Home » » Pembelajaran 3 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Pembelajaran 3 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Gambar Seri
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
  1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
  2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
  3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
  4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.

Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan pada saat penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat gembira dan bersemangat.

Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memudahkan melakukan pejalanan penjelajahan. Melalui denah lokasi Udin dan teman-teman dapat mengetahui rute yang harus dilalui.

Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama. Salah satunya pada saat akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..

Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memberikan pengalaman yang menarik.

Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan.

Membuat gambar atau model denah termasuk kegiatan berkarya. Cobalah membuat gambar dan model denah sekolah!

Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua tempat tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua tempat sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk membuat diagram.

Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
NoBagian SekolahPosisi
1Ruang kelas 1- 3Sebelah utara halaman sekolah
2PerpustakaanSebelah barat ruang kelas 1
3Ruang GuruSebelah barat ruang kelas 4
4Ruang Kepala SekolahSebelah utara ruang guru
5Ruang kelas 4 - 6Sebelah selatan halaman sekolah
6Kamar Mandi/WCSebelah timur kelas 3
7KantinSebelah timur halaman sekolah
8Tempat ParkirSebelah selatan gudang
9GudangSebelah timur kelas 6
10UKSSebelah selatan kantin

Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar denah sekolah sederhana!
Denah SD
Ayo Berlatih
Tuliskan data mengenai sekolahmu!
NoBagian SekolahBanyak
1Ruang kelas 1-31
2Perpustakaan1
3Ruang Guru1
4Ruang Kepala Sekolah1
5Ruang kelas 4-61
6Kamar Mandi/WC3
7Kantin1
8Tempat Parkir1
9Gudang1
10UKS1
Buatlah diagram berdasarkan data tersebut!
Diagram

Ayo Berkreasi
Sekarang kita akan membuat denah menggunakan model seperti gambar berikut!
Buatlah model ruangan dan tanaman seperti kondisi sekolahmu! Gunting, lipat, dan tempelkan sehingga membentuk benda yang diinginkan. Susun benda-benda tersebut sehingga membentuk denah seperti kondisi sekolahmu! Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan teman-teman lain! Kerjakan secara berkelompok!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.