Home » » Pembelajaran 3 Subtema 2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran 3 Subtema 2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia

Ayo Mencoba
Kucing adalah hewan jinak yang dipelihara manusia. Banyak manfaat dari memelihara kucing. Kucing sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dan menghalau tikus. Ibu Beni suka kucing, namun tidak memelihara kucing. Kucing-kucing liar sering berkumpul di rumah Beni, sebab ibu sering memberi makan kucing-kucing yang datang ke rumah.

Beni sering memperhatikan tingkah kucing-kucing. Ada kalanya mereka bermain-main dengan tirai yang tertiup angin. Seringnya mereka bertengkar saat makan. Gerakan kucing-kucing itu lucu dan menggemaskan.

Kita menirukan gerakan kucing, yuk!
1. Gerakan kucing mencakar-cakar
2. Gerakan kucing menangkap tikus
3. Menggabungkan gerakan mencakar-cakar dan menangkap tikus.

Ayo Bercerita
Beni sedang membaca majalah tentang harimau. Harimau adalah salah satu hewan buas. Tempat hidupnya di hutan belantara. Jumlah harimau di dunia semakin berkurang maka harimau termasuk binatang yang dilindungi.

Ternyata di majalah itu terdapat dongeng yang bercerita tentang harimau. Bacalah dongeng berikut ini dan ceritakanlah kembali di depan teman-temanmu!

Kisah Petani dan Anak Harimau
Pengarang: Anonim
Di sebuah desa di Pulau Jawa, tinggallah seorang kakek. Ia terkenal baik hati dan ramah. Namanya Ki Maulaya. Para warga desa sangat segan dan mengagumi beliau. Sifatnya yang arif dan bijaksana sering dijadikan tempat bertanya ketika ada perselisihan.
Petani dan ANak Harimau
Suatu hari Ki Maulaya pulang dari sawah. Di tengah-tengah perjalanan menuju rumahnya, Ki Maulaya terhenti oleh suara yang didengarnya. Ia pun mencari dari mana suara itu berasal. Dia menemukan sebuah lubang jebakan. Dilihatnya ada tiga ekor anak harimau yang terjebak dan tak bisa keluar.

Melihat bahwa binatang yang dia temukan bisa membahayakannya, dia pun tertegun sejenak. Setelah beberapa saat terpaku, Ki Maulaya dapat menekan rasa takutnya. “Aku percaya.. bahwa kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula.”

Dikeluarkanya satu persatu anak harimau itu. Setelah semua terangkat, dia pun naik keluar dari lubang itu. Baru saja dia sampai di atas, tiba-tiba dari semak belukar keluar seekor harimau yang sangat besar. Harimau itu adalah induk dari tiga anak harimau yang dia tolong.

Ki Maulaya pun gemetar dan berkeringat dingin. Namun, dia mencoba mengendalikan rasa takutnya. Ia hanya pasrah pada kehendak Sang Pencipta. Harimau itu mendekatinya sambil mengendus-endus Ki Maulaya, lalu dia pergi membawa anak-anaknya.

Konon setelah kejadian itu, Ki Maulaya dan harimau menjadi sahabat. Harimau itu sering menunggui Ki Maulaya ketika di sawah dan menjaganya dari bahaya hewan-hewan buas. Dan apa yang diyakini Ki Maulaya terbukti. “Kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula”.
Sumber: www.rumahdongeng.com

Simak Video Dongen Petanii dan Anak Harimau berikut ini
 
Ayo Menulis
Tulislah pesan yang terdapat pada dongeng Kisah Petani dan Anak Harimau!
Kita harus menolong sesama tanpa memandang siapa yang membutuhkan pertolongan. Kebaikan pasti akan dibalas dengan kebaikan pula."

Ayo Berlatih
Sore hari Beni memasukkan ayam-ayamnya ke kandang. Ia menemukan beberapa telur di dalam kandang. Ia sedang berpikir bagaimana jika telur itu ia simpan dalam beberapa tempat.

Kita bantu Beni menyelesaikan masalahnya, yuk! Caranya dengan menyelesaikan soal-soal di bawah
ini!

1. Ayam-ayam Beni ada yang bertelur. Hari ini Beni mengumpulkan telur-telur ayam di
kandang. Ia mengumpulkan 20 telur. Gambarlah telur pada kotak yang tersedia!

a. Jika telur ia simpan pada 5 kotak, berapa isi telur pada masing-masing kotak? Jika telur disimpan pada 5 kotak maka tiap kotak berisi 4 butir telur.

Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan 4 x 5 = 20.

b. Jika telur ia simpan pada 4 kotak, berapa isi telur pada masing-masing kotak?  Jika telur di simpan pada 4 kotak maka tiap kotak berisi 5 butir telur.

Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan 4 x 5 = 20.

Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari penyimpanan telur Beni.
5 x 4 = 4 x 5

2. Beni juga memelihara kelinci. Kelinci makan sayuran, salah satunya wortel. Beni membeli 14 batang wortel. Gambarlah wortel pada kotak yang tersedia!

a. Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?
Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 7 batang wortel.
wortel
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan.
2 x 7 = 14

b. Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?
Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 2 batang wortel.

Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan
7 x 2 = 14

Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari pemberian wortel kepada kelinci.
2 x 7 = 7 x 2
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:45 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.