Home » » Pembelajaran 2 Subtema 2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran 2 Subtema 2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia

Ayo Mengamati
Beni dan teman-temannya belajar di dalam kelas. Seisi kelas sedang mendengarkan dongeng. Edo sedang membacakan dongeng di depan kelas. Dongeng itu berjudul Kisah Semut dan Merpati. Teman lainnya menyimak dongeng yang dibacakan. Tahukah kamu, pada zaman dahulu burung merpati bertugas sebagai pengantar pesan?

Kisah Semut dan Merpati
Pengarang: Anonim

Pada suatu hari, ada seekor semut yang sedang berjalan-jalan mencari makan di pinggir sungai. Seperti biasa, dia berjalan dengan riang dan karena kurang hati-hati tiba-tiba ia terjatuh ke dalam sungai.

Arus sungai menghanyutkannya. Semut itu timbul tenggelam dan kelelahan. Ia berusaha untuk menepi, tetapi tidak berhasil. Seekor burung merpati kebetulan bertengger di ranting pohon yang melintang di atas sungai, melihat semut yang hampir tenggelam dan merasa iba.
Semut dan Merpati
Burung merpati ini memetik daun dan menjatuhkannya di dekat semut. Semut merayap naik ke atas daun. Akhirnya, ia berhasil menyelamatkan dirinya dengan bantuan daun tersebut dan mendarat di tepi sungai.

Tidak lama kemudian, sang semut melihat seorang pemburu burung sedang mengendap-endap berusaha mendekati burung merpati yang telah menolongnya tadi. Semut menyadari bahaya yang membayangi merpati yang baik tersebut. Ia segera berlari mendekati pemburu dan menggigit kaki sang pemburu.

Pemburu itu kesakitan dan terkejut. Ia mengibaskan ranting yang tadinya akan digunakan untuk menangkap burung. Burung Merpati menyadari keberadaan pemburu yang sibuk mengibas-ngibaskan ranting. Akhirnya sang burung pun terbang menyelamatkan dirinya.
Sumber: www.rumahdongeng.com

Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Pelajaran apa yang kamu dapatkan dari dongeng Kisah Semut dan Merpati?
Pelajaran yang dapat dipetik dari dongeng kisah semut dan merpati adalah : “Barang siapa berbuat baik akan mendapat balasan yang baik juga.”

2. Dari paragraf berapa kamu menemukan pelajaran dari dongeng Kisah Semut dan Merpati? Paragraf 4.

Ayo Bercerita
Ceritakanlah kembali isi dongeng Kisah Semut dan Merpati di depan teman sekelompok!
Pada suatu hari ada seekor semut terjatuh ke dalam sungai. Arus sungai menghanyutkan sang semut. Seekor burung merpati melihat semut dan merasa iba. Burung merpati memetik daun dan menjatuhkannya di dekat semut. Akhirnya, semut berhasil menyelamatkan diri dengan bantuan daun tersebut.

Tidak lama kemudian, semut melihat seorang pemburu burung mendekati burung merpati. Semut segera menggigit kaki sang pemburu. Pemburu kesakitan dan mengibaskan ranting sehingga merpati menyadari keberadaan pemburu. Akhirnya sang burung pun terbang menyelamatkan diri.

Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dalam hati!
Beni memelihara ayam di rumah karena ia menyukai binatang. Ayah Beni membuatkan kandang ayam. Setiap hari, Beni memberi makan dan minum kepada ayam-ayamnya. Ayam-ayamnya sudah ada yang bertelur. Beni bertugas mengumpulkan telur-telur itu.

Ayah Beni juga menyukai binatang. Ia memelihara burung beo. Burung beo ayah bisa bicara. Ayah juga orang yang lucu. Ia mengajari burung beo kata-kata lucu. Ayah dan Beni sering tertawa mendengarnya. Kadang-kadang Beni suka menggoda burung beo ayah.

Setiap manusia memiliki sifat masing-masing. Dalam keluarga ada yang memiliki sifat sama, ada juga yang berbeda. Dari cerita di atas, kita tahu bahwa sifat Beni rajin dan menyukai binatang.
  1. Tulislah dua sifat ayah Beni yang kamu temukan pada teks bacaan! (Sifat ayah Beni: menyukai binatang dan lucu)
  2. Tulislah dua sifat Beni yang kamu temukan pada teks bacaan! (Sifat Beni: rajin dan menyukai binatang)

Ayo Bermain Peran
Edo paling jago kalau diminta menirukan gerak dan ekspresi wajah seseorang. Edo tahu kalau Beni menyayangi binatang. Ia suka menirukan tingkah laku dan ekspresi Beni saat mengelus ayam-ayamnya.

Kegiatan menirukan gerak dan ekspresi wajah seseorang disebut pantomim. Kita bermain pantomim, yuk! Tirukanlah gerak dan ekspresi wajah yang menggambarkan sifat salah satu keluargamu! Temanmu yang lain akan menebaknya. Lakukanlah secara bergantian dengan temanmu!

Ayo Mencoba
Pernahkah kalian melihat kelinci atau katak yang melompat? Cara kelinci dan katak bergerak dengan meloncat. Kita akan melakukan gerakan meloncat dalam permainan loncat tali. Dua orang temanmu memutar tali dan mulailah meloncat saat tali berputar ke bawah.
Loncat Tali
Contoh gerakan loncat tali
  1. Kaki lurus dan lengan menggantung di depan tubuh.
  2. Tubuh jongkok dengan posisi dada tegak.
  3. Tubuh meloncat ke udara dengan tangan terbuka ke atas.
  4. Mendarat dengan satu kaki dan lutut menekuk.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:19 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.