Home » » Pembelajaran 4 Subbtema 2 Perubahan Energi

Pembelajaran 4 Subbtema 2 Perubahan Energi

Pada pertemuan yang lalu, Lani dan temanteman sudah berlatih gerakan. Gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun mengikuti irama. Hari ini, mereka akan mengulang gerakan tersebut. Alat yang digunakan kali ini adalah lembing. Mereka memperhatikan gerakan yang ditunjukkan guru olahraga.

Ayo Mencoba
Perhatikan petunjuk berikut! Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Sediakan bola plastik. Ikuti urutan gerakan seperti pada gambar. Jangan ragu saat melakukan gerakan. Tubuh yang bergerak secara rutin, akan terjaga kesehatannya.
Meliuk

Ayo Berlatih
Selain olahraga secara rutin kalian harus makan dan minum yang bergizi. Gizi yang terkandung di dalam makanan membuat tubuhmu sehat dan berenergi. Ketika tubuhmu sehat tidak akan merasa lemas atau lemah. Tubuh yang sehat mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Makanan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Orang yang berjasa dalam menyediakan buah-buahan adalah para petani. Para petani bekerja keras mengeluarkan energi agar buah-buahan yang ditanam berbuah lebat.

Tanaman tersebut dirawat dan diberi pupuk. Dengan demikian, tanaman tumbuh subur. Tanaman membutuhkan waktu lama hingga buahnya siap dipanen. Setelah panen, petani akan mengangkut dan menjualnya ke pasar. Semua kegiatan petani membutuhkan energi. Oleh karena itu, kalian wajib menghargai energi yang sudah dikeluarkan petani.

Coba, sekarang pikirkan baju yang dipakai. Mulai dari menanam pohon kapasnya sampai menjadi baju. Perhatikan gambar proses pembuatan baju berikut!
Proses Membuat Baju

Energi apa sajakah yang dikeluarkan untuk menghasilkan selembar kain? Apa kewajiban yang harus dilakukan terhadap pakaian yang kita miliki?
Energi apa saja yang
dikeluarkan seorang penjahit saat
 membuat baju?
Apa kewajibanmu terhadap
pakaian yang dimiliki?
Energi kimia dan Energi gerak saat petani menanam tanaman kapasMenjaga pakaian agar awet
Energi kimia dan Energi gerak saat pemintal memintal benangMenggunakan pakaian dengan baik
Energi kimia, gerak dan energi listrik pada saat menjahit bajuMencuci pakaian jika kotor.

Waktu yang dibutuhkan begitu lama. Energi yang digunakan juga begitu besar. Oleh karena itu kita harus menghargai waktu dan energi.

Ayo Berlatih
Coba hitung waktu kegiatan berikut!
Bu Nia pergi ke pasar. Bu Nia akan membeli bahan untuk menjahit. Dia berangkat dari rumah pukul
08.30. Setelah 45 menit, Bu Nia selesai belanja. Dia pun segera pulang. Pukul berapa Bu Nia pulang dari pasar? Gambarkan dengan jarum jam!

Jawab
Berangkat pukul 08.30
Lama di pasar 45 menit.
Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15.
Perhatikan penjelasannya!
hitung
Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15
Jadi dapat kita gambarkan jarum jamnya sebagai berikut.
Jam 9
Nah, berikut ini beberapa soal tentang lamanya suatu kejadian. Jawablah soal-soal tersebut!
1. Pak Ahmad menanam bibit cabai pada awal bulan Maret. Pada bulan akhir Juni cabai-cabai tersebut sudah siap dipanen. Berapa lama proses menanam cabai tersebut?
Awal Maret - Akhir Juni = 4 bulan.

2. Seorang penjahit bisa menjahit 3 baju dalam sehari. Jika dia harus menjahit 15 baju, berapa hari yang dia butuhkan?
15 : 3 = 5 maka penjahit membutuhkan waktu 5 hari.

3. Pada hari Senin, ibu membawa bahan ke tukang jahit. Ibu ingin menjahit bajunya. Pada hari Sabtu baju tersebut sudah selesai dijahit. Berapa hari waktu yang dibutuhkan untuk menjahit baju ibu?
Senin - Sabtu = 6 hari.

4. Lani membantu ibu membuat kue bolu di dapur. Ibu mulai membuat kue pukul 09.00. Pukul 10.30 kue pun matang. Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk membuat kue tersebut?
10.30
09.00 -
01.30 ( 1 jam 30 menit)

5. Ayah mulai mencuci mobil pukul 08.00. Lamanya ayah mencuci mobil adalah 45 menit. Pukul berapa ayah selesai mencuci mobil? Gambarkan dengan menggunakan jarum jam.
08.00
00.45 +
08.45
Cuci Mobil
Waktu yang dibutuhkan begitu lama. Energi yang digunakan juga begitu besar. Oleh karena itu kita harus menghargai waktu dan energi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:19 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.