Home » » Pembelajaran 4 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Pembelajaran 4 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Apakah kamu masih ingat dengan permainan lompat tali? Permainan lompat tali adalah permainan yang menyerupai tali yang disusun dari karet gelang. Sederhana tapi bermanfaat, bisa dijadikan sarana bermain sekaligus olahraga.

Cara bermainnya bisa dilakukan perorangan atau kelompok. Jika bermain secara berkelompok biasanya melibatkan minimal tiga anak, dua anak akan memegang ujung tali; satu dibagian kiri, satu lagi dibagian kanan, sementara anak yang lainnya mendapat giliran untuk melompati tali.

Tali direntangkan dengan ketinggian bergradasi, dari paling rendah hingga paling tinggi. Yang pandai melompat tinggi, dialah yang keluar sebagai pemenang. Sementara yang kalah akan berganti posisi menjadi pemegang tali.

Bermain lompat tali bisa menggunakan berbagai jenis alat. Salah satu alat bermain lompat tali adalah karet. Kumpulan karet dijalin sampai membentuk tali panjang. Menjalin karet termasuk membuat karya.

Bermain lompat tali membutuhkan keterampilan. Bermain lompat tali juga membutuhkan daya tahan kaki yang baik. Cobalah lakukan kegiatan berikut ini! Kegiatan ini untuk melatih daya tahan kaki.

Lakukan tahapan kegiatan berikut.
Gerakan Jongkok
  1. Berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu.
  2. Letakkan kedua tangan dibelakang kepala.
  3. Lakukan gerakan jongkok.
  4. Angkat kedua kaki bersama-sama. Meloncatlah setinggi yang kamu mampu.
  5. Saat posisi badan mendarat lakukan secara perlahan. Kembali pada posisi jongkok.
  6. Ulang kegiatan beberapa kali.

Salah satu kegiatan pramuka yang menarik adalah lintas alam. Kegiatan lintas alam atau penjelajahan juga merupakan kegiatan yang menantang. Melalui kegiatan lintas alam anggota pramuka dapat belajar mengenal lingkungan. Kegiatan berjalan-jalan sambil mengenal lingkungan sangat menyenangkan. Kegiatan berjalan juga berguna untuk meningkatkan daya tahan kaki.

Sebelum melakukan kegiatan lintas alam anggota pramuka berlatih berbagai keterampilan. Ada keterampilan menentukan arah mata angin dan membaca denah. Ada juga keterampilan membaca dan membuat peta perjalanan. Peta perjalanan digunakan sebagai petunjuk perjalanan. Berikut ini denah lokasi perkemahan pramuka.

Ayo Berlatih
Denah lokasi perkemahan menunjukkan posisi setiap tempat dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka.
Lokasi Kemah
Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!
Dari tenda anggota pramuka akan berjalan ke arah barat sampai menuju tungku. Dari tungku anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina.

Cobalah membuat denah menuju lokasi perpustakaan sekolahmu! Gunakan simbol sesuai imaginasimu! Lengkapi denah lokasi perpustakaan dengan keterangan arah mata angin!

Denah dan peraturan perpustakaan sangat bermanfaat untuk pengunjung. Manfaat peraturan untuk mengatur agar kegiatan berjalan dengan baik.

Ayo Membaca
Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.

Salah satu peraturan di perpustakaan adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.

Untuk membuat perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan menetapkan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti.

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil.

Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Kekayaan ini hendaknya dapat dirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.

Ayo Berlatih
Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini! Adakah kaitan aturan tersebut dengan sikap pengamalan sila Pancasila? Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut! Berikan pula alasannya!

1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengembalikan buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan artinya memberi kesempatan yang sama untuk yang lain

2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengganti buku yang rusak sama dengan memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain

3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menjaga ketertiban agar anggota perpustakaan lain dapat memanfaatkan perpustakaan dan dapat memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain

4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Hal itu sesuai dengan pengamalan sila Pancasila. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia

Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah melakukan sikap adil terhadap keluarga? Buatlah cerita tentang sikap adil yang pernah kamu lakukan! Buatlah cerita dalam 3 paragraf! Tuliskan terlebih dahulu pikiran pokok dari setiap paragraf!

Aku sangat menyayangi adikku. Usianya yang ada di bawahku membuatnya tidak bisa lepas dari pantauanku. Dia adalah tanggung jawab keduaku setelah diriku sendiri. Dia juga teman bermainku.

Aku selalu membagi segala sesuatu dengan adil. Misalnya saja saat menggunakan mainan. Meski adikku lebih muda, hak kami sama. Walau kadang kami berebut, sering aku sengaja mengalah demi adiikku tersayang.

Sikap adil menambah kasih sayang. Bersikap adil terhadap adik membuat aku semakin sayang kepada adiku. Adiku adalah saudaraku yang harus kusayangi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.