Home » » Pembelajaran 6 Subtema 1 Sumber Energi

Pembelajaran 6 Subtema 1 Sumber Energi

Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.
Minuman
Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.

Ayo Berdiskusi
Carilah teman untuk diskusi! Diskusikan hak yang sesuai dengan kewajiban yang tertulis pada tabel berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
KewajibanHak
Mematikan keran air jika tidak dipakai.Mendapatkan air yang cukup untuk mandi
Tidak membuang-buang makananMendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan
Mematikan lampu di siang hari.Dapat membaca buku dengan penerangan yang cukup
Tidak menghamburkan air di kamar mandi.Tersedianya air untuk berbagai kebutuhan
Menghabiskan minum yang sudah diambilMendapatkan minuman untuk kebutuhan tubuh

Ayo Menulis
Kalian telah diskusi dengan teman untuk melengkapi tabel di atas. Sekarang buatlah sebuah tulisan tentang sumber energi yang telah kamu pelajari. Kamu dapat menulis tentang matahari, air, angin, atau makanan. Semakin lengkap informasimu semakin baik. Kerjakan di buku tugasmu!

Matahari
Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan fotosintesis pada tumbuhan. Matahari mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi bumi. Energi pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di bumi bersirkulasi, dan banyak hal lainnya.

Matahari juga merupakan sumber energi terbesar di bumi. Tanpa matahari, sulit dibayangkan kalau akan ada kehidupan di bumi. Karena berkat adanya sinar matahari, dunia ini menjadi hidup karena sinar matahari memberikan energi pada semua mahluk bumi.

Pemanfaatan sumber energi matahari sudah digunakan orang sejak dahulu. Panas Matahari biasa digunakan untuk mengeringkan cucian, mengeringkan hasil bumi.

Angin
Pemanfaatan energi angin muncul karena energi angin ini tersedia tanpa ada batas habibisnya. Energi angin ini pasti memiliki manfaat seperti eneri alam lainnya, seperti energi panas bumi. Dengan memanfaatkan energi dari alam ini, tentunya penggunaannya tidak akan merusak alam karena terjadinya pergerakan angin terjadi secara alamiah.

Sekarang ini, ada banyak manfaat dari energi angin dalam kehidupan sehari-hari. Pada bidang kelautan, energi angin digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai penggerak pada layar kapal. Di bagian belahan dunia lainnya, energi angin ini telah lama digunakan sebagai penggerak kincir angin untuk keperluan penggilingan gandum atau tepung. Energi angin juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

Air
Sumber daya air yang cukup sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan pertanian. Pengairan dalam pertanian sering kali dilakukan petani saat musim kemarau dimana hujan tidak turun. Jika tidak ada pengairan, maka tanaman pertanian tidak dapat tumbuh dengan baik.

Sumber daya air menjadi salah satu sumber pembangkit tenaga listrik yang disebut dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Air yang mengalir deras dari sumbernya dapat dimanfaatkan untuk menggerakan turbin pembangkit listrik. Turbin yang berputar akan mengubah energi potensial dari air menjadi energi mekanis. Energi mekanis lalu diubah oleh generator listrik menjadi energi listrik. Hal tersebut membuat pemerintah membangun banyak waduk dan bendungan untuk menampung dan mengalirkan air sehingga mencukupi kebutuhan air untuk membangkitkan tenaga listrik.

Makanan
Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Untuk berolahraga, belajar, dan aktivitas lain, kita membutuhkan makanan sebagai sumber energi.. Makanan diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Dengan asupan makanan yang baik dan cukup, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

Ayo Berlatih
Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Tentukan lamanya kegiatan berikut!
Mulai KegiatanSelesai KegiatanLamanya
Pukul 07.00Pukul 10.003 jam
Hari SeninHari Jumat5 hari
Bulan JanuariBulan Mei5 bulan
Pukul 09.00Pukul 12.003 jam
Pukul 14.00Pukul 15.301 jam 30 menit

Alat yang digunakan di rumahWaktu mulai
digunakan
Waktu selesai
digunakan
Lama
penggunaan
Mesin Air04.0005.301 jam 30 menit
Kipas Angin21.0004.007 jam 0 menit
Televisi14.3017.002 jam 30 menit
Lampu Listrik19.3021.001 jam 30 menit
Penanak Nasi Listrik10.0010.300 jam 30 menit
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.