Home » » Pembelajaran 4 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran 4 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Kegiatan yang menarik dalam pramuka adalah permainan. Salah satu permainan yang disukai adalah permainan arung jeram. Dalam permainan arung jeram, anggota kelompok dilatih untuk selalu bekerja sama. Kegiatan ini juga untuk melatih kekuatan kaki.

Ada banyak kerja sama yang dilakukan saat berlatih pramuka. Diantaranya saat mendirikan tenda dan saat melakukan permainan pramuka. Salah satu permainan pramuka yang membutuhkan kerja sama adalah permainan Arung Jeram.

Buatlah kelompok yang terdiri atas sepuluh orang. Cobalah permainan berikut ! Sebelum melakukan permainan tersebut lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lalu lakukan gerakan latihan sebagai berikut :
Pemanasan
  1. Duduk dan luruskan kakimu.
  2. Angkat kedua kakimu secara bersamaan, dapat dibantu dengan menggunakan tangan.
  3. Tahan posisi kaki terangkat sampai hitungan ketiga.
  4. Turunkan kembali kakimu.
  5. Ulangi kembali kegiatan dengan waktu lebih lama
Siapa diantara kalian yang paling lama bertahan melakukan gerakan tersebut? Sekarang cobalah permainan arung jeram !

Siswa berlatih permainan Arung Jeram. Cara bermain seperti berikut ini! Cara bermain:
Arung Jeram
  1. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Posisi kaki menjulur ke dalam lingkaran.
  2. Setiap peserta berpegangan kuat. Dapat juga menggunakan tali untuk berpegangan. Lakukan sesuai gambar. Semakin rapat jarak akan semakin baik.
  3. Semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Usahakan kedua kaki tegak, tidak menekuk lutut.
  4. Lakukan berulang-ulang untuk melatih kekuatan kaki.

Kita harus bekerja sama agar dapat melakukan permainan. Kita harus berdiskusi untuk membagi tugas dengan adil.

Ayo Berlatih
Setiap perlombaan ada yang menang dan ada yang kalah. Bersikaplah santun saat berhasil memenangkan perlombaan. Berlapang dadalah dan tidak menyerah saat mengalami kegagalan.

Bersikap santun sesuai dengan salah satu janji pramuka, yaitu patriot yang sopan dan kesatria. Patriot artinya pecinta atau pembela tanah air. Sopan artinya selalu berperilaku, berkata, dan berpakaian sesuai aturan. Kesatria berarti orang yang gagah dan berani dalam kebenaran.

Pramuka memiliki sepuluh janji yang disebut den Dasa Dharma. Dasa artinya sepuluh, dharma berarti janji. Salah satu janji dalam Dasa Dharma adalah menjadi patriot yang sopan dan kesatria.

Mari berlatih bersikap sopan dan kesatria dalam pertandingan. Praktikan dengan mengikuti adu kecepatan untuk berhitung. Amati lambang Garuda Pancasila berikut ini !

Hitunglah banyaknya bulu pada sayap, ekor, dan leher burung Garuda !
Garuda Pancasila
Banyaknya bulu
pada sayap
Banyaknya bulu
pada ekor
Banyaknya bulu
pada leher
17845

Sekarang perhatikan banyak bulu pada burung Garuda dengan hari kemerdekaan Indonesia ! Adakah yang tahu hari kemerdekaan Indonesia ?

Hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, banyak bulu pada lambang negara menunjukkan hari kemerdekaan Indonesia.

Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila, Masing-masing warna memiliki arti tertentu.
  1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
  2. Warna hitam memiliki arti keabadian.
  3. Warna merah memiliki arti keberanian.
  4. Warna hijau memiliki arti kesuburan dan kemakmuran.
  5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran.

Setiap warna pada lambang negara mempunyai arti khusus. Arti dari suatu lambang menunjukkan cita-cita dan ciri-ciri tertentu.

Untuk menunjukkan kelompok juga digunakan lambang khusus. Lambang warna juga menunjukkan arti dan cita-cita kelompok tersebut.

Kelompok dalam pramuka siaga dinamakan barung. Setiap barung memiliki lambang. Lambang yang digunakan adalah bendera. Bendera memiliki warna sesuai pilihan anggota barung.
Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam sebuah satuan besar yang bernama Perindukan. Barung diberi nama dengan warna semisal, Barung Merah, Barung Hijau dll. Sebuah Barung beranggotakan antara 6 - 10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung) yang dipilih oleh Barung itu sendiri. Masing-masing Ketua Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung itu tadi.

Sekarang cobalah bekerja secara kelompok membuat lambang kelompok. Gambarkan dan berikan penjelasan tentang gambar yang dibuat. Beri penjelasan arti dari gambar dan warna yang dipilih. Arti dari lambang kelompok adalah...
No.LambangArti
1.
Barung Putih
Barung putih putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
2.
Barung Hitam
Barung hitam memiliki arti keabadian
3.
Barung Merah
Barung merah memiliki arti keberanian
4.
Barung Hijau
Barung hijau memiliki arti kesuburan dan kemakmuran
5.
Barung Kuning
Barung kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:58 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.