Home » » Pembelajaran 3 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Pembelajaran 3 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Ayo Membaca
Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai
Kelas 3 berkunjung ke hutan bakau. Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau. Orang-orang sering menyebut hutan bakau sebagai sabuk hijau. Artinya, kawasan hijau yang
tumbuh di garis pantai.

Hutan bakau melindungi garis pantai dari pengikisan. Hutan bakau, juga meredam gelombang besar, termasuk tsunami. Diperlukan kerja sama warga sekitar untuk menjaga pertumbuhan hutan bakau.

Ada dua hal penting yang harus dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama. Adapun penyulaman adalah penggantian pohon bakau yang mati. Pohon yang mati diganti dengan bibit atau pohon bakau lain yang seumur. Tujuannya agar pohon-pohon bakau dapat tumbuh secara seragam. Pohon-pohon bakau yang telah ditanam mesti dijaga pertumbuhannya.

Kepiting kerap menggigit batang anak pohon bakau. Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan. Paling tidak, hingga pohon-pohon bakau berusia satu tahun.

Ombak dan binatang pemakan daun juga terkadang merusak. Namun, manusialah yang paling banyak menyebabkan kerusakan hutan bakau. Bibit dan pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks di atas!
  1. Apa yang dilakukan Udin dan kawan-kawan di hutan bakau? Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau.
  2. Apa arti julukan sabuk hijau bagi hutan bakau?  Julukan sabuk hijau untuk hutan bakau, artinya kawasan hijau yang tumbuh di garis pantai.
  3. Apakah manfaat hutan bakau?  Manfaat hutan bakau yaitu untuk melindungi garis pantai dari pengikisan dan meredam gelombang besar, termasuk tsunami.
  4. Apa saja yang dilakukan untuk merawat hutan bakau?  Ada dua hal yang dapat dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman.
  5. Apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau?  Yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau adalah kepiting, ombak, binatang pemakan daun, dan manusia.

Ayo Bermain Peran
Sekarang Udin dan teman-teman di kelas, akan bermain peran tentang kunjungan ke hutan bakau. Ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan ada juga, yang berperan sebagai anak-anak sekolah. Anak-anak sekolah akan mewawancarai penjaga hutan bakau.

Sebelum bermain peran, buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan siswa-siswa. Daftar pertanyaan dibuat berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai. Diskusikanlah bersama kelompokmu!

Tulislah daftar pertanyaan wawancara pada tempat yang tersedia!
  1. Dimana hutan bakau dapat ditemukan?
  2. Apa fungsi hutan bakau bagi garis pantai?
  3. Bagaimana cara merawat hutan bakau?
  4. Mengapa pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau harus dikendalikan?
  5. Siapa yang paling banyak menyebabkan kerusakan hutan bakau?

Ayo Menulis
Setelah kalian bermain peran, tulislah hasil wawancara pada tempat yang tersedia berikut ini!
Hutan bakau banyak ditemukan di daerah pantai. Hutan bakau melindungi garis pantai dari pengikisan dan meredam gelombang besar, termasuk tsunami.

Hutan bakau dapat dirawat dengan  penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama dan penyulaman adalah penggantian pohon bakau yang mati.  Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan karena bisa mengganggu pertumbuhan bakau.

Manusia  adalah penyebab utama kerusakan hutan bakau karena pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

Ayo Berlatih
Siti senang mengumpulkan daun. Saat kunjungan ke hutan bakau, ia mengumpulkan daun-daun bakau. Ia mengamati bahwa panjang tiap daun tidak sama. Siti mencoba mengukur 2 buah daun dengan menggunakan garis bilangan.
Garis Bilangan
Panjang kedua daun tersebut adalah 9, yaitu 4 + 5 = 9

Buatlah garis bilangan untuk menyelesaikan penjumlahan di bawah ini!
1. 9 + 5 = ……
2. 4 + 7 = ……
3. 6 + 4 = ……
4. 3 + 9 = ……
5. 4 + 8 = ……
Soal Garis Bilangan
Ayo Berkreasi
Dayu ingin membuat gambar hiasan dengan menggunakan bentuk-bentuk tumbuhan. Kita bantu Dayu membuat hiasan dekoratif, yuk! Amatilah berbagai macam bentuk tumbuhan di sekitar kalian! Hal ini akan memudahkanmu mencari ide bentuk hiasan dekoratif! Gambarlah pada tempat yang tersedia!
Gambar Dekoratif


Gambar dekoratif adalah berupa gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan. Untuk memperoleh objek gambar dekoratif, perlu dilakukan deformasi atau penstiliran alami. Bentuk- bentuk objek di alam disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.