Home » » Pembelajaran 5 Subbtema 2 Perubahan Energi

Pembelajaran 5 Subbtema 2 Perubahan Energi

Siswa membutuhkan sarana belajar. Sarana itu diperlukan agar siswa dapat belajar dengan nyaman di sekolah. Siswa perlu ruang kelas yang bersih. Siswa perlu halaman untuk bermain dan berolah raga. Sekolah juga harus menyediakan energi listrik untuk keperluan belajar. Listrik untuk penerangan. Listrik untuk menyediakan air. Juga listrik untuk menghidupkan peralatan yang diperlukan selama belajar.

Setiap bulan sekolah harus membayar penggunaan energi listrik. Sebagai warga sekolah siswa wajib ikut melakukan penghematan listrik. Matikan lampu kelas jika tidak diperlukan. Matikan keran air setelah digunakan.

Sebagai warga sekolah yang baik siswa wajib menunjukkan kepedulian atas penggunaan energi di sekolah. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memenuhi kewajiban melakukan penghematan energi.

Perilaku hemat merupakan perilaku yang disukai Tuhan. Tuhan menyukai orang-orang yang berbuat hemat. Tuhan menyukai orang-orang yang tidak melakukan pemborosan.

Kalian telah membaca wacana di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Apa sajakah yang dibutuhkan agar kalian dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh! Agar belajar dengan nyaman siswa membutuhkan ruangan yang rapi, bersih, dan jauh dari keramaian, dan penerangan yang cukup.
  2. Apa yang perlu disediakan sekolah agar siswanya dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh! Agar belajar dengan nyaman sekolah perlu menyediakan ruang kelas yang bersih. halaman untuk bermain dan berolah raga, dan energi listrik untuk keperluan belajar.
  3. Apa kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah? Kewajiban siswa terhadap sarana sekolah adalah menjaga dan merawatnya dengan baik.
  4. Untuk apa sajakah energi listrik digunakan di sekolah? Berikan 3 contoh!  Penggunaan energi listrik di sekolah antara lain untuk menyalakan lampu, menyalakan penyejuk ruangan, menghidupkan bel sekolah, dan menghidupkan komputer bagi para guru yang bekerja dengan komputer
  5. Tuliskan 3 peristiwa perubahan energi yang terjadi sehari-hari. Contoh perubahan energi antara lainsaat menyetrika terjadi perubahan energi listrik menjadi energi panas. saat menyalakan kipasterjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. dan saat menyalakan televisi terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi

Ayo Berlatih
Sebagai warga sekolah yang baik kalian memiliki kewajiban untuk menggunakan energi dengan baik. Berikut ini contoh perilaku yang menunjukkan kewajiban menggunakan energi dengan baik. Berikan tanda centang (√) pada gambar yang sesuai. Berikan tanda silang (X) pada gambar yang tidak sesuai!
Hemat Energi

Tuliskan 3 contoh kewajiban menggunakan energi di rumah!
No.Kewajiban menggunakan energi di rumah
1.Menggunakan energi dengan bijak/sesuai kebutuhan
2.Menjaga kelestarian sumber-sumber energi yang ada.
3.Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang hemat energi

Kalian harus melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Penghematan energi merupakan tanggung jawab kalian. Menghemat energi sangat penting bagi kehidupan. Sikap ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan.

Ayo Berlatih
Setiap hari kita menggunakan energi. Tanpa energi manusia tidak dapat melakukan aktivitas. Semakin lama aktivitas dilakukan, maka semakin besar energi yang digunakan.

Hitunglah lama waktu pada kegiatan berikut! Tentukan satuan waktu yang sesuai!
KegiatanMulaiSelesaiLamanya
Menyiapkan sarapan05.4506.1505.75
05.45 -
30 menit
Perjalanan ke sekolah06.2006.4506.45
06.20 -
25 menit
Kursus Bahasa Inggris15.3017.0016.60 (pinjam 1 jam (60 menit)
15.30 -
01.30 (1 jam 30 menit)
Mengerjakan PR19.3021.0020.60 (pinjam 1 jam (60 menit)
19.30 -
01.30 (1 jam 30 menit)
Istirahat malam21.3005.0023.60 (pinjam 1 jam (60 menit)
21.30 -
02.30 
05.00 +
07.30  (7 jam 30 menit)

Pada tabel ada lima (5) kegiatan. Kegiatan manakah yang paling lama? (Istirahat malam)
Kegiatan manakah yang paling singkat? (Perjalanan ke sekolah)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.