Home » » Pembelajaran 1 Subtema 2 Perubahan Energi

Pembelajaran 1 Subtema 2 Perubahan Energi

Energi tidak dapat diciptakan oleh manusia. Energi juga tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Ayo Membaca
Perubahan Energi
Lani sedang membantu ibu di dapur. Lani memperhatikan kompor yang sedang menyala. Lani bertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapat menyala. Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya. Bahan bakar yang sering digunakan untuk kompor adalah minyak tanah dan gas.

Energi pada minyak tanah dan gas adalah energi kimia. Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor. Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh. Makanan merupakan sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut diolah menjadi sari-sari makanan. Sari-sari makanan diubah menjadi energi. Karena energi inilah seluruh bagian tubuh dapat bekerja.
Berenergi
Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karena adanya energi. Begitu pula bagian-bagian tubuh lainnya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Mengapa kompor ibu dapat menyala? Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya yaitu minyak tanah dan gas.
  2. Tuliskan perubahan energi apa yang terjadi saat kompor menyala! Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas.
  3. Tuliskan perubahan energi apa yang terjadi di dalam tubuh kita! Makanan diolah menjadi sari-sari makanan yang kemudian diubah menjadi energi.
  4. Apa manfaat energi bagi tubuh? Energi menyebabkan seluruh bagian tubuh dapat bekerja.
  5. Apa yang terjadi jika tubuh kita berenergi? Jika tubuh kita berenergi maka tubuh dapat bekerja.

Ayo Berdiskusi
Amatilah lingkungan sekitarmu! Lihatlah perubahan energi yang ada di sekitarmu? Diskusikan bersama temanmu! Perubahan energi apa saja yang terjadi sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini!
Peristiwa perubahan
energi di rumah
Peristiwa perubahan
energi di sekolah
Perubahan energi listrik menjadi energi gerak pada kipas angin.Perubahan energi listrik menjadi cahaya pada lampu ruang kelas.
Perubahan energi kimia menjadi energi panas saat menyalakan komporPerubahan energi listrik menjadi energi bunyi pada saat bel sekolah berbunyi
Perubahan energi listrik menjadi energi panas saat ibu menyetrika baju.Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi saat penjaga sekolah memukul bel sekolah
Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi pada saat mendengarkan radioPerubahan energi listrik  menjadi energi bunyi dan energi cahaya saat menyalakan komputer
Perubahan energi listrik menjadi energi gerak saat ibu menyalakan blenderPerubahan energi kimia menjadi energi gerak saat berolah raga.

Ayo Bercerita
Bacakan hasil diskusimu kepada teman dan gurumu!

Ayo Menari
Selesai membantu ibu, Lani beristirahat. Lani mendengarkan musik sambil menari. Lani mempraktikkan gerak lemah kaki pada tari. Gerak ini telah diajarkan oleh Ibu Guru di sekolah. Lani menggerakkan kakinya dengan lemah lembut. Gerakan tersebut mengikuti irama lagu Oh Ina Ni Keke, yang temponya lambat. Ada tiga gerakan kaki yang Lani pelajari. Berikut ini urutan gerakan yang dilakukan.

Gerakan pertama
Tangan bertolak di pinggang. Kaki kanan dijulurkan ke depan menyilang ke kiri. Posisi ujung telapak kaki menghadap ke atas. Tumit menyentuh lantai. Lakukan bergantian dengan kaki kiri menyilang ke kanan.
Gerakan Pertama

Gerakan kedua
Kaki kanan dibuka ke samping kanan. Kaki kiri merapat sambil menekuk lutut. Badan juga dicondongkan ke kanan. Kemudian kaki kiri digerakkan ke samping kiri. Kaki kanan dirapatkan ke kiri sambil menekuk lutut. Badan dicondongkan ke kiri. Lalu kembali ke posisi semula.
gerakan 2

Gerakan ketiga
Kaki kanan digerakkan ke samping kanan sambil kedua lutut ditekuk, badan ikut turun mengikuti
Gerakan
Saat melakukan gerakan tari dibutuhkan energi. Besar kecilnya energi yang dikeluarkan tergantung dari kuat lemahnya suatu gerakan. Gerakan yang lemah tidak terlalu menguras energi. Tempo musik yang lambat sangat mempengaruhi kuat lemahnya gerakan tari. Coba, lakukan gerakan tari tersebut bersama temanmu!

Ayo Mengamati
Tidak terasa sudah satu jam Lani berlatih menari. Lani berlatih sejak pukul 12.30. Sekarang, Lani merasa sangat lelah. Lani pun pergi ke kamar untuk istirahat tidur siang. Sampai di kamar Lani langsung membaringkan tubuh. Tidak lama kemudian, Lani pun tertidur.

Tepat pukul 16.00 Lani terbangun. Jam dinding berbunyi. Lani segera mandi. Selesai mandi dan ganti pakaian, Lani mengulang pelajaran. Kebetulan ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Lani mengerjakan PR dengan serius. Tidak terasa, jam dinding menunjukkan pukul 17.30. Pekerjaan rumah Lani telah selesai.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai cerita di atas!
Lani
  1. Pukul berapa Lani selesai latihan menari di rumahnya? Tunjukkan dengan jarum jam!
  2. Berapa lama Lani tidur siang? 3 Jam 30 menit
  3. Berapa lama Lani mengerjakan pekerjaan rumah? 1 jam 30 menit
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:51 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.