Home » » Pembelajaran 4 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran 4 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pagi hari, Siti menerima pesan singkat (SMS) dari Lani melalui ponsel milik ibu. Rupanya, Lani mengajak Siti untuk berenang bersama. Siti meminta izin kepada Ibu untuk pergi berenang bersama Lani dan Dayu. Ibu mengizinkan Siti pergi berenang. Ibu meminta Bibi untuk menemani Siti pergi berenang.

Berenang merupakan olahraga air yang baik. Pada saat berenang semua otot tubuh bergerak. Namun, kita harus waspada akan bahaya berkegiatan di air. Bahaya yang mungkin terjadi di kolam renang adalah tenggelam. Agar tetap selamat saat berenang, kita harus ditemani oleh orang yang sudah mahir.

Perhatikan poster cara menjaga keselamatan diri di kolam renang sebagai berikut.
Keselamatan
Upaya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di air
  1. Gunakan pelampung
  2. Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
  3. Berlatih berenang di kolam yang dangkal
  4. Tidak berenang sendiri dan pastikan ada yang mengawasi

Lakukan tahapan-tahapan berikut sebelum berenang:
  1. Pastikan pakaian yang dikenakan adalah pakaian renang.
  2. Lakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang.
  3. Lakukan kegiatan bersama teman yang sudah bisa berenang.
  4. Lakukan latihan meluncur dan mengambang di kolam dangkal.
  5. Kenakan pelampung agar lebih aman.

Ayo Membaca
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti.

Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.

Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

Bacalah teks berikut!
Alat Komunikasi Tulisan
Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Ayo Menulis
Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.
Teknologi

Temukan kalimat utama dari tiap paragraf! Lalu, tuliskan ringkasan teks “Alat Komunikasi Tulisan”!
  1. Paragraf 1 : Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan.
  2. Paragraf 2 : Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop.
  3. Paragraf 4 : Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel.
  4. Pragraf 4 : Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat

Ayo Berdiskusi
Setelah mendapat izin dari Ibu, Dayu dan temanteman segera menuju rumah Siti. Mereka mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai alat komunikasi.

Siti akan mencari informasi di internet. Dayu akan mencari informasi dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.

Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas membuat gambar dan hiasan pada ringkasan informasi yang telah dibuat.

Dayu dan teman-teman memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama dapat terlaksana jika kita memiliki kemampuan yang beragam?

Diskusikan dengan teman kelompokmu!

Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang! Tuliskan kemampuan khusus yang dimiliki oleh teman-temanmu!
Ragam Kemampuan
Ayo Berdiskusi
Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.

Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi.

Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatan bekerja sama. Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Apakah kemampuan setiap orang sama? Kemampuan setiap orang berbeda-beda.
Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau perbedaan dari setiap orang? Kita seharusnya menghargai perbedaan kemampuan setiap orang.

Diskusikan pentingnya memahami perbedaan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari! Bacakan hasil diskusimu di depan kelas!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.