Home » » Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi

Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi

Ayo Mengamati
Energi gerak dibutuhkan saat kita melakukan aktivitas. Energi gerak tubuh berasal dari energi kimia pada makanan. Tubuh yang selalu digerakkan dengan teratur akan terjaga kesehatannya. Senam irama merupakan contoh gerakan tubuh yang menyehatkan. Pada pelajaran lalu, kalian sudah melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun. Kali ini kalian akan melakukan kombinasi gerak berjalan, meliuk, dan mengayun.

Ayo Mencoba
Ayo berlatih gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun. Tunjukkan keberanian dan rasa percaya dirimu. Perhatikan petunjuk cara melakukan gerakan tersebut.

Peganglah bola dengan tangan kanan. Kemudian, lakukan gerakan berjalan 2 langkah. Selanjutnya, lakukan gerakan meliukkan badan sambil mengayunkan bola. Perhatikan gambar berikut!
Gerakan Meliuk

Selesai latihan, jangan lupa melakukan pendinginan. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan kegiatan.

Ayo Mengamati
Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat menyegarkan kembali tubuh kita.

Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

a. Perubahan energi listrik menjadi energi panas
Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.

Lihatlah contoh gambar perubahan energi listrik menjadi energi panas!
Listrik Menjadi Panas
b. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak
Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
Energi Gerak

c. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas.
Energi Kimia
Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

d. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi
Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.
Energi Bunyi

Ayo Bercerita
Kalian telah mempelajari informasi tentang perubahan energi. Ceritakan kembali apa yang sudah kalian pelajari kepada teman dan gurumu! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita, jelaskan! Pada tubuh kita terjadi perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Makanan diubah menjadi sari-sari makanan yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi energi gerak.
  2. Jelaskan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas? Beberapa contoh perubahan energi lostrik menjadi energi panas misalnya pada setrika listrik, penanak nasi listrik, dan kompor listrik.
  3. Perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin? Pada saat menyalakan kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
  4. Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak! Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah saat kita berolah raga. Energi kimia dari bahan makanan digunakan untuk menggerakan anggota badan kita,
  5. Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi? Pada saat  memainkan rebana terjadi perubahan energi gerak dari tangan menjadi energi bunyi pada rebana.

Ayo Mengamati
Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih sayangnya kita semua dapat hidup. Energi adalah nikmat Tuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkan-Nya.

Kita berhak menggunakan energi tersebut. Tapi kita juga memiliki kewajiban terhadap energi. Kita wajib menggunakan energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus digunakan untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.

Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk mengajar. Ia curahkan tenaga agar murid-muridnya menjadi cerdas dan terampil. Guru berharap kelak murid-muridnya menjadi orang yang berguna.

Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya digunakan untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat dia tetap bekerja.

Petani berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk kebutuhan hidup. Padi digiling menjadi beras. Beras dimasak lalu dimakan.

Menggunakan energi untuk hal yang berguna merupakan suatu kewajiban. Jangan menggunakan energi untuk hal yang tidak berguna. Misalnya tenaga seseorang yang kuat digunakan untuk berkelahi. Energi bunyi dari radio digunakan untuk mengganggu orang lain. Atau energi panas api digunakan untuk main petasan.

Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kamu lakukan terhadap orang tersebut

Tuliskan pendapatmu di bawah ini!
Energi yang kita miliki sebaiknya digunakan untuk kebaikan. Jika ada orang yang menggunakan energinya untuk hal-hal yang merugikan sebaiknya kita menasehatinya bahwa tindakan yang ia lakukan tidak baik dan merugikan orang lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.