Home » » Pembelajaran 3 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pembelajaran 3 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Bunga adalah bagian dari tumbuhan. Bunga diperlukan dalam proses perkembangbiakan sebagian tumbuhan. Ada banyak jenis bunga yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah bunga kebanggaan Indonesia.

Ayo Menulis
Bacalah dengan nyaring!

Bunga Nasional Indonesia
Beberapa negara memiliki bunga nasional. Bunga nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Misalnya bunga tulip dikenal sebagai bunga negara Belanda Mawar lebih dikenal sebagai bunga negara Inggris.
Puspa Bangsa
Indonesia memiliki tiga bunga nasional.Sebutan lain untuk bunga di Indonesia adalah puspa. Bunga melati putih disebut dengan puspa bangsa. Bunga anggrek bulan disebut dengan puspa pesona. Bunga raflesia arnoldi disebut dengan puspa langka.

Amati gambar-gambar bunga di depan.
Pilihlah salah satu bunga, lalu tuliskan ciri-ciri bunga tersebut! Penjelasan meliputi bentuk, warna, dan ciri khas lain yang bisa menggambarkan bunga tersebut.
  1. Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Mahkota bunga berwarna putih dengan jumlah lima buah. Bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.
  2. Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan tumbuhan parasit yang tumbuh pada batang liana. Bentuk yang terlihat dari bunga Raflesia ini hanya bunganya saja. Bunga Raflesia adalah identitas provinsi Bengkulu dan sebagai salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia. Rafflesia arnoldii yang memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Satu bunga terdiri dari lima kelopak kasar yang berwarna oranye dan berbintik-bintik dengan krim berwarna putih. 
  3. Anggrek bulan merupakan jenis anggrek yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang memiliki corak dan warna beragam jenis. Anggrek bulan menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk bulat memanjang dan terasa berdaging. Bunga anggrek bulan memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.
Perkembangbiakan tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu perkembang biak tumbuhan secara generatif dan secara vegetatif.

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif
Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur.

Hasil dari pembuahan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Ayo Berkreasi
Bunga yang berwarna-warni dapat menjadi ide dalam membuat karya. Masih ingatkah kamu dengan kerajinan mozaik? Warnai gambar bunga di bawah ini menggunakan kertas warna yang dipotong-potong. Kertas potong dapat diperoleh dengan menyobek atau menggunting.
Mozaik
Bunga memiliki banyak manfaat untuk kegiatan manusia. Kebun dengan bunga yang berwarnawarni nampak lebih indah.

Hiasan bunga yang disimpan di vas bunga menambah cantik ruangan. Bunga juga sering
digunakan dalam kegiatan-kegiatan lainnya. Misalnya bunga melati digunakan untuk acara pernikahan. Ungkapan bela sungkawa pun terkadang menggunakan rangkaian bunga.

Oleh karena banyak orang yang memerlukan bunga, maka ada pasar khusus yang menjual bunga. Para petani menjual bunga yang telah ditanam ke pasar tersebut.

Ayo Berlatih
Masih ingatkah kamu cara menyelesaikan soal pembagian?
Contoh:

Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masing-masing memuat tangkai bunga sama banyak.
Proses di atas ditulis dalam bentuk pembagian
141 : 3 = ...
Pembagian 1
Selesaikan soal di bawah ini sesuai contoh!
1. Siti memiliki 484 tangkai bunga anggrek. Siti ingin menyimpan dalam 4 buah vas bunga dengan banyak tangkai bunya yang sama pada masing-masing vas. Berapa banyak tangkai bunga anggrek pada setiap vas bunga?
Pembagian 2
2. Pohon melati Lani berbunga sangat banyak. Lani memetik 224 bunga melati. Lalu, ia menyimpannya dalam 4 buah tempat. Masing-masing tempat memuat bunga sama banyak. Berapa banyak bunga melati pada setiap tempat?
Pembagian 3
Bagian – bagian bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.