Home » » Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.

Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh.

Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang.

Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.

Ayo Mengamati
Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktivitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal-soal berikut ini. Tuliskan keadaan cuaca berdasarkan gambar di bawah ini!
Cuaca Cerah
Ayo Menulis
Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan. Di bawah ini adalah simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.
Cuaca
Amati cuaca selama lima hari. Lengkapi tabel di bawah ini. Gunakan simbol cuaca.
WaktuSeninSelasaRabuKamisJumat
Siang
Cerah
Hujan
Berawan
Cerah
Hujan
Malam
Malam Cerah
Hujan
Hujan
Malam Cerah
Malam Cerah
Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini malam cerah

Tuliskan informasi yang kamu ketahui tentang keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya. Gunakan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.
  1. Cuaca cerah adalah keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya. Ciri-cirinya langit terang, awan yang terlihat di langit hanya sedikit, dan udara terasa hangat.
  2. Cuaca panas / cerah berawan adalah keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya dengan terik. Udara terasa panas dan terasa membakar kulit. Di saat panas, angin bertiup kencang dan banyak debu berterbangan
  3. Cuaca berawan adalah keadaan ketika sinar matahari tertutup oleh awan. Langit menjadi agak gelap, awan menebal, dan udara terasa dingin. Keadaan cuaca seperti ini menandakan akan turunnya hujan.
  4. Cuaca hujan adalah keadaan ketika butiran-butiran air jatuh ke bumi. Ketika cuaca hujan udara terasa dingin dan langit menjadi gelap. Cahaya matahari hanya sedikit terpancar karena tertutup oleh awan.

Ayo Berlatih
Udin menonton berita prakiraan cuaca di televisi. Ibu membawakan kue bolu kesukaan Udin. Satu loyang kue bolu dengan aroma cokelat. Harum cokelatnya mengundang selera. Lalu, kue tersebut dipotong menjadi dua. Satu kue dipotong menjadi dua. Setiap potongan disebut satu perdua atau seperdua. Kedua potongan satu per dua dibagi lagi menjadi empat.

Sekarang setiap potongan disebut satu perempat atau seperempat. Ibu memotong kue menjadi delapan bagian. Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan bagian dari kue yang utuh. Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.

Ayo Berlatih
A. Mengenal pecahan sederhana
Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam. Perhatikan potongan kue A dan B di bawah ini.
Pecahan
Kue A
  1. Satu dibagi 2 bagian yang sama.
  2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.
  3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.
  4. Lambang pecahan seperdua adalah 1/2 .
  5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B
  1. Satu dibagi 4 bagian yang sama.
  2. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.
  3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat. Lambang pecahan seperempat adalah 1/4 .
  4. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini.
Pecahan
  1. Berapa bagian pizza yang sudah dimakan Udin?1/4
  2. Siti senang makan buah apel. Ia ingin membaginya pada Lani dan Dayu. Berapa bagiankah buah apel dipotong agar Siti, Lani, dan Dayu mendapat bagian yang sama?1/3
  3. Ibu menyediakan satu roti panjang untuk sarapan pagi keluarga. Roti utuh ini dipotong menjadi 4. Setiap anggota keluarga akan mendapat berapa bagian roti?1/4
  4. Saat udara panas, makan buah jeruk terasa menyegarkan. Beni ingin membagi jeruknya pada Edo. Dari satu buah jeruk, Beni dan Edo akan mendapat berapa bagian?1/2
  5. Lani membawa kue bulan ke sekolah. Lani ingin membaginya untuk 4 orang. Satu bagian diberikan untuk Lani, Siti, Udin, dan Beni. Berapa  bagian kue kah yang didapatkan setiap teman?1/4
  6. Siti berulang tahun. Dia ingin berbagi martabak manis aneka rasa untuk teman-teman di kelas. Satu loyang martabak dipotong untuk 8 orang. Berapa bagian martabak untuk setiap orang?1/8

Ayo Bernyanyi
Cuaca malam masih diselimuti hujan. Saat hujan, bulan tak tampak di langit. Ibu mendendangkan lagu Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti belajar di kamar. Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama.
Ambilkan Bulan
Nyanyikanlah dengan irama yang tepat. Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama cepat. Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama sedang. Ada pula bagian yang dinyanyikan dengan tempo irama lambat.

Perhatikan lagu Ambilkan Bulan Bu. Kalimat 1 dan 2 memiliki tempo irama yang sama. Menyanyi dapat membuat hati senang. Menyanyi juga dapat menenangkan hati.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:12 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.