya juga senang membantu kalian.
Setelah selesai mewawancarai Pak Udin ketiganya berpamitan untuk kembali masuk kelas.

Ayo Bercerita
Presentasikanlah hasil wawancaramu di depan kelas!

Ayo Mencoba
Tanaman akan tumbuh sehat bila cukup mendapat air dan sinar matahari. Manusia akan sehat jika banyak bergerak atau berolahraga. Dengan bergerak maka peredaran darah dalam tubuh akan lancar. Peredaran darah yang lancar membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

Permainan tapak gunung banyak melakukan gerakan. Dalam permainan ini dilakukan gerakan melompat, menekuk, dan memutar. Permainan tapak gunung membuat badan menjadi sehat.

Saat melakukan permainan tapak gunung ada beberapa sikap yang perlu kita ingat. Sikap sportif dan sabar menunggu giliran perlu dilakukan. Saat memenangkan permainan, maka kita bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, saat kalah kita berbesar hati mengakui kehebatan lawan. Jika semua hal itu dilakukan maka bermain tapak gunung akan bertambah seru.

Melakukan Permainan Tapak Gunung
Siti dan teman-temannya berkumpul di lapangan. Kegiatan olahraga hari ini akan melakukan kegiatan tapak gunung.

Cara Bermain :
Permainan Tapak Gunung
  1. Semua pemain melakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan melakukan permainan pertama kali.
  2. Pemain pertama melompat dengan satu kaki dari kotak 1 sampai kotak atas, kemudian kembali lagi untuk mengambil gaco di kotak satu dengan posisi kaki diangkat satu
  3. Pemain melempar gaco sampai ke kotak kedua, jika sampai keluar ke kotak kedua pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
  4. Begitu seterusnya sampai semua kotak sudah dilempar dengan gaco
  5. Jika semua telah dilakukan pemain, maka pemain melemparkan gaco dengan membelakangi engkleknya. Jika pas pada kotak yang dikehendaki maka kotak itu menjadi rumahnya
  6. Jika semua kotak telah dimiliki oleh pemain maka permainan dinyatakan selesai
  7. Pemenang adalah pemain yang paling banyak memiliki rumah dari kotak-kotak engklek yang digambar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.