Home » » Pembelajaran 5 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran 5 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar
Pakaian berasal dari bahan dasar yang berbeda. Ada yang berasal dari kapas dan serat daun. Ada yang berasal dari bulu domba dan serat sutra. Bahan dasar pakaian banyak didapat dari lingkungan sekitar.

Petani dan peternak menyediakan bahan dasar pakaian. Petani menyediakan kapas dan beberapa jenis daun. Bulu domba disediakan oleh peternak domba. Serat sutra disediakan oleh peternak ulat sutra.

Bahan dasar dikumpulkan dan dibawa ke pabrik pemintalan. Pemintal memintal bahan dasar di pabrik pemintalan. Mereka memintal bahan dasar menjadi benang. Pemintalan dilakukan dengan mesin-mesin modern.

Benang yang telah dipintal dibawa ke pabrik kain. Penenun menenun benang menjadi kain. Mereka menenun dengan mesin modern.
Bahan Sandang
Kain hasil tenunan dibawa ke tukang jahit. Penjahit menjahit kain menjadi baju. Mereka menjahit berbagai jenis baju. Mereka menjahit dengan mesin yang canggih. Baju yang dihasilkan dibawa ke pasar untuk dijual.

Keberagaman pekerjaan membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita memiliki pakaian karena bantuan petani dan peternak. Kita dapat mengenakan pakaian karena bantuan pemintal dan penenun. Kita memiliki baju karena bantuan penjahit.

Ayo Menulis
Kamu sudah membaca teks “Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar”. Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan pakaian? Lengkapi tabel berikut berdasarkan teks!

Pembuatan Pakaian
No.SiapaMengerjakanDi ManaMenghasilkan
1Petani KapasMenanam kapasKebunKapas
2Peternak Domba dan SutraMemlihara domba dan ulat suteraDi kebunBulu domba dan Kepompong sutera
3PemintalMemintal kapasPabrik pemintalanBenang
4PenenunMenenun benangPabrik kainKain
5Tukang jahitMenjahitTempat penjahitanBaju

Ayo Bercerita
Amati kembali tabel di atas! Apa yang akan terjadi jika tidak ada orang-orang pada tabel seperti zaman dahulu? Ceritakanlah pendapatmu di depan kelas!
Jika tidak ada petani kapas, peternak domba, peternak ulat sutera, pemintal, penenun, dan tukang jahit tentu kita tidak akan dapat memakai baju seperti yang sedang dipakai sekarang.

Ayo Berdiskusi
Amati kembali tabelmu! Berdiskusilah dengan teman di sebelahmu tentang jasa setiap pekerjaan! Sampaikan kesimpulan diskusimu kepada temanmu yang lain!

Ayo Menulis
Kamu sudah berdiskusi dengan temanmu. Tuliskan hasil diskusimu pada tempat tersedia! Orang-orang yang berjasa membuat pakaian
Setiap pekerjaan yang ada di sekitar kita memiliki peran masing-masing. Petani kapas berperan menanam kapas, pternak domba dan peternak ulat sutera berperan menghasilkan bulu domba dan kepompong ulat sutera. Pemintal berperan mengubag serat kapas, serat sutera, dan bulu domba menjadi benang. Penenun kain berperan mengubah benang menjadi kain. Tukang jahit berperan mengubah kain menjadi pakaian jadi.

Ada banyak jenis pekerjaan di sekitarmu. Ada penjahit, pedagang, abang becak, guru, dokter, dan lain-lain. Mereka berjasa kepadamu tanpa kamu tahu. Bersyukurlah dan berbuat baiklah kepada siapapun!

Ayo Mencoba
Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi. Ikutilah langkah-langkah berikut!
  1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm.
  2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.
  3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.
  4. Tentukan titik pusatnya.
  5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.
  6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam.
  7. Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?
  8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.
  9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh?
Simetri Putar
Beberapa bangun datar memiliki simetri putar. Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar dengan ketentuan:
Segitiga
  1. Hasil putaran menutupi pola yang sama dengan ketika sebelum diputar
  2. Putaran kurang dari satu putaran
  3. Memiliki titik pusat

Ayo Berlatih
Buatlah percobaan dengan bentuk bangun datar yang lain! Cobalah juga dengan sembarang bangun
datar! Lakukan langkah-langkahnya seperti pada halaman sebelumnya! Catatlah hasil percobaanmu pada tabel berikut! Beri tanda (✔) jika memiliki dan ( X ) jika tidak memiliki.
No.Bangun DatarMemiliki Simetri PutarBanyaknya
1
Persegi Panjang
2
2
Sembarang
X-
3
Layang Layang
X-
4
Jajar Genjang
2
5
trapesium
X-
Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:00 PM

1 komentar:

  1. Nakasih soalnya,kk🥰🥰,semoga sehat selalu

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.