Home » » Pembelajaran 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Pembelajaran 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Ayo Mengamati
Keluarga Dayu sedang bercakap-cakap di teras rumah. Mereka bercerita tentang kegiatan yang dilakukan hari itu. Tiba-tiba Dayu teringat kalau ia belum melakukan tugasnya. Tugas Dayu setiap hari adalah menyiram tanaman di halaman rumah.

Setiap anggota keluarga mempunyai kewajiban dan hak masing-masing. Hak dan kewajibannya tergantung dari perannya di dalam keluarga. Di dalam keluarga ada ayah, ibu, dan anak.

Kewajiban ayah melindungi anggota keluarga dan mencari nafkah. Kewajiban ibu merawat anakanak dan mengurus rumah tangga. Kewajiban anak yaitu menghormati orang tua dan belajar dengan tekun. Kewajiban anak juga termasuk tugas-tugas yang harus dilakukannya di rumah. Contohnya kewajiban Dayu, yaitu menyiram tanaman.

Ayo Bercerita
Ceritakanlah pengalamanmu tentang perbedaan peran anggota keluargamu!
Budi berangkat ke sekolah pukul 06.15 bersama adik dan teman-temanya. Sebelum berangkat ke sekolah Budi berpamitan dengan ayah dan ibunya. Budi pulang sekolah pukul 12.30, sampai di rumah Budi berganti baju, mencuci tangan kemudian makan siang.

Sementara ibu  biasnya bangun paling awal dari semua anggota keluarga yang ada. Ibu menyiapkan sarapan pagi dan semua kebutuhan anggota keluarga. Pada pagi hari ibu memang sangat sibuk dengan aktivitasnya..

Ayah memang bertugas mencari nafkah untuk keluarga. Meski begitu ketika pagi hari ayah juga membantu beberapa pekerjaan Ibu. Setelah membantu ibu biasanya Ayah akan pergi bekerja. Biasanya ayah pulang pada sore hari. Sehingga pada sore hari semua anggota keluarga dapat berkumpul kembali.

Ayo Membaca
Membuat dan Merawat Tanaman Gantung

Siti dan Lani sedang mengamati tanam-tanaman di sekolah
Lani:“Siti, ayo kita membuat pot gantung! Tanamtanaman ini sepertinya butuh tempat baru.”
Siti:“Setuju, Lani. Kasihan tanam-tanaman itu. Potnya sudah tidak cukup.”
Lani:“Tanam-tanaman itu dapat terganggu pertumbuhannya.”
Siti:“Mari kita segera buat pot gantung itu. Apa saja yang dibutuhkan?”
Lani:“Botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.”
Siti:“Lalu, bagaimana cara membuatnya?”
Lani:“Yang pertama, kita potong bagian bawah botol. Kemudian, rekatkan pita perekat ke sekeliling bagian yang dipotong.“
Siti:“Baik. Setelah itu?”
Lani:“Buat 4 lubang di bagian berperekat. Masukkan tanaman ke dalam botol pelanpelan. Rapikan dan sebar akar tanaman ke seluruh bagian botol. Kemudian, masukkan tanah hingga tiga perempat isi botol.”
Siti:“Sejauh ini tidak sulit. Lanjutkan, Lani.”
Lani:“Masukkan tali plastik ke dalam lubang. Gantung menggunakan paku di dinding. Tutup bagian yang terbuka dengan kayu pipih.”
Siti:“Mari kita ajak teman-teman yang lain untuk membuatnya!”

Setelah membaca percakapan di atas. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
  1. Di mana Lani dan Siti bercakap-cakap? Lani dan Siti bercakap-cakap di halaman sekolah.
  2. Mengapa Lani dan Siti merasa perlu membuat pot gantung? Lani dan Siti merasa perlu membuat pot gantung karena tanaman-tanaman itu butuh tempat baru.
  3. Apa yang dibutuhkan untuk membuat sebuah pot gantung? Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pot gantung antara lain :  botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.
  4. Apakah yang pertama kali harus dilakukan untuk membuat pot gantung? Hal yang pertama kali dilakukan untuk membuat pot gantung adalah  adalah memotong bagian bawah botol, kemudian merekatkan pita perekat ke sekeliling bagian yang dipotong.
  5. Apa yang digunakan untuk menutup bagian atas pot gantung? Untuk menutup pot gantung bagian atas menggunakan kayu pipih.
Pot Gantung
Ayo Menulis
Jika kamu berperan sebagai Siti yang mewawancarai Lani, tulislah hasil wawancara Siti tentang perawatan tanaman gantung!

Laporan Hasil Wawancara :
Tanaman membutuhkan tempat baru agar pertumbuhannya tidak terganggu. Untuk itulah kita perlu membuat pot gantung. Alat dan bahan membuat pot gantung antara lain sebagai berikut: botol plastik bekas, pita perekat, gunting, tanah, kayu pipih, tali, dan tanaman.

Sedangkan langkah-langkah membuat pot gantung antara lain sebagai berikut :
  1. Pertama, kita potong bagian bawah botol. Kemudian, rekatkan pita perekat ke sekeliling bagian yang dipotong.
  2. Kedua, buatlah 4 lubang di bagian berperekat. Masukkan tanaman ke dalam botol pelan-pelan. Rapikan dan sebar akar tanaman ke seluruh bagian botol. Kemudian, masukkan tanah hingga tiga perempat isi botol.
  3. Ketiga, masukkan tali plastik ke dalam lubang. Gantung menggunakan paku di dinding. Tutup bagian yang terbuka dengan kayu pipih
Ayo Mencoba
Melakukan kegiatan memutar badan dan menekuk badan dalam permainan
Memutar Badan
Contoh gerakan-gerakan memutar dan menekuk.
  1. Gerakan memutar kepala
  2. Gerakan memutar lengan
  3. Gerakan memutar pinggang
  4. Gerakan memutar tumit
  5. Gerakan menekuk kaki kanan dan meletakannya di depan dada, lalu lakukan hal yang sama pada kaki kiri
  6. Gerakan menekuk kaki kanan dan meletakkannya di belakang, lalu lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

Rangkaian kombinasi gerak memutar dan menekuk antara lain sebagai berikut :
  1. Memutar kepala ke kanan 4 hitungan
  2. Memutar kepala ke kiri 4 hitungan
  3. Memutar lengan ke depan 4 hitungan
  4. Memutar lengan ke belakang 4 hitungan
  5. Menekuk lutut kanan ke belakang 4 hitungan
  6. Menekuk lutut kiri ke belakang 4 hitungan

Gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan badan disebut gerak nonlokomotor. Gerak nonlokomotor adalah gerak di tempat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.