Home » » Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Pakaian Profesi
Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.
Pakaian Profesi
Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Amatilah teks “Pakaian Profesi”!
Jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Apa saja yang diceritakan teks? Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi banyak jenisnya. Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi.
  2. Apakah orang zaman dahulu mengenakan pakaian profesi saat bekerja? Mengapa? Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini karena pada zaman dahulu belum ditemukan teknologi produksi sandang.
  3. Pakaian profesi apa yang sangat ingin kamu kenakan? Mengapa? Saya ingin mengenakan pakaian profesi polisi karena saya ingin ikut menjaga ketertiban masyarakat.
  4. Apa kelebihan dan kekurangan memakai pakaian profesi? Kelebihan pakaian profesi adalah dapat menunjukkan identitas atau jenis profesi orang yang mengenakan pakaian tersebut, sedang kekurangannya adalah membeda-bedakan orang berdasarkan profesinya.
  5. Apa yang ingin kamu tanyakan tentang pakaian profesi? Tuliskan pertanyaanmu!

Ayo Bercerita
Amati kembali teks “Pakaian Profesi”!
Berceritalah kepada temanmu tentang pakaian profesi! Berceritalah secara bergantian!
Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian profesi biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pakaian profesi banyak jenisnya diantaranya adalah  pakaian dokter, tentara, polisi, pilot dan pengacara dan masih banyak yang lainnya.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter, Pak polisi, dan Ibu pengacara mengenakan pakaian profesi saat bertugas saja. Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Pakaian profesi dapat digunakan untuk membedakan jenis profesi dan menjadi kebanggaan pemakainya.

Ayo Berlatih
Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita.
Cita-Citaku
Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Siapa sajakah yang mengenakan pakaian profesi? Udin, Dayu, Lani, Beni, Siti, dan Edo.
  2. Apakah semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus? Jelaskan! Tidak semua jenis pekerjaan memiliki pakaian profesi, misalnya saja nelayan tidak memiliki pakaian profesi.
  3. Bagaimana sikapmu jika memiliki teman-teman yang berbeda cita-cita denganmu? Jelaskan! Jika ada teman yang berbeda cita-citanya, kita harus menghargai pilihan cita-citanya tersebut.

Ayo Mencoba
Edo dan teman-temannya mempunyai cita-cita yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu memiliki perbedaan dengan teman-temanmu? Tanyalah teman-temanmu apa cita-citanya! Tanyakan kepada teman laki-laki dan perempuan. Tuliskan hasil temuanmu pada bagan berikut!
Tetap bersatu dalam perbedaan
Cita-cita teman laki-lakiCita-cita teman perempuan
Dokter, polisi, tentara, pilot, masinisPerancang busana, penyiar, perawat, dan dokter
Persamaan
Siswa laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki cita-cita.
Perbedaan
Mereka dapat memiliki cita-cita yang berbeda sesuai keinginannya.
Perbuatan yang harus
dihindari
Perbuatan yang harus
dilakukan

  1. Menganggap cita-cita sendiri lebih baik dari teman yang lainnya.
  2. Mengejek cita-cita teman yang lain.
  3. Berprasangka buruk dengan cita-cita teman.
  1. Menghargai cita-cita teman, 
  2. Memberi semangat kepada teman agar cita-citanya tercapai, dan
  3. Mendoakan teman-teman.

Ayo Menulis
Kamu sudah menuliskan perbuatan yang harus dihindari dalam keberagaman. Ceritakan maksud
salah satu perbuatan yang kamu tulis! Apa akibat jika perbuatan itu tidak kamu lakukan? Apa akibat jika perbuatan itu kamu lakukan? Tuliskan ceritamu pada tempat yang tersedia!
Kita harus mendoakan teman agar cita-cita yang mereka pilih dapat tercapai. Untuk mencapai cita-cita tersebut tentunya perlu belajar dengan tekun dan selalu berusaha. Jika kita malas belajar tentunya cita-cita tersebut akan sulit tercapai.

Ayo Mencoba
Kamu sudah mempelajari bermacam-macam motif pada kain. Motif-motif itu berbentuk bangun datar. Masih ingatkah kamu dengan karton bentuk bangun datarmu?

Ayo kita berkreasi kembali dengan karton berbentuk bangun datar! Buatlah bentuk yang berbeda dari yang pernah kamu buat! Lakukan sesuai langkah-langkah pada kegiatan sebelumnya!

Apakah bentuk bangun datar yang kamu buat memiliki simetri putar? Lakukanlah percobaan dengan gembira!

Ayo Berlatih
Catatlah hasil percobaanmu pada tabel berikut!
Beri tanda (✔) jika memiliki dan ( X ) jika tidak memiliki. Tuliskan banyak simetri putar jika ada!
No.Bangun DatarMemiliki Simetri PutarBanyaknya
1
Persegi Panjang
2
2
Sembarang
X-
3
Layang Layang
X-
4
Jajar Genjang
2
5
trapesium
X-
Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:45 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.